Beauty & Health

Inilah Obat Gusi Bengkak yang Paling Manjur

Gusi adalah salah satu bagian yang terdapat pada rongga mulut. Gusi terdiri dari banyak pembuluh darah yang membuat gusi cukup sensitif. Organ yang satu ini memiliki jaringan kulit yang berserat dan tebal. Fungsinya adalah tempat melekatnya gigi kita. Banyak sekali masalah yang bisa dialami oleh gusi salah satunya adalah gusi yang bengkak. Gusi bengkak ini seringkali menimbulkan pendarahan. Untuk itu kamu harus tahu apa obat yang paling pas mengatasi gusi bengkak.

Obat Gusi Bengkak yang Paling Manjur

Kompres dengan Es

Untuk gusi bengkak dengan kondisi yang tidak terlalu parah, seperti tidak merasakan nyeri berdenyut pada gusi, maka kamu bisa mengompresnya dengan es batu. Kompresan ini berfungsi untuk meredakan pembengkakan. Kamu bisa melakukan kompresan ini di sisi mulut gusi yang bengkak. Lakukan kompresan tersebut setiap 15 menit sekali.

Kompres dengan Air Hangat

Jika gusi bengkak yang kamu alami disertai nyeri, maka kamu bisa mengompresnya dengan waslap yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat sebelumnya. Kompresan ini berfungsi sebagai langkah awal dalam meredakan nyeri berdenyut.

Berkumur dengan Air Garam

Terapi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah berkumur dengan air garam. Tak hanya meredakan peradangan pada gusi, air garam pun dipercaya bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut yang mungkin saja bakal memperparah kondisi gusi kamu.

Konsumsi Obat Anti Nyeri

Bila rasa nyeri yang dirasakan semakin mengganggu aktivitas, maka kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat anti-nyeri. Pilihan obat lainnya seperti asam mefenamat atau pun ibuprofen, mungkin bisa diberikan oleh dokter untuk meredakan nyeri akibat gusi bengkak tersebut.

Apabila gigi berlubang menjadi penyebab utama gusi bengkak, maka dokter tak akan berani mengambil tindakan apapun selagi gusimu masih bengkak. Biasanya untuk sementara hanya diberikan obat anti-nyeri saja.

Perawatan di Dokter Gigi

Apabila gusi bengkak kamu tidak kunjung reda usai mengonsumsi obat anti-nyeri, segeralah temui dokter. Bisa jadi gusi bengkak yang kamu alami disebabkan oleh permasalahan pada gigi itu sendiri. Dengan begitu dokter bisa memberikan penanganan seperti pembersihan karang gigi sampai penanganan gigi berlubang. Atau bila gusi bengkak yang kamu alami disertai nanah, maka hal itu terjadi akibat dari infeksi bakteri pada mulut atau gigi berlubang yang lamban penanganannya. Segera konsultasikan ke dokter dan dapatkan penanganan terbaik.

Konsumsi Antibiotik

Saat kamu mengunjungi dokter gigi untuk konsultasi kamu mungkin akan diberi resep obat antibiotic seperti amoxicillin. Anti biotik tersebut diberikan bila dokter sudah memeriksa gusi bengkakmu. Gusi bengkak yang bernanah harus diredakan dengan bantuan obat anti biotik. Obat tersebut akan bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri sehingga abses (nanah) pada gusi bengkak bisa mengecil. Pemberian obat lain juga bisa saja diberikan jika gusi bengkakmu menimbulkan masalah lain seperti demam dan sebagainya.

Hindari Penyebab Iritasi

Sejumlah orang mungkin saja mengalami gusi bengkak lantaran terjadi iritasi. Untuk mengatasi masalah ini, coba hindari konsumsi alkohol dan rokok. Bila tidak, kondisi gusi bengkak kamu akan lebih parah lagi dan dapat memicu timbulnya pendaran pada gusi.

Oleskan Minyak Cengkeh

Tak hanya obat-obatan kimia, kamu pun bisa meredakan gusi bengkak dengan sejumlah bahan alami. Salah satu bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk meredakan gusi bengkak adalah minyak cengkeh. Caranya totolkan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak menggunakan cotton bud.

Gunakan Pasta Jahe

Tak cuma minyak cengkeh, kamu pun bisa memanfaatkan pasta jahe. Pasta jahe ini dipercaya mampu meredakan radang pada gusi. Caranya pun sangat mudah, haluskan jahe dan campurkan dengan garam secukupnya. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes air. Kenapa harus jahe? Menurut penelitian, jahe ini memiliki efek anti radang karena mengandung senyawa gingerol dan shogaol.

Itulah beberapa obat yang bisa kamu andalkan saat mengalami gusi bengkak. Tapi yang terpenting adalah kamu harus tetap menjaga kesehatan rongga mulut agar masalah seperti gusi bengkak atau pun sakit gigi tidak akan terjadi.

Jika gusi bengkak sudah sembuh dan kamu tidak ingin mengalami kembali gusi bengkak, maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Sikat Gigi Secara Benar

Salah satu penyebab gusi bengkak adalah cara sikat gigi yang salah. Untuk itu, pilihlah sikat gigi dengan bulu lembut dan tumpul di bagian ujungnya. Selain itu, gosok gigi secara peralahan dengan gerakan yang benar, jangan asal-asalan.

Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Sebagai cara mencegah gusi bengkak, cobalah untuk secara rutin membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi sebelum tidur.

Gunakan Obat Kumur

Obat kumur digunakan saat diperlukan saja, contohnya saat gigi terasa nyeri, setelah memakan makanan yang membuat mulut bau atau saat gusi memerah. Jangan gunakan obat kumur sebagai kegiatan rutin karena memiliki kadar alkohol tinggi.

Atur Pola Makan

Gusi bengkak bisa diakibatkan oleh kurangnya vitamin. Mulai dari sekarang perhatian pola makan kamu. Banyak-banyak makan sayuran dan buah yang di dalamnya terkandung vitamin C, vitamin B dan kalsium.

Kelola Stress

Stress juga bisa menjadi pemicu gangguan kesehatan, utamanya gusi bengkak dan sariawan. Jadi, alangkah baiknya kamu menghindari stress.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan agar gusi bengkak tidak kembali lagi. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply