Sports /Hobi /Otomotif

Inilah Perbedaan Antara Mio M3 125 dan Mio Z

Mio M3 125 dan Mio Z merupakan dua dari banyaknya produk skuter yang di produksi oleh Yamaha. Dari kedua produk tersebut, Mio Z merupakan keluaran terbaru dibanding dengan Mio M3 125. Saat Mio Z keluar, tentu yang ada dibenak kamu adalah perbedaan dengan keluaran sebelumnya bukan? Untuk itu, bagi kamu yang merasa penasaran dengan perbedaan di antara keduanya, inilah perbedannya:

Perbedaan Antara Mio M3 125 dan Mio Z

Ukuran Ban

Perbedaan pertama dari kedua motor matik tersebut adalah ukuran bannya. Pada Mio M3, ban yang digunakan adalah ban depan dengan ukuran 70/90-14, sementara ban belakangnya memiliki ukuran 80/80-14. Hal ini tentu berbeda dengan Mio Z atau keluaran yang lebih anyar, karena produk sekuter yangs atu ini dilengkapi dengan sekuter berukuran 80/80-14 untuk ban depannya, sementara ban belakang berukuran 100/70-14.

Jika diperhatikan dari penggunaan ban yang diusung kedua motor matik di atas, Mio M3 125 terbilang lebih menguntungkan karena ukuran bannya lebih kecil. Hal ini dapat menambah kesan ramping pada body Mio M3 125. Namun, di sisi lain hal ini merupakan kelemahan dari Mio M3 125, karena Mio Z lebih unggul dalam urusan ban. Dengan penggunaan yang lebih lebar akan berimbas pada akselerasi skuter itu sendiri. Makin lebar ukuran ban dan kaki-kakinya, maka perputaran roda pun akan semakin lebar sehingga memungkinkan Mio Z dapat melaju lebih kencang dan juga stabil di medan yang lebih terjal dibanding Mio M3 125.

Ukuran kedua ban yang digunakan oleh Mio M3 125 dan Mio Z ternyata turut serta berpengaruh pada velg yang dipakainya. Mio M3 memasang velg dengan ukuran 1,40×14, sedangkan untuk Mio Z lebih mengandalkan velg 1,60x 14 pada ban depannya dan velg 2,50×14 pada ban belakangnya. Meskipun mengusung velg dengan beda ukuran, namun tetap saja bentuknya enak dipandang mata.

SepatBor

Perbedaan yang lainnya adalah sepatbor. Seperti yang sudah diketahui di atas, Mio Z, memiliki ukuran ban yang lebih besar sehingga velg pada Mio Z terkesan lebih besar. Hal ini memaksa Mio Z harus menggunakan sepatbor depan yang besar pula. Bagaimana pun bila ukuran sepatbor harus disamakan dengan Mio 3, besar kemungkinan akan menimbulkan gesekan yang terjadi antara ban dan sepatbor.

Warna Suspensi

Warna Suspensi yang diusung oleh Mio M3 menggunakan warna hitam, sementara untuk Mio Z menggunakan warna merah. Namun tampaknya perbedaan yang satu ini tidak terlalu berpengaruh besar atas perbedaan antara keduanya. Terutama atas tingkat keempukan suspens antar keduanya.

Stripping dan Warna Bodi

Pada Mio M3 125 yang menyajikan variasi warna yang sungguh luar biasa beragam dibandingkan dengan keluaran terbarunya, Mio Z. Warna-warna segar pun disuguhkan serta menimbulkan efek glossy yang sangat menawan, seperti biru, merah, hitam, pink, kuning dan putih. Sedangkan untuk Mio Z hanya tersedia dalam dua pilihan warna saja, yaitu hitam dan putih. Meski warnanya terkesan monoton tapi tetap tampilan bodynya patut diacungi jempol. Namun memang tidak bisa dipungkiri jika Mio M3 lebih menarik perhatian konsumen dibanding Mio Z.

Harga

Tampaknya perbedaan harga tidak bisa diabaikan begitu saja, karena ternyata keduanya memiliki perbedaan harga. Meski perbedaannya tidak terlalu jauh, namun tetap saja perbedaan ini mungkin bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi kamu yang sedang bingung memilih antara Mio M3 atau Mio Z. untuk harga Mio M3 berkisar antara Rp 14 jutaan, sementara untuk Mio Z berkisar antara Rp 15 jutaan.

Spion

Spion Yamaha Mio Z menggunakan spion Yamaha Aerox/Yamaha Jupiter MX King dan jenis lainnya. Sementara itu untuk Yamaha Mio M3 menggunakan spion yang dulu digunakan oleh Yamaha Mio atau motor Yamaha bebek lainnya.

Itulah sejumlah perbedaan yang terdapat pada Yamaha Mio M3 125 dan Yahama Mio Z. Jika tidak diperhatikan secara seksama, keduanya memang seperti tidak memiliki perbedaan sama sekali. Namun jika diperhatikan lebih jauh ternyata keduanya tetap memiliki perbedaan yang membuat keduanya lebih atau kurang dari yang lain. Yang pasti, keduanya sama-sama enak digunakan terutama untuk kaum hawa karena beratnya tidak terlalu membebani postur wanita yang kebanyakan kecil. Selain itu, Yamaha Mio model terbaru terkenal akan keiritan bahan bakarnya dibandingkan dengan Yamaha Mio yang lama, sehingga kamu tidak usah takut lagi tekor bahan bakar. Semoga informasi di atas memberikan pencerahan kepada kamu yang masing bingung ingin membeli Yamaha Mio M3 125 atau Yamaha Mio Z. (elevenia)

Leave a Reply