Uncategorized

Inilah Perbedaan Jurnal dan Artikel

Jangan Lupa Share ya

Banyak orang yang menilai bahwa jurnal dan artikel merupakan dua hal sama, benarkah demikian? Mungkin di antara kamu juga ada yang bingung mengenai perbedaan di antara keduanya. Untuk itu, supaya tidak bingung lagi, kita harus tahu pengertian dari masing-masing karya tulisan tersebut.

Pengertian Artikel

Kamu mungkin sering dengar istilah artikel. Pengertian dari artikel sendiri adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam suatu jurnal atau pun buku kumpulan artikel yang ditulis dengan pedoman tata cara ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan

Artikel ini dibuat dari hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka, hasil pemikiran atau pun hasil dari pengembangan project. Artikel dikelompokkan menjadi dua jika dilihat dari segi sistematika penulisan dan juga isinya, yaitu hasil penelitian dan non artikel penelitian.

Artikel Penelitian

Berdasarkan dari pengertian artikel, maka ada sejumlah ciri-ciri dari sebuah artikel ilmiah, seperti di bawah ini:

  • Artikel ilmiah biasanya berisi hal-hal yang termasuk penting saja, seperti temuan penelitian, pembasan hasil suatu temuan penelitian, dan terakhir kesimpulan.
  • Artikel pun disusun secara sitematika penulisan, yang terdiri atas bagian dan sub bagian.

Dalam artikel penelitian pun ada prosedur yang harus ditaati, di mana dapat menempuh tiga cara seperti di bawah ini:

  • Artikel ditulis sebelum laporan teknik dengan tujuan, hal ini dilakukan untuk memperoleh masukan.
  • Dibuat juga setelah laporan teknis.
  • Artikel jurnal adalah satu-satunya tulisan yang dirancang untuk penelitian swadana, yang mana sistem penulisan artikelnya tanpa menggunakan sistem angka atau pun abjad.

Sebagai sebuah karya tulis ilmiah, artikel yang ditulis tentu harus mengikuti sistematika, dengan susunan seperti, Judul Nama Penulis, Sponsor, Abstrak dan kata kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran., Daftar Rujukan/Daftar Pustaka.

Artikel Non Penelitian

Artikel non penelitian sebenarnya mengacu pada semua jenis artikel ilmiah yang tidak termasuk ke dalam laporan hasil dari penelitian. Artikel ini memiliki ketenuan yang tidak jauh berbeda dengan ketentuan saat kamu menulis sebuah makalah pendek, atau panjangnya tidak akan lebih dari 20 halaman, kecuali di dalam makalah pendek abstrak dan kata kuncinya tidak perlu ada.

Sistematikan penulisan artikel yang non-penelitian ini tidak memakai penomoran angka dan abjad. Artikel berjenis non-penelitian ini hanya berisi hal-hal yang sangat esensial saja dan halamanya berjulan sekitar 10 sampai 20 halaman. Artikel non penelitian pun harus memuat sejumlah unsur pokok seperti judul, nama penulis dan lainnya.

Pengertian Jurnal

Bagi kamu yang bergelut di bidang akademik atau pun di dalam dunia ilmiah pasti sudah tidak asing dengan istilah jurnal. Jurnal sendiri merupakan publikasi periodik yang isinya adalah sejumlah artikel yang diterbitkan secara berkala pada interval tertentu. Jurnal biasanya diterbitkan setiap bulan atau ¼ tahun sekali, atau di beberapa kasus jurnal diterbitkan secara tahunan. Ada sejumlah jenis jurnal yang diproduksi dan juga dipublikasikan di dunia jurnal, sehingga dapat dikalsifikasikan sebagai berikut:

Professional or Trade Journals

Jurnal yang satu ini ditargetkan pada suatu profesi atau pun industry tertentu dan jurnal ini biasanya berisi soal berita terkini, pendapat atau pun suatu saran praktis seputar produk baru. Selain itu bisa juga berisi ulasan guna menginsformasikan para pembaca soal kejadian dalam industri maupun profesi. Artikel yang dikumpulkan mungkin peer-review dan mungkin saja termasuk kutipan. Ada sejumlah contoh, seperti MediaWeek, The Bookseller, dan juga Advertising Age.

Papular Journals

Biasanya popular jurnal berisi tentang cerita fitur, pendapat dan juga potongan dari editorial yang menginsformasikan dan juga menghibur para pembacanya. Artikelnya tidak peer-review dan gaya bahasa yang digunakan pun biasanya menggunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti. Mereka pun biasanya berisi banyak iklan, ilustrasi dan sejumlah foto glossy. Banyak juga kutipan dan bibliografi yang tak umum. Ada beberapa contoh yang terpopuler seperti, Vogue, Time, Economist dan lainnya.

Scholorly Journals

Scholorly Journal pun dikenal sebagai jurnal wasit, peer-review jurnal atau bahkan jurnal akademik. Pengertian jurnal yang satu ini adalah majalah yang isinya artikel yang akan diterbitkan secara teratur di interval tertentu. Tujuan utama dari jurnal yang satu ini adalah untuk menyebarkan suatu pengetahuan dan juga penelitian soal temuan baru. Mereka pun mungkin juga berisi sebuah ulasan dan kritik studi maupun temuan. Jurnal yang satu ini tidak jarang juga diidenfitikasi oleh judul mereka, mungkin seperti kata-kata ‘Triwulan’, ‘Journal’, ‘Review’, dan lainnya. Contoh jurnal yang satu ini seperti South African Journal of Science, Publishing Research Quarterly dan lainnya.

Itulah pengertian artikel dan jurnal, semoga dengan pengertian di atas kamu tidak akan keliru lagi membedakan artikel dan jurnal. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply