Gadget /Komputer

Inilah Perbedaan Antara Intel dan AMD Bagi Kamu yang Masih Bingung

CPU atau Processor merupakan otaknya perangkat elektronik kamu, seperti laptop, PC, sampai smartphone. Jenis CPU yang saat ini masih bertahan di pasaran hanya dua, yaitu Intel dan AMD. Kedua prosessor ini bisa dibilang tidak bisa dipilih mana yang terbaik di antara keduanya yang ada hanyalah mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk lebih jelasnya terkait dengan perbedaan di antara keduanya, simak ulasan di bawah ini:

Intel Corporation

Intel merupakan sebuah perusahaan multinasional yang memiliki pusat kegiatan di AS. Rancangan mikroposesor dari perusahaan ini sangat terkenal dan perusahaan ini terus mengkhususkan diri dalam sirkuit terpadu. Intel pun ikut membuat kartu jaringan chipset papan induk dan alat lainnya. projek riset Intel termasuk sangat maju dan mencakup seluruh aspek produksi semi konduktor, tidak terkecuali MEMS. Adapun sejumlah produk prosesor Intel yang sudah diluncurkan sampai sekarang, yaitu Intel® Pentium® 4, Intel® Pentium® Dual-Core, Intel® Core™2 Duo, Intel® Core™2 Quad, Intel® Core™2 Extrme dan Intel® Core™ i7.

AMD (Advanced Micro Devices)

AMD merupakan sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik pertama dari perusahaan ini berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik keduanya didirikan di Dresden, Jerman yang telah ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. AMD sudah dikenal baik di dunia dengan sejumla produknya, yaitu AMD Sempron™, AMD Athlon™ FX, AMD Athlon™ 64, AMD Athlon™ X2, AMD Athlon™ X3 dan Athlon™ X4

Perbedaan Antara Intel dan AMD

Arsitektur

Dalam segi arsitektur tidak ada yang dipandang lebih unggul atau lebih payah di antara keduanya. Berbeda dengan AMD sendiri lebih kepada menginstegrasikan memori controller pada prosesornya, sehingga membuat jalur data antar prosesor dengan chipset lebih dekat namun membuat memori internal lebih kecil. Sedangkan intel tidak melakukan apa yang dilakukan oleh AMD, Intel lebih fokus pada pemasangan memori internal di prosesor dengan begitu memori internalnya lebih besar dibanding AMD.

Daily Use

Perbedaan antara Intel dan AMD untuk aspek yang satu ini, adalah AMD biasanya lebih digemari untuk gaming, sementara Intel lebih pas untuk aplikasi berat. Pandangan ini memang hampir benar, karena dalam hal gaming tidak perlu memori prosesor yang besar, tapi tentu saja butuh transfer data yang cepat.

Frekuensi dan Chipset

Perbedaan antara Intel dan AMD lainnya terdapat pada frekuensi dan chipset. Frekuensi AMD dan Intel tidak bisa disamakan. Sebagai contohnya, prosesor AMD Semprotan 300+ 1,8GHz, dan Intel dengan Pentium 4 1,8Ghz, bukan berarti kedaunya memiliki kecepatan yang sama. Sebab di awal sudah dibahas bawah AMD mengintegrasikan memori HyeperTransport dalam prosesornya, yang membuat proses transfer terjadi lebih cepat.

Grafis onboard

Untuk aspek yang satu ini, AMD sudah jelas lebih unggul. Sebab motherboard-motherboard yang dimiliki platform AMD menggunakan banyak chipset dengan grafis yang sudah terintegrasi dan berasal dari inVidia atau pun ATi Radeon yang terkenal dengan grafisnya, hal ini berbanding terbalik dengan Intel. Sebenarnya pada motherboard juga ada, hanya saja sebagian besar hanya sebatas pada chipset dengan kemampuan SLI (nForce 590, nForce 680).

Overheating

AMD terkenal cepat panas karena memang clock speednya cukup besar, sehingga panas yang dihasilkan jadi lebih besar. Sebenarnya hal ini berkaitan dengan ilmu fisikanya, makin besar suatu media, maka akan semakin lama pula perambatan panasnya, dan menyebabkan panas dari prosesor yang dibuang oleh kipas lewat heatsink pun lebih lama dibanding dengan heatsink fan yang kecil.

Perbandingan Kecepatan Prosesor Intel dan AMD

Perbedaan Intel dan AMD, di lihat dari sisi penggunaannya, merupakan perangkat penting yang memiliki fungsi sebagai inti dari kinerja sebuah komputer, di mana semakin besar memori dan banyak prosesornya, maka makin cepat juga kinerja yang dihasilkannya.

Kecepatan sebuah prosesor dapat kamu lihat dari core (inti prosesor) makin banyak core yang dipakai maka makin cepat juga kinerja komputer kita. Kenapa demikian, sebab prosesor bekerja di dalam aplikasi program atau game, makin banyak aplikasi dan game yang digunakan maka makin banyak juga prosesor yang kita gunakan.

Kesimpulan yang Dapat Diambil

Mungkin kamu pun sudah tahu seperti yang sudah dibahas di atas, prosesor Intel memerlukan banyak biaya, namun dijamin dengan performanya yang tinggi, terlebih Intel i7. Namun AMD pun hadir dengan performa yang lumayan bagus namun dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki biaya pas-pas-an tidak ada salahnya memilih prosesor AMD tapi jika biaya yang kamu punya lebih besar, maka bisa memilih prosesor Intel.

Itulah sejumlah informasi yang bisa disampaikan terkait dengan perbedaan antara Intel dan AMD. Keduanya tentu saja memiliki perbedaan, namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tersebutlah yang bisa kamu pertimbangkan dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply