Elektronik

Inilah Perbedaan LCD dan LED Pada TV

Perkembangan teknologi pertelevisian dewasa ini menjadi semakin pesat. Dahulu jarang sekali orang yang mengenal televisi (TV), sangat jarang yang memilikinya. Kalaupun ada, TV tersebut masih TV bentuk tabung dan tampilan gambarnya pun masih hitam putih. Semakin berjalannya waktu dan teknologi yang semakit berkebang, sekarang tentu kita mengenal TV dengan teknologi baru, diantaranya adalah teknologi plasma, CRT, LCD, LED dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak teknologi terbaru dari TV, ada dua yang paling sering orang bilang sama. Keduanya itu adalah LCD dan LED. Banyak orang yang menganggapnya sama, mungkin itu karena ejaan namanya yang hampir sama atau mungkin karena bentuknya yang hampir sama juga. Padahal TV dengan monitor LCD dan LED itu memiliki banyak perbedaan. Perbedaan LCD dan LED pada TV tentu perlu kita ketahui sebarai pengetahuan dan referensi ketika akan membeli TV, karena khawatirnya kita malah ditipu oleh para pedagang yang nakal.

Perbedaan Kepanjangan Nama

Jelas kita bisa lihat dari namanya pun LCD dan LED memang berbeda. LCD merupakan singkatan dari Liquid Cristal Display, sendangkan LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diode. Kedua namanya tersebut sudah mewakili secara singkat mengenai bagaiman cara kerja dari kedua jenis teknologi display tersebut.

Perbedaan Cara Kerja

Dalam menampilkan gambar LCD maupun LED keduanya telah menggunakan teknik back light atau penyinaran dari belakang layar. TV LCD melakukan penyinaran pada layar kristal dengan menggunakan lampu neon atau Cold Cathode Flourescent Lamps (CCFL), sedangkan TV LED melakukan penyinaran dengan menggunakan lampu Light Emiting Diode. Kedua teknologi tersebut melakukan penyinaran dengan dua jenis yang berbeda. Maka dari itu daya yang digunakannya pun berdeda. Pada umumnya TV LED lebih hemat energi daripada TV LCD. Perumpamaannya. Selain itu, LED memiliki lampu layar atau back light yang lebih awet.

Material Fisik Penyusun

LED pada TV biasanya memiliki layar yang lebih tipis dibandingkan layar LCD. Hal itu terjadi karena pada layar LED tidak membutuhkan backlight, panel kristal LED menghasilkan warnanya sendiri. Sedangkan untuk mendapatkan warna yang terdapat pada layar TV LCD dibutuhkan backlight berwarna putih yang akan berfungsi memendarkan panel kristal LCD.

Perbedaan Kontras

Perbedaan LCD dan LED pada TV juga dapat dilihat dardi kontrasnya. Umumnya, kontras yang lebih tajam dimiliki oleh layar TV LED. Kontras dari kedua teknologi tersebut dapat dibedakan dengan jelas jika keduanya disamdingkan, perbedaanya tersebut dapat dilihat jelas pada bias yang menampilkan warna putih dan warna-warna cerah lainnya.

Pancaran Cahaya

Pancaran dari LCD dan LED sangatlah berbeda. Dapat dikatakan bahwa LED merupakan LCD dengan teknologi LED, maksudnya adalah fitur yang dapat memilah cahaya yang dikeluarkan pada layar. Hal ini berhubungan dengan local dimming LED, yang mana mampu memfokuskan pancaran cahaya ke titik warna yang dibutuhkan.

Jangkauan Pandang

Jangkauan pandang dari LCD dan LED memiliki perbedaan. Yaitu, LED memiliki jankauan pandang yang lebih luas dibandingkan dengan LCD dengan black dan contrast baik yang dimilikinya. Namun walaupu demikian ternyata perubahan warna pada LCD lebih tajam. Dalam menyorotkan cahaya LED lebih bersifat menyebar ke seluruh sisi layar sedangkan LCD selalu bergantung pada CCFL nya.

Ketahanan dan Daya

Dengan adanya perbedaan kecanggihan dari teknologinya, tentu LCD dan LED pun memiliki ketahanan dan daya yang berbeda juga. Ketahanan dan daya yang besar dimiliki oleh LED dengan daya yang tahan yang dimilikinya yaitu hingga 100.000 jam ketika dinyalakan. Sedangkan pada LCD hanya sekitar 60.000 jam ketika dinyalakan. LCD membutuhkan daya yang lebih besar dibandingkan dengan LED. Dengan kempuan dayanya yang sedikit, maka LCD lebih rentan rusak daripada LED dan boros. Berbeda dengan LCD, LED malah lebih hemat energi karena desainnya yang lebih tipis, kurang dari 1 inci yang tidak membutuhkan energi listrik yang besar.

Perbedaan Harga

Dari perbedaan keunggulan antar kedua teknologi LCD dan LED sudah pasti sangat berpengaruh pada harganya juga. Sebagaimana penjelasan di atas, maka LED memiliki harga jual yang lebih mahal dibandingkan LCD. Hal itu karena keunggulan LED yang membuat monitor dengan teknologi yang lebih canggih.

Nah, itulah beberapa perbedaan dari LCD dan LED. Dengan adanya informasi di atas, diharapkan kamu akan terbantu dalam menentukan pilihan jenis teknologi layar apa yang lebih nyaman, aman, dan cocok untuk kamu. Namun jika dilihat dari perbedaan-perbedaannya, sebaiknya kamu memilih tv atau monitor LED, walaupun harganya cukup mahal namun ketahanan dan teknologi yang diberikan lebih bagus daripada LCD. Tetapi itu kembali pada diri kamu sendiri, karena kamu yang lebih tahu apa yang kamu butuhkan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya! (elevenia)

Leave a Reply