Elektronik

Inilah Pengertian Beserta Perbedaan Nfs dan Fat32 yang Wajib Kamu Ketahui

Jangan Lupa Share ya

Komputer merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting pada jaman sekarang ini. Karena memang pada dasarnya jaman sekarang komputer sangatlah multifungsi. Sehingga akan sangat memudahkan dalam kebutuhan sehari-hari. Terlebih lagi semakin berkembangnya jaman dan teknologi pasti fungsi komputer juga akan semakin banyak. Sehingga segala kegiatan dan kebutuhan pasti akan sangat terbantu.

Untuk menjalakan dan menyimpan sebuah data pada komputer pasti Anda juga membutuhkan sebuah penyimpanan. Dan setiap perangkat penyimpanan memiliki format yang berbeda pada sistem operasi. Apabila Anda menggunakan komputer yang memakai sistem operasi windows, pasti Anda sudah tidak asing dengan format penyimpanan dengan nfs dan fat32.

Memang biasanya Anda dapat menjumpai format fat32 pada flashdisk sedangkan untuk nfs Anda akan menjumpai pada harddisk. Namun apakah Anda tahu apakah perbedaan dari kedua format tersebut dan apa pengertian dari kedua format tersebut. Karena memang penting untuk mengetahui apa maksud dari sistem file. Oleh karena itu, perhatika beberapa informasi berikut mengenai pengertian beserta perbedaan nfs dan fat32 yang wajib kamu ketahui.

Pengertian

Sebelum membahas mengenai perbedaan dari keduanya, akan lebih baik Anda mengetahui pengertian agar Anda juga mengetahui dasarnya. Dimulai dari fat32, fat merupakan sistem file yang menggunakan metode struktur tabel alokasi berkas  sebagai metode untuk beroperasi.  Salah satu versi dari fat adalah fat32 yang merupakan jenis sistem file yang tertua apabila dibandingkan dengan nfs maupun exfat. Sistem file ini juga merupakan generasi terakhir dari fat, yang diluncurkan pada saat peluncuran sistem operasi windows 95. Namun fat32 juga mendukung untuk bekerja pada sistem operasi lain.

Nfs atau nt file system merupakan sistem file yang didesain lebih simpel dari sistem file fat32 namun cara kerja dan kemampuan dari sistem file ini bisa melebihi kemampuan dari fat32. Untuk peluncurannya, sistem file nfs diluncurkan secara bersamaan dengan peluncuran sistem operasi windows nt, namun juga mampu bekerja pada sistem operasi yang lain. Sistem file nfs juga merupakan sistem file yang default pada windows xp.

Kompabilitas sistem operasi

Perbedaan kedua sistem file ini memang sudah memiliki perbedaan dari kompabilitas sistem operasi. Pada jaman sekarang ini memang sudah banyak jenis dan macam dari sistem operasi dari pengembang yang berbeda. Misalnya seperti windows, linux, DOS, Mac OS dan masih banyak lagi. Kelebihan fat32 dibandingkan nfs adalah kompabilitasnya yang sangat baik karena bisa bekerja dan cocok digunakan untuk berbagai jenis sistem operasi. Berbeda dengan nfs yang tidak dapat dibaca oleh Mac OS X. Memang untuk membaca adanya perangkat penyimpanan bisa namun tidak bisa menulis data yang ada. Sehingga untuk itu, dibutuhkan tambahan software tambahan pada perangkat agar dapat diterima.

Ukuran maksimum file

Apabila perbedaannya dilihat dari kemampuan penerimaan file menurut ukurannya, maka nfs akan lebih unggul daripada fat32. Untuk penerimaan file dengan ukuran besar memang terbatas pada fat32. Karena fat32 hanya dapat menerima file dengan ukuran maksimum 4 gb per file. Apabila ukuran file lebih dari itu, maka akan muncul diaog file too large. Untuk itu Anda harus memecah file terlebih dahulu ataupun mengganti file dengan sistem nfs. Berbeda dengan fat32, maka nfs jauh lebih unggul. Karena nfs dapat menerima file dengan ukuran maksimal hingga 16 exabyte atau setara dengan 16 miliar gb per file. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memasukkan dan menyimpan file dengan ukuran besar.

Jumlah file maksimum

Selain ukuran maksimun per file, nfs juga jauh lebih unggul pada jumlah file yang dapat disimpan. Karena memang fat32 lebih terbatas untuk jumlah file nya yaitu hanya 65.517 buah file apapun bentuk dan ukurannya. Sedangkan nfs akan lebih lega karena jumlah file maksimum yang mencapai 4.294.967.295 buah file dengan apapun bentuk dan ukurannya.

Ukuran cluster

Ukurn cluster merupakan ukuran minimal per file, sehingga apabila ukuran cluster nya besar dapat membuat penyimpanan semakin cepat penuh. Misalnya memiliki ukuran cluster 32 kb, namun Anda menyimpan file dengan ukuran 10 kb maka nantinya akan tersimpan dengan ukuran 32 kb. Fat32 memiliki ukuran cluster yang lebih besar yaitu 32 kb dan nfs unggul dengan 4 kb.

Keamanan

Nfs lebih aman karena memiliki fitur enskripsi dan file permission, sedangkan fat32 tidak memiliki.

Itulah beberapa info mengenai pengertian beserta perbedaan nfs dan fat32 yang wajib kamu ketahui.

Semoga bermanfaat

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply