Gadget /Komputer

Inilah Penyebab Laptop Lemot dan Sering Not Responding

Inilah Penyebab  Laptop Lemot dan Sering Not Responding

Jangan Lupa Share ya

Inilah Penyebab  Laptop Lemot dan Sering Not Responding

Apabila kamu bekerja dengan memakai komputer atau laptop, tentutnya kamu pernah mendapatkan pengalaman terkait masalah pada laptop tersebut seperti laptop lemot dan sering not responding atau juga disebut dengan “Hang”. Terjadinya masalah laptop lemot dan sering not responding tersebut biasanya dikarenakan tidak mempunyai suatu sistem saat merespon sesuai dengan yang diperintahkan user.

Misalnya seperti saat kamu ingin memakai aplikasi Corel draw, akan tetapi sistemnya terlalu lama atau bahkan tidak merespon sama sekali untuk membuka aplikasi tersebut. Sehingga pada laptop tersebut akan muncul dialog box yakni “application is not responding” yang diikuti juga dengan layar monitor yang berubah menjadi putih berbayang.

Inilah Penyebab  Laptop Lemot dan Sering Not RespondingMaka dari itu, kamu harus tahu apa penyebab munculnya not responding pada laptop kamu. Mungkin karena masalah softwarenya atau bahkan yang lainnya. Kadangkala masalah tersebut sering sekali muncul karena terjadi masalah pada hardware laptop. Nah, apabila kamu ingin menginstal ulang laptop kamu karena sering lemot dan not responding, sebaiknya urungkan dulu niat kamu untuk menginstal ulang. Hal tersebut dikarenakan, bisa jadi saat kamu menginstal ulang tidak bisa menjamin laptop kamu bebas dari lemot dan responding.

Nah, berikut ini akan kami paparkan terkait laptop lemot dan sering not responding serta cara untuk mengatasinya.

Banyaknya Aplikasi yang Terinstall


Laptop yang lemot dan not responding biasanya terjadi karena banyaknya aplikasi yang terinstal pada laptop kamu. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? itu semua karena proses yang sedang dikerjakan oleh sistem dalam me-load seluruh aplikasi akan semakin berat. Ditambah lagi jika aplikasi yang kamu miliki di laptop ukuran besar maka bisa mengurangi kapasitas pada hardisk laptop kamu. Dengan begitu, makalah laptop kamu akan lemot dan sering not responding. Maka dari itu, sebaiknya kamu uninstall saja aplikasi yang tidak kamu butuhkan di laptop kamu.

Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi Bersamaan (Multitasking)


Penyebab yang selanjutnya yaitu terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan atau multitasking. Memang multitasking tersebut akan sangat berguna untuk kamu yakni untuk mempercepat pekerjaan. Namun jika aplikasi yang berjalan terlalu banyak, tentunya akan mengakibatkan RAM pada laptop kamu terkuras habis dan semakin lama akan menimbulkan not responding.

Maka dari itu usahakanlah untuk tidak membuka terlalu banyak aplikasi yang memang tidak kamu butuhkan. Meskipun aplikasi tersebut kamu butuhkan maka usahakanlah untuk tidak membuka lebih dari 3 aplikasi.

Virus dan Malware


Masalah yang terakhir saat laptop kamu lemot dan sering not responding yaitu dikarenakan virus dan malware. Lagi-lagi Malware dan virus tersebut selalu ikut andil dalam seluruh masalah pada laptop. Termasuk juga menyebabkan laptop lemot dan sering not responding. Ancaman dari virus dan Malware itu akan mempengaruhi kinerja sistem pada laptop kamu.

Maka dari itu sebaiknya kamu selalu mengupdate database terbaru antivirus supaya laptop kamu terhindar dari ancaman virus dan malware. Misalnya seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa laptop yang sering lemot dan responding tidak hanya terjadi masalah pada aplikasi atau software saja. Akan tetapi juga karena terjadinya masalah dengan hardware pada laptop kamu seperti hardisk dan RAM.

  • Harddisk

Apabila hardisk pada laptop kamu hampir penuh, maka hal tersebut bisa mengakibatkan lemot dan sering not responding. Hal tersebut dikarenakan laptop akan membutuhkan waktu yang lama untuk membuka semua file yang ada pada harddisk tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya kamu usahakan untuk memberikan space yang sedikit longgar pada harddisk supaya laptop kamu bisa melakukan perintah dengan lancar.

  • RAM

RAM merupakan salah satu faktor yang paling utama yang juga ikut menyebabkan stop kamu menjadi lemot dan sering not responding. Misalnya laptop kamu memiliki memori RAM yang kurang mendukung atau pas-pasan serta kamu ingin menjalankan aplikasi yang berat-berat, maka sebaiknya kamu urungkan niat tersebut.

Sebab apabila kamu tetap memaksakan ingin membuka aplikasi yang berat pada laptop kamu itu tentunya hanya menguras habis RAM pada laptop kamu. Pada akhirnya akan dipastikan bahwa laptop kamu akan mengalami lemot dan not responding.

Maka dari itu, sebaiknya kamu menjalankan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi memory RAM pada laptop kamu. atau mungkin sebaiknya kamu bisa mengupgrade RAM laptop kamu supaya bisa berjalan secara optimal.

Nah, setelah tadi ulasan terkait laptop lemot dan sering not responding beserta dengan solusinya.

Baca Juga! 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Ampun 

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply