Gadget /Komputer

Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Jangan Lupa Share ya

Flashdisk tidak terbaca merupakan masalah yang sering kita jumpai dan bisa dialami oleh siapa saja. Flashdisk tidak terbaca ini biasanya dialami olah flashdisk yang sudah lama. Akan tetapi, tenyata flashdisk yang masih baru juga bisa saja mengalami masalah yang satu ini. Biasanya ketika kamu mengalami masalah seperti ini, kamu akan langsung menganggap bahwa flashdisk kamu telah rusak. Sehingga banyak diantara kamu yang langsung membuang flasdisk tersebut. Padahal masih ada kemungkinan bahwa flashdisk yang kamu buang bisa diatasi, sehingga bisa kamu gunakan kembali.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Setiap masalah yang membuat flashdisk tidak terbaca memiliki cara masing-masing untuk memperbaikinya. Karena masalah yang disebabkannya pun berbeda-beda. Masalah tersebut bisa timbul dari flashdisk kamu sendiri, atau bahkan masalahnya ada pada komputer kamu. Untuk mengetahui masalahnya, coba masukkan flashdisk kamu ke komputer yang lain. Atau kamu bisa juga memasukkan flashdisk lain ke komputer kamu. Maka hasilnya akan terlihat. Jika flashdisk kamu dapat terbaca di komputer lain, berarti masalahnya ada pada komputer kamu. Sebaliknya, apabila flashdisk kamu tidak terbaca di komputer lain, kemungkinan yang ada adalah flashdisk kamu yang mengalami kerusakan.

Inilah penyebab umum flashdisk tidak dapat terbaca beserta cara memperbaikinya

USB Port atau Konektor Flashdisk Kotor

Jika kamu terbiasa menyimpan flashdisk, laptop atau bahkan komputer di tempat yang kotor, maka bisa saja lubang atau port USB kamu kemasukkan debu. Untuk menanganinya, kamu bisa mengecek port USB tersebut dan membersihkannya. Atau bisa juga justru kepala flashdisk atau konektornya yang kotor, maka bersihkanlah terlebih dahulu.

Driver USB Bermasalah

Masalah lain yang dapat menyebabkan flashdisk kamu tidak terbaca adalah dricer USB yang kamu gunakan. Misalnya, sambungan USB kamu sudah tersambung tetapi belum terbaca oleh komputer. Maka kamu bisa mengecek driver USB kamu dengan cara seperti berikut ini.

  • Buka Device Manager di komputer kamu. Caranya ketik saja “Device Manager” di kolom Search.
  • Klik bagian “Universal Serial Bus Controller”.
  • Lalu Klik ikon “Scan For Hardware Changes” di bagian atas.

Setelah kamu melakukan kedua langkah tersebut, seharusnya flashdisk kamu sudah dapat terbaca kembalo. Jika masih belum bisa terbaca, kemungkinan yang terjadi adalah komponen dalam port USB kamu sudah rusak secara fisik atau ada kebel konektor yang putus dari port USB ke motherboard.

Cara Lain yang dapat kamu lakukan

Cara Pertama

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca adalah melakukan pengecekan kerusakan. Apakah kerusakan tersebut ada pada flashdisk ataukah justru pada sistem operasi yang tidak mendeteksi driver flashdisk kamu. Untuk mengenceknya, kamu bisa mencoba menghubungkan flashdisk kamu pada perangkat komputer yang lain. Jika flashdisk kamu dapat terbaca di perangkat komputer tersebut, berarti yang mengalami kerusakan adalah sistem operasi pada perangkat komputer kamu yang tidak dapat mendeteksi driver flashdisk. Maka kamu bisa mencari drivernya atau kamu juga bisa menginstall ulang sistem operasi pada perangkat komputer kamu. Jika masih tidak terdeteksi juga, berarti masalahnya memang terletak pada flashdisk kamu.

Cara Kedua

Untuk selanjutnya, jika indikasi menunjukkan bahwa flashdisk kamu memang bermasalah maka kamu bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini.

  • Colokkan flashdisk pada perangkat komputer atau laptop kamu
  • lalu ketik Shortcut di keyboard dengan cara Ctrl + R kemudian ketik di kolom perintah berikut msc lalu tekan Enter
  • Setelah itu maka akan terbuka program compmgmt, Jika sudah terbuka maka klik program tersebut.
  • Pada menunya pilih Storage yang terdapat di kemudian pilih  Disk Management.
  • Jika kerusakan yang terjadi tidak terlalu para biasanya flashdisk kamu akan terdeteksi kemabali. Jika telah terdeteksi kembali, makan klik kanan lalu pilih menu Create Partition.
  • Selanjutnya format flashdisk dengan melakukan klik kanan kemudian pilih Format.

Cara Ketiga

Jika kamu telah melakukan berbagai cara untuk memperbaiki flashdisk kamu dan  masih saja belum bisa terdeteksi, kamu bisa mencoba untuk memperbaiki flsahdisk kamu dengan menggunakan aplikasi HDD Low Level Format Tool. Aplikasi ini terdiri dalam dua versi, yaitu versi full dan free. Meskipun begitu, fitur yang tersedia pada versi free sudah cukup untuk dapat mengatasi permasalahan yang kamu hadapi.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan mudah yang bisa kamu coba terapkan untuk memperbaiki flashdisk kamu yang tidak dapat terdeteksi. Jika setelah menerapkan beberapa cara di atas dan flashdisk kamu tetap tidak bisa terdeteksi, bisa dipastikan bahwa yang mengalami kerusakan permanen adalah flashdisk kamu dan tentu saja hal itu sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Sebaiknya mulai sekarang jika kamu ingin membeli sesuatu, telitilah dulu sebelum membeli dan belilah barang-barang khususnya barang elektronik di toko yang bergaransi resmi yang menurut kamu toko tersebut memiliki garansi dan jaminan produk yang asli. Semoga bermanfaat bagi kamu yang mengalami masalah flashdisk yang tidak terdeteksi. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply