Gadget /Komputer

Inilah Perbedaan Router dan Switch, Kamu Wajib Tahu!

Banyak yang bertanya-tanya tentang perbedaan antara router dan switch. Sebelum kita mengetahui apa perbedaan diantara keduanya, akan lebih mudah apabila kita mengetahui pengertian masing-masing perangkat keras komputer ini.

Router merupakan salah satu dari hardware (perangkat keras) pada jaringan komputer yang berfungsi untuk membuat dan mengimplementasikan sebuah jaringan komputer yang luas. Kehadiran router akan memungkinkan untuk jaringan membagi dan memilih jalur mana saja yang harus dilewati oleh sebuah paket data. dnegan begitu, paket data tersebut dapat sampai ke receiver (komputer client)

Switch merupakan sebuah hardware (perangkat keras) jaringan komputer yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan LAN. Kehadiran switch membuat pembagian transimis data dalam sebuah jaringan akan terbagi secara rata, sehingga tiap komputer client akan mendapat hak dan prioritas yang sama rata di jaringan tersebut.

Setelah mengetahui pengertian di antara keduanya? Ada sejumlah aspek yang membedakan antara keduanya, seperti di bawah ini:

Segi Fisik

Apabila kita melihatnya dari segi fisik, maka router punya bentuk fisi yang lebih besar dibanding switch. Bentuk switch memang terbilang kecil dibanding dengan router. Selain itu, harga router pun terbilang lebih mahal dan juga memerlukan perawatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan switch.

Segi fungsi

Sebenarnya, fungsi dasar keduanya hampir sama yaitu untuk membagikan sebuah jaringan komputer. Bahkan, jika tidak ada switch, router dapat menggantikan fungsinya. Namun jika sebaliknya tidak bisa dilakukan karena switch tidak bisa menggantikan fungsi router. Hal ini dikarenakan router dapat menghubungkan jaringan lokal ke dalam jaringan yang lebih luas seperti halnya WAN.

Segi Bandwitch

Dalam perangkat switch memakai bandwidtch untuk spesifikasi 10/100 Mbps secara menyeluruh alias penuh untuk port tujuan. Hal ini karena tidak bisa lagi dibagikan ke sejumlah komputer yang terhubung di jaringan. Sedangkan untuk router terbilang lebih efesien saat penggunaan bandwidtch sebab tidak semua jaringan mampu menjangkau komputer klien yang bakal dikirimi data.

Segi Waktu Pengiriman Data

Dilihat dari segi waktu pengiriman data, router dapat mengirimkan data lebih cepat dibandingkan dengan switch. Hal ini dikarenakan setiap jaringan akan dilewati selama pengiriman data ke komputer klien. Namun dengan catatan router tersebut dapat memilih rute atau jalur yang paling cepat, atau dengan kata lain jalur terpendek untuk menjangkau alamat tujuan.

Segi fitur yang Dimiliki

Dilihat dari segi fitur yang dimiliki oleh keduanya, switch dan router punya perbedaan. Router punya fitur untuk melakukan proses penghalangan, atau dengan kata lain menentukan rute atau jalur secara spesifik yang dapat dilalui oleh sebuah paket data yang ditransmisikan di dalam sebuah jaringan, sementara switch hanya berfungsi untuk membagi jalur jaringan saja.

Segi Topologi Jaringan yang Dipakai

Bila dilihat dari topologi jaringan dipakai, maka secara keseluruhan, switch lebih banyak menggunakan topologi jaringan dengan tipe topologi star, yang mana sebuah switch berfungsi untuk membagi jaringan menjadi sejumlah line dalam menstransmisikan informasi dan juga paket data ke sejumlah komputer klien. Sementara router dapat digunakan untuk sebuah topologi jaringan star, hanya saja fungsi dari sebuah router akan lebih optimal bila digunakan dalam topologi jaringan tree.

Cakupan Area

Seperti yang kamu tahu untuk cakupan area, switch hanya bisa menjangkau radius jaringan lokal yang kecil saja, contohnya jaringan lokal di sebuah ruangan atau pun kantor. Sementara untuk router cakupan jaringannya terdiri dari sebuah jaringan lokal yang luas, jaringan MAN, Jaringan WAN dan juga jaringan internet, yang mana switch pun merupakan bagian dari jaringan tersebut.

Proses Transmisi Data yang Dilakukan

Perbedaan lainnya antara switch dan router dapat dilihat dari proses transmisi data yang dilakukan di dalamnya. Saat berjalannya proses transmisi tersebut, switch hanya akan membutuhkan informasi dari server, dan akan langsung meneruskan ke komputer-komputer klien dengan memakai line yang sudah ada sebelumnya.

Router memiliki cara kerja yang berbeda dengan switch. Router akan menstransmisikan paket data dan informasi yang berasal dari server dengan menggunakan tabel routing lebih dulu. Tebel routing ini memiliki fungsi untuk mendefiniskan rute-rute mana saja yang dapat dilewati oleh sebuah paket data dan informasi supaya dapat sampai ketujuan dengan lebih cepat dan efesien. Untuk itulah sebuah router biasanya memiliki cakupan wilayah transmisi data yang lebih luas dan lebih besar dibandingkan dengan witch.

Secara umum memang keduanya memiliki fungsi dan juga tugas yang hampir mirip. Yang membedakan hanya terletak pada kemampuan dan fitur yang dimiliki. Yang mana, router merupakan hardware yang punya kemampuan dan fitur utama yang lebih banyak dan tentunya lebih rumit dibanding switch. Oleh sebab itulah, sebuah switch hanya digunakan untuk sebuah jaringan lokal kecil saja, sementara router lebih banyak dimanfaatkan untuk sebuah jaringan yang lebih luas dan banyak juga digunakan untuk sebuah jaringan internet. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply