Gadget /Komputer

Inilah Perbedaan 4G Dan LTE

Di dunia yang sedang di kuasai teknologi ini tentu saja jaringan merupakan salah satu kebutuhan khusus yang selalu dicari dimanapun seseorang berada. Setiap orang akan merasa sangat susah dan payah ketika mereka berada di kawasan yang sulit menjangkau jaringan untuk jenis sinyal apa pun. Namun, baru-baru ini telah di temukan jaringan yang sangat bagus, cepat dan jangkauannya luas.

Semua orang yang paham teknologi tentu saja sudah tidak asing dengan istilah 4G dan LTE. Keduanya saat ini sangatlah di cari di berbagai tempat. Bahkan tidak jarang keduanya di tulis atau di sebut secara berdampingan. Namun, dalam hal ini mungkin Anda tidak akan berfikir bahwa keduanya ternyata memiliki perbedaan dan bukanlah satu kesatuan.

4G dan LTE tidak lain merupakan dua hal yang berbeda namun saling melengkapi sehingga sering di sebut bersama. Lalu apa perbedaan 4G dan LTE?, Nah, jika Anda sudah penasaran dengan jawabannya, jangan khawatir karena informasinya ada di sini. Sedangkan untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu 4G?

4G tentu saja sudah tidak asing di telinga masyarakat sejak beberapa tahun yang lalu. Saat inipun banyak sekali ponsel yang sudah support dengan jaringan tersebut. Bahkan, ponsel keluaran baru tentu saja semua sudah di dukung jaringan 4G. Namun, meski banyak yang menyebutnya, ternyata tidak banyak yang mengetahui sebenarnya apa itu 4G. Sebenarnya kepanjangan dari nama ini adalah 4th generation teknologi atau standar teknologi ke empat.

Jaringan ini dinamakan demikian tidak lain adalah karena sebelumnya sudah ada 3 teknologi yang hadir sebelumnya dan ini merupakan yang ke empat. Kakak-kakak dar 4G ini tidak lain adalah 3G dan 2G. Biasanya pada ponsel cukup modern yang belum suppor dengan jaringan 4G ini paling maksimal jaringannya adalah yang 3G. Memang jaringan 3G ini sudah cukup bagus, tetapi jelas 4G lebih bagus lagi.

4G memiliki jangkauan yang luas dengan persediaan jaringan pita lebar ultra sehingga bisa di gunakan dalam berbagai perlengkapan elektronik. Baik itu smartphone maupun PC. Dengan jangkauan yang luas 4G bisa menemani hari-hari Anda tanpa ketertinggalan informasi sedikitpun. Kecepatan internetnya pun sangatlah tinggi sehingga Anda bisa ucapkan selamat tinggal pada jaringan yang masih lemot hingga saat ini.

Apa Itu LTE?

Sejauh ini mungkin Anda masih mengira bahwasanya 4G dan LTE itu sama. Nah, perlu Anda ketahui lebih lanjut bahwasanya di awal kemunculannya LTE di pasang sebagai teknologi 4G. LTE sendiri merupakan singkatan dari long term evolution. Namun, LTE ternyata tidak memenuhi syarat teknis lembaganya yakni ITU-R. Artinya adalah, banyak penjualan yang di lakukan dengan harga 4G, padahal bukan benar-benar 4G.

Hanya saja pada akhirnya LTE di putuskan sebagai jaringan yang bisa di sebut dengan jaringan 4G. Jaringan ini kualitasnya juga cukup tinggi. namun perlu di ketahui bahwasanya jaringan ini tidak cocok jika di pasangkan dengan 2G atau 3G sehingga akan membuatnya harus di operasikan secara terpisah.

Dari segi teknologi yang di tawarkan, ternyata LTE juga cukup bagus karena bisa memiliki kecepatan download yang tinggi. Hal ini tentu sangatlah menarik bagi para penggunanya. Dalam hal ini LTE sebenarnya di buat untuk menjadi pengganti dari UMTS/HSDPA. Nah, dengan kualitasnya yang tinggi, maka tidak heran jika perkiraan terhadap perkembangannya pun sudah sangat tinggi. Bahkan, LTE sebagai jaringan yang recommended ini di perkirakan pula akan menjadi standarisasi telepon seluler secara global yang pertama.

Dimana Letak Perbedaan Keduanya?

Setelah mengenal pengertian dari keduanya, maka tentu sudah jelas bahwa memang ada perbedaan 4G dan LTE. 4G memiliki kriteria sendiri, dan begitu juga dengan LTE. 4G merupakan jaringan yang di gunakan sebagai standar oleh LTE sehingga LTE bisa juga di sebut dengan jaringan 4G. Namun, jaringan 4G ini tak selal LTE. Dan kurang lebih begitulah hubungan antara keduanya. Saat ini berbagai merk smartphone banyak yang menggunakan 4G dan LTE secara bergantian.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan 4G dan LTE yang sama-sama jaringan dan harus Anda ketahui dengan jelas. Nah, biasanya mungkin Anda menemukan bahwa di ponsel Anda support 4G dan support juga LTE. Ketika menemukannya jangan heran karena berarti di ponsel Anda bisa menggunakan keduanya. (elevenia)

Leave a Reply