Babies /Kids

Inilah Manfaat Menggunakan Bok Bayi

bok-bayi[1]

Jangan Lupa Share ya

Ketika menjelang kelahiran buah hati, banyak sekali keperluan yang harus dipersiapkan. Selain mempersiapkan biaya persalinan, dibutuhkan juga peralatan bayi lainnya. Salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan yaitu bok bayi. Banyak sekali manfaat dari penggunaan bok bayi bagi ibu yang baru melahirkan. Sebagian orang tua ingin agar bayi bisa tidur terpisah.

Namun, tetap saja tidak boleh terpisah jauh-jauh. Agar ketika anak membutuhkan apapun, orang tua bisa lebih cepat untuk memenuhinya. Manfaat bok bayi yaitu agar bayi bisa tidur lebih bebas, sehingga perkembangannya tidak terganggu.

Nah, bagi kamu yang ingin mempersiapkan bok bayi untuk persiapan persalinan buah hati, kamu perlu menyimak ulasan berikut. Karena pada ulasan ini akan dibahas mengenai keuntungan menggunakan bok bayi dan cara memilih bok bayi yang tepat.

Keuntungan Menggunakan Bok Bayi


Mempersiapkan bok bayi sebelum bayi lahir memang sangat penting. karena persiapan menjelang kelahiran bayi memang harus mantap. Dengan begitu, bisa lebih memudahkan dan mentotalkan kebersamaan hubungan antara orang tua dan bayi. Sehingga sangat penting untuk menyiapkan peralatan bayi jauh-jauh hari.

Manfaat-Menggunakan-Bok-Bayi[1]Lalu apa keuntungan atau manfaat dari penggunaan bok bayi? Manfaatnya yaitu sebagai tempat tidur yang nyaman bagi bayi. Karena bok bayi ini terdapat pagar yang mengelilinginya, sehingga bayi tidak mungkin terjatuh. Manfaat lain dari bok bayi yaitu bisa menghilangkan rasa khawatir dari orang tua pasca kelahiran. Karena, bayi masih sangat sensitif. Sehingga, keselamatan bayi benar-benar harus dijaga dengan baik.

Selain itu, keuntungan menggunakan bok bayi ini yaitu bayi bisa bergerak lebih bebas. Karena jika tidur satu kasur dengan orang tua, ditakutkan terhimpit dan lain sebagainya. Ketika bayi bisa tidur dengan bebas dan nyaman, maka dia akan bisa berkembang dengan baik dan cepat.

Baca juga: Perbedaan Baby Bath dan Sabun Bayi Batangan

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Bok Bayi


Banyaknya orang tua yang membutuhkan bok bayi, tak heran jika kini banyak sekali berbagai produk bok bayi yang tersedia di pasaran. Nah, dari sekian banyak jenis bok bayi, tentu saja kamu hanya akan memilih satu. Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk memilih bok bayi yang aman dan nyaman untuk bayi.

Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada bayi, penting bagi orang tua untuk memilih bok bayi yang tepat. Adapun berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih bok bayi.

  • Bahan

Hal pertama dan hal yang terpenting dalam memilih bok bayi yaitu pastikan bok tersebut sudah memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia). Agar lebih aman lagi, pilihlah bok bayi yang terbuat dari bahan stainless steel. Hindari memilih bahan bok bayi dari besi, karena dikhawatirkan mudah berkarat dan rusak. Besi yang berkarat, tentu saja sangat berbahaya untuk kesehatan anak.

  • Bentuk

Agar lebih mudah ketika menggendong atau meletakkan bayi, alangkah baiknya memilih bok bayi yang memiliki salah satu bagian pagar yang bisa dibuka. Namun, bisa juga memilih bok  bayi yang tidak memiliki bagian yang bisa dibuka. Ya, sesuai dengan keinginan masing-masing.

Selain itu, kamu juga bisa memilih bok bayi yang bisa diekspansi. Maksudnya, bok ini bisa diubah ukurannya sesuai dengan usia anak.

  • Fitur dan Model

Ada beberapa model dan fitur dari bok bayi yang harus diperhatikan dan harus ada.

  • Kaki beroda

Bok bayi yang memiliki kaki beroda tentu saja bisa memudahkan untuk dipindah. Namun, pastikan juga kaki roda ini memiliki pengunci. Hal ini bertujuan agar bok tidak mudah bergerak ketika bayi bergerak.

  • Kondisi dinding yang empuk

Selain kaki beroda, pastikan dinding pada bok bayi tersebut empuk. Hal ini bertujuan agar bayi tidak terantuk dengan tempat tidurnya sendiri. Namun tak masalah jika kamu sudah terlanjur membeli bok yang berbahan kayu atau besi. Kamu bisa melapisi dindingnya dengan bantal atau guling.

  • Matras atau Kasur

Selain kasurnya empuk, pilih kasur yang bisa tahan terhadap air. Karena kapan saja dan dimana saja bayi bisa buang air atau muntah. Dengan memilih kasur yang tahan air, akan lebih mudah untuk membersihkannya.

  • Aksesori Lain

Penting juga memilih bok bayi yang memiliki aksesoris lain seperti penutup atas. Hal ini bertujuan agar bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk atau paparan debu. Dalam hal ini pilihlah penutup yang berongga kecil, sehingga anak tetap bisa bernapas dengan normal.

Itulah manfaat  serta cara memilih bok bayi yang tepat. Dengan membaca ulasan ini hingga akhir, kamu bisa lebih paham apa manfaat dan cara memilih bok bayi yang tepat.

Semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply