Gadget /Komputer

Inilah Penyebab Headset Tidak Terdeteksi di Laptop Beserta Solusinya

Jangan Lupa Share ya

Musik merupakan salah satu media yang bisa membuatmu merasa senang. Tidak heran jika mendengarkan musik terasa menyenangkan dan ternyata dapat mendatangkan banyak manfaat. Tak hanya sebagai hiburan, musik pun terbukti dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Agar pengalaman dalam mendengarkan musik menjadi lebih baik, maka banyak yang menggunakan headset maupun earphone dibanding menggunakan speaker secara langsung.

Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa menggunakan alat, baik itu headset atau pun headphone bakal meningkatkan kualitas suara dan juga tidak akan mengganggu orang di sekitar mereka dalam volume tinggi. Apa kamu termasuk salah sau orang yang suka menggunakan headset? Bila iya, maka kamu pasti pernah mengalami berbagai masalah saat menggunakannya, salah satunya adalah headset tidak terdeteksi saat dicolokkan ke laptop atau pun PC.

Masalah ini sebenarnya cukup sering dialami. Mayoritas dari mereka beranggapan bahwa terdapat kerusakan pada headsetnya atau mungkin pada colokannya. Ternyata, hal itu tidak selalu benar. Bisa saja headset tersebut tidak terdeteksi karena kerusakan pada softwarenya, bukan hardwarenya. Agar dapat berfungsi dengan baik saat disambungkan di laptop, kamu perlu yang namanya driver. Apabila driver ini tidak cocok atau tidak bisa berfungsi dengan baik, maka hardware tersebut pun tidak bisa bekerja secara maksimal. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ada sejumlah tips yang bisa kamu terakan untuk mengatasinya:

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pada sebuah headset atau pun earphone yang tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan besar driver yang terpasang tidak cocok dan tidak dapat berfungsi dengan benar. Setidaknya ada tiga tips yang bisa kamu terapkan saat headset tidak terdeteksi atau pun tidak mengelurkan suara:

Lakukan Scanning Pada Hardware yang Terpasang

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan scanning pada hardware yang terpasang. Kemungkinan hal ini terjadi karena saat kamu menyambungkan headset, laptop atau PC tidak secara otomatis mendeteksi headset tersebut sehingga mengakibatkan headset tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya, ikuti tutorial di bawah ini:

  • Klik start pada Windows, kemudian klik “divice”, selanjutnya pilih “Device Manager”.
  • Bila halaman baru telah muncul, langkah selanjutnya adalah klik pada oposi “Sound, Video dan Game Controllers”. Di sana kamu akan melihat apakah hardware atau headset kamu sudah terdeteksi.
  • Apabila headsetmu masih belum terdeteksi, maka kamu harus melakukan langkah selanjutnya dengan cara melakukan scanning ulang dengan klik kanan pada “Sound, Video and Game Controllers”, setelah itu pilih “Scan for Hardware Changes”. Tunggu sampai prosesnya sampai selesai.
  • Apabila sudah muncul, kamu bisa melakukan update pada driver tersebut. Dengan cara klik kanan pada hardwarenya, setelah itu pilih “Update Driver Software”. Proses ini membutuhkan koneksi internet, sehingga pastikan laptop kamu sudah terkoneksi internet.
  • Setelah proses itu selesai, silahkan restart laptop untuk mengetahui perubahan yang akan terjadi.

Ubah Pengaturan Sample Rate dan Bit Rate

Cara yang kedua ini adalah cara yang mengharuskan kamu mengubah pengaturan pada sample rate dan juga bite rate-nya. Untuk melakukannya, ikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama, klik-lah pada ikon dengan bentuk speaker yang ada di taskbar bawah pojok kanan, setelah itu pilih “Playback Devices”.
  • Setelah muncul tab Playback, kamu akan membaca atau menemukan banyak opsi, pilihlah opsi “Speaker/Headphones”, setelah itu pilih “Set as Default” yang terdapat di bagian bawah, kemudian klik opsi Properties.
  • Pindahlah ke tab Advanced, setelah itu ubah sample rate dan bit rate-nya sesuai dengan yang kalian inginkan, kemudian klik “Apply” dan “OK”.

Menggunakan Aplikasi Driver Booster

Cara yang terakhir ini merupakan cara pamungkas apabila headsert tidak terdeteksi dan tidak berbunyi, caranya adalah menggunakan software dari pihak ketiga dengan nama Driver Booster. Sebelum itu, download aplikasinya terlebih dulu dan lakukan instalasi seperti pada umumnya. Selanjutnya, ikuti langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Driver Booster yang tadi sudah diinstal. Kemudian lakukan Scan, tunggulah sampai prosesnya selesai. Proses yang satu ini biasanya memerlukan koneksi internet sehingga kamu harus memastikan laptop atau PC terhubung ke internet.
  • Setelah daftar drivernya muncul, langkah selanjutnya adalah dengan memilih driver yang khusus sound, lalu pilih “Update”.
  • Kemudian, kamu akan mendapat peringatan. Tidak usah khawatir, klik saja “OK”.
  • Selanjutnya, tunggu kembali sampai proses download selesai. Lama loadingnya tergantung dari keadaan koneksi di tempatmu. Setelah semuanya selesai, restart laptop atau PC kalian.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan bila headset tidak terdeteksi di PC atau laptop. Masalah ini biasanya disebabkan oleh driver yang tidak cocok atau pun tidak bisa bekerja dengan benar. Semoga cara di atas bisa membantu dan menjadi solusi terbaik untukmu. Selamat mencoba. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply