Home /Food

Inilah Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Diketahui

Memasak adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan makanan. Ketika Anda memasak pasti Anda juga membutuhkan berbagai bahan untuk mendapatkan masakan yang Anda inginkan. Untuk dapat memasak makanan yang benar, Anda juga harus mengenali bahan yang akan digunakan dengan baik, karena apabila salah akan menghancurkan cita rasa masakan.

Bahkan mungkin Anda juga menganggap dua bahan masakan yang berbeda itu sama. Misalnya adalah mentega dan margarin. Memang kedua bahan ini mirip namun sebenarnya tidak sama. Wujudnya memang sama, namun ternyata berbeda. Apabila Anda akan memasak terlebih lagi akan membuat kue, Anda harus benar-benar bisa membedakan kedua bahan ini. Memang kedua bahan ini memiliki warna, tekstur, rasa, dan aroma yang hampir sama. Namun Anda salah, karena ada perbedaan diantara margarin dan mentega. Untuk informasi selengkapnya mengenai perbedaan mentega dan margarin yang perlu diketahui berikut ini.

Perbedaan bahan pembuatan

Dari bahan dasar pembuatan mentega dan margarin sebenarnya sama yaitu lemak, hanya saja asal dari lemak terebut berbeda. Yaitu lemak nabati dan juga lemak hewani. Yang terbuat dari lemak nabati atau lemak yang berasal dari tumbuhan adalah margarin. Sedangkan mentega terbuat dari lemak hewani atau lemak yang berasal dari hewan. Lemak nabati bisa berasal dari minyak kelapa sawit, minyak kelapa dan berbagai bahan alami lainnya. Sedangkan lemak hewani bisa berasal dari susu atau bisa juga minyak ikan.

Perbedaan kandungan

Margarin dan mentega berasal dari bahan dasar pembuatan yang berbeda, jadi secara otomatis kandungan pada kedua bahan juga berbeda. Pastinya margarin akan lebih sehat dikonsumsi karena berasal dari lemak nabati. Margarin juga mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega 3 dan omega 6 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sedangkan mentega yang berasal dari lemak hewani mengandung lemak jenuh dan kalori yang tinggi. Sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan akan tidak baik bagi kesehatan terlebih bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi dala darah.

Perbedaan tekstur dan warna

Untuk membedakan wujudnya, Anda bisa dengan melihat teksturnya terlebih dahulu. Margarin memiliki tekstur yang lebih padat daripada mentega karena pada dasarnya mentega memiliki tekstur yang lembek. Selanjutnya bisa dengan melihat warnanya. Kedua bahan ini sebenarnya bisa dibedakan secara langsung dari warnanya. Margarin memiliki warna yang lebih pucat, sedangkan mentega memiliki warna yang lebih cerah seperti kuning cerah.

Perbedaan cara menyimpan

Karena terbuat dari bahan yang berbeda, maka ketahanan produk juga berbeda. Sama halnya dengan mentega dan margarin. Untuk disimpan di udara terbuka dengan suhu ruangan maka margarin akan lebih tahan karena memang tidak mudah meleleh. Berbeda dengan mentega, bila disimpan pada suhu ruangan udara terbuka akan mengalami degradasi mutu. Dan akan mengalami perubahan warna, tekstur melembek, dan timbul aroma tengik karena reaksi oksidasi.

Perbedaan rasa dan aroma

Dilihat dari rasa dan aroma kedua bahan ini memanglah berbeda, karena pada dasarnya bahan yang digunakan dalam pembuatannya juga berbeda. Untuk rasanya, rasa dari mentega akan cenderung lebih asin. Sedangkan margarin akan sedikit asam. Perbedaan rasa ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa kimia yang berbeda pada setiap bahan pembuatnya. Sedangkan untuk aromanya, akan sangat mudah dibedakan. Karena aroma margarin mirip dan cenderung seperti aroma susu, sedangkan mentega lebih sedap dan wanginya lebih enak. Untuk dapat membedakan aroma pada mentega dan margarin, Anda tidak bisa langsung menciumnya. Karena Anda harus memanaskan pada wajan dahulu sehingga dengan pemanasan akan membuat senyawa terurai ke udara dan menimbulkan bau.

Perbedaan penggunaan

Mentega dan margarin memiliki bahan pembuat yang berbeda, sehingga memiliki rasa, aroma, dan tekstur yang berbeda. Oleh karena itu, dalam penggunaannya juga berbeda, karena memang rasanya berbeda. Apabila Anda ingin membuat roti ataupun cake Anda bisa menggunakan mentega, karena rasa, tekstur, dan aroma pada mentega sangat cocok untuk digunakan membuat kue. Sedangkan margarin akan cocok digunakan untuk membuat masakan seperti tumis atau goreng, sehingga makanan juga akan lebih sehat. Tetapi ada juga kue yang dibuat dari perpaduan margarin dan mentega. Anda bisa membuatnya sesuai dengan takaran agar dapat menghasilkan tekstur kue yang terbaik dan sesuai.

Itulah perbedaan mentega dan margarin yang harus Anda ketahui. Memang sekilas terlihat sama, namun sebenarnya sangatlah berbeda, jadi Anda juga harus hati-hati. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply