Pertanyaan Populer

Inilah Syarat Dan Cara Mengurus SKCK

mangurus skck

Semua orang pasti paham apa itu SKCK ? SKCK ini adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Dulunya Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik. Biasanya surat – menyurat ini digunakan untuk persyaratan pada berkas lamaran pekerjaan. Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini memang sebagai tanda bukti bahwa seseorang memiliki perilaku yang baik.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini memang seharusnya dimiliki oleh semua warga yang ada si Indonesia. Hal ini agar terdapat bukti bahwa Anda adalah orang baik yang tak pernah memiliki catatan buruk di kepolisian. Dengan begitu maka Anda akan mudah dipercaya oleh orang – orang lainnya, atau perusahaan yang membutuhkan karyawan. Memiliki SKCK ini juga dijadikan persyaratan untuk penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil.

Cara Mengurus Dan Persyaratan Pembuatan SKCK

Berikut ini adalah beberapa langkah – langkah cara mengurus dan persyaratan pembuatan SKCK.

  • Siapkanlah surat pengantar terlebih dahulu. Surat pengantar ini bisa di dapatkan di RT atau RW, setelah itu Anda bisa mengatar nya ke kelurahan. Biasanya di kelurahan ini akan dikenakan biaya administrasi.
  • Setelah itu, Anda bisa datang ke kecamatan untuk meminta tanda tangan persetujuan dari camat, kemudian dilanjutkan ke polsek dan juga ke polres.
  • Persyaratan Yang Harus disiapkan dalam pengurusan SKCK.

Setelah mendapatkan surat pengantar Anda selanjutnya harus melengkapi berkas – berkas persyaratan secara lengkap.

Persyaratan untuk Warga Negara Indonesia :

  1. Foto copi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Foto copi Kartu Keluarga (KK)
  3. Foto copi Akta Kelahiran
  4. Pas foto 4×6 sebanyak 6 lembar dengan background merah.

Persyaratan untuk Warga Negara Asing :

  1. Foto copi Paspor
  2. Surat Sponsor dari Perusahaan (Asli).
  3. Foto copi buku Nikah
  4. Foto copi Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap). Atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas).
  5. Pas foto 4×6 berlatar sebanyak 6 lembar. dengan background kuning.

Syarat Mengurus SKCK

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus diperhatikan bagi Anda yang akan mengurus SKCK secara online.

  • Lakukan penyecanan KTP asli/tanda pengenal lainnya
  • Lakukan penyecanan  Kartu Keluarga asli.
  • Lakukan penyecanan  Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir.
  • Lakukan penyecanan  foto diri 4×6 dengan background merah (6 lembar/siapkan lebih untuk antisipasi)
  • Lakukan penyecanan  paspor ke luar negeri bagi warga indonesia yang akan pergi ke luar negeri.

SKCK

SKCK adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisisan. Catatan ini adalah sebagai bukti otentik bahwa seseorang yang termasuk kedalam katergori baik. Baik orang berkulit hitam ataupun yang lainnya memiliki rambut keriting atau lurus, berambut lurus ataupun ikal asalkan ia memiliki SKCK adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisisan maka akan banyak orang yang dengan mudah mempercayakan suatu hal pada Anda. Kecuali di suatu perusahaan atau tempat penerimaan pekeerjaan ini.

Kepengurusan SKCK

Dalam kepengurusan SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisisan kerap kali banyak yang beranggapan atau yang tajut untuk mengurusnya sendiri, alasannya adalah karena malas menunggu atau antri dan juga yang lainnya. Sebenarnya kepengurusan SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisisan ini sangatlah mudah dan cepat. Hal ini asalkan semua berkas persyaratan dengan lngkap kemudian kepengurusn SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisisan tidak akan memakan waktu yang lama. Karena Anda hanya membutuhkan tanda tangan dari RT dan RW, lalu di teruskan ke kelurahan. Dilanjutkan lagi ke kecamatan, baru juka berkas di tukar dengan amplop kertas kemudian di bawa ke polsek hingga akhirnya ke polres.

Di sana, di polres, setelah menyerahkan berkas maka Anda tidak beli sama ekali. Mulai dari data formulir hingga data arsip semuanya di isi. Tanpa membutuhkan waktu yang lama, kemudian berkas yang sudah terisi tersebut di berikan kepada bagian pengetikan. Dan langkah yang terakhir maka Anda tinggal mengyetorkan foto untuk digunakan sebagai arsip dan untuk di pasang di lembaran SKCK. Setelah itu, Anda cukup memberikan biaya administrasi sekitar Rp. 30. 000 an saja. SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisisan berlaku kurang lebih sekitar 3 bulan lamannya.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai tata cara dan persyaratan untuk membuat SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisisan. Surat ini adalah surat yang wajib dimiliki oleh semua masyarakat yang ada di Indonesia. Hal ini sebagai bukti konkrit bahwa seseorang bnar – benar orang baik yang tak pernah terlibat dengan kasus polisi. (elevenia)

Leave a Reply