Hobby

Inilah Manfaat E-Commerce dan Keuntungannya

Istilah e-commerce memang baru trend dalam beberapa tahun terakhir. Dan hingga hari ini masih banyak orang yang mengetahui apa itu e-commerce. Sebenarnya, e-commerce adalah suatu bentuk perdagangan, pembelian, penjualan serta penyebaran dari pemasaran barang maupun jasa secara elektronik dengan memakai sistem internet. E-commerce kini sudah sangat banyak dipraktikkan, misalnya dengan adanya sistem bisnis online, namun banyak yang tidak menyadari bahwa itu adalah praktik dari e-commerce. Ia memiliki banyak manfaat untuk manusia. Berikut akan diulas mengenai beberapa manfaat e-commerce serta keuntungannya.

Beberapa Manfaat dari E-Commerce dan Keuntungannya

Beberapa Manfaat E-Commerce

E-commerce memiliki beberapa manfaat dalam kehidupan manusia. Karena manfaatnya yang beragam itulah ia dimunculkan di tengah masyarakat supaya mereka menjadi semakin mudah dan simple dalam kehidupan saat ini. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari e-commerce yang akan Anda dapatkan.

Manfaat e-commerce untuk Pemilik Usaha

Pertama-tama akan diulas mengenai manfaat dari e-commerce untuk pemilik usaha:

  • Dapat Melakukan Penjualan secara Global

Manfaat yang pertama adalah bisa memungkinkan seorang penguasaha memperdagangkan dagangannya secara lebih luas bahkan mendunia. Ini memungkinkan mereka mendapatkan pelanggan yang lebih banyak karena sejatinya sifat web adalah global. Sehingga, perusahaan atau bisnis Anda bisa mencakup pasar yang lebih luas.

  • Mengurangi Infrastruktur Perusahaan

Selain itu, dengan adanya e-commerce, Anda sebagai pemilik usaha tentu bisa mengurangi infrastruktur perusahaan. Artinya, Anda tidak perlu banyak-banyak membuka cabang karena sudah ada ladang untuk promosi produk Anda dengan sasaran yang lebih luas dan mendunia.

  • Membantu Tingkatkan Keuntungan yang Bersih

Dengan adanya e-commerce, Anda tentu bisa meningkatkan keuntungan bersih Anda karena dengan begitu bisa menekan biaya pengeluaran perusahaan. Misalnya menambah pegawai yang banyak, membuka banyak toko dan lain sebagainya. Ini tentu akan meningkatkan laba atau profit perusahaan Anda.

  • Pengurangan akan Harga Produk

Dengan menggunakan sistem e-commerce, Anda tentu bisa menekan harga dengan semurah mungkin karena tidak melalui distribusi dan lain sebagainya. Ini tentu akan lebih diminati pelanggan karena harganya yang lebih miring dibandingkan dengan lainnya.

Manfaat e-commerce untuk Konsumen

Selanjutnya adalah beberapa manfaat e-commerce untuk para konsumen:

  • Bisa Belanja Seharian

Jika Anda membeli barang di toko konvensional, tentu ada batasan waktu kapan ia buka dan kapan ia tutup. Namun tidak demikian pada e-commerce. E-commerce memungkinkan Anda berbelanja di waktu kapanpun yang Anda inginkan. Tanpa harus menunggu buka atau terburu-buru karena mengejar tutup.

  • Bisa Menghemat Waktu

Selanjutnya, dengan adanya e-commerce Anda bisa lebih menghemat waktu karena tidak perlu repot-repot untuk datang ke lokasi, belum lagi macet di jalan dan sebagainya. Anda pun bisa membelinya sambil santai-santai di rumah.

  • Barangnya Lebih Murah

Manfaat dari e-commerce bagi konsumen selanjutnya adalah bisa memperoleh barang dengan harga yang lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan yang dijual di toko-toko konvensional.

  • Bisa Transaksi tanpa Batas

Selain itu manfaat e-comerce yang lain adala Anda juga bisa melakukan pembelian lintas global tanpa harus membuang uang kesana kemari. Misalnya Anda ingin melakukan pembelian sedangkan barangnya dijual di Amerika, Anda sudah bisa membeli tanpa harus berkunjung ke Amerika. Sungguh mudah bukan?

Keuntungan dari E-Commerce

Selain memiliki manfaat yang beragam, e-commerce juga menawarkan berbagai keuntungan yang akan membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Nah, berikut ini adalah berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan e-commerce.

  • Memudahkan komunikasi antara produsen serta konsumen
  • Manfaat e-commerce yang pertama adalah memudahkan alur komunikasi di antara produsen serta konsumen.
  • Memudahkan pemasaran dan juga mempromosikan barang dan jasa
  • Meningkatkan jangkauan dari calon konsumen di pasar yang lebih luas
  • Membantu memudahkan proses penjualan serta pembelian
  • Membantu memudahkan sistem pembayaran karena bisa dilakukan secara online
  • Memudahkan penyebaran informasi

Selain itu, masih banyak manfaat serta keuntungan lain yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sistem e-commerce. Tentu dijamin semua bentuk transaksi akan lebih mudah dan praktis. Selain itu, prosesnya juga lebih cepat dan harganya lebih terjangkau.

Itulah uraian mengenai manfaat e-commerce dan berbagai keuntungannya dalam kehidupan manusia. Beberapa uraian di atas bisa menjadi pertimbangan Anda saat akan menggunakan sistem pembayaran tersebut. Dengan demikian, Anda akan semakin dipermudah dalam melakukan transaksi dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply