Beauty & Health

Inilah Manfaat Duku yang Sesungguhnya

Jangan Lupa Share ya

Banyak dari masyarakat kita menyukai buah duku karena rasanya yang segar, manis dan ada sedikit sensasi asam ketika digigit. Namun mungkin sedikit dari kita yang mengetahui manfaat buah duku yang sebenarnya, baik untuk kesehatan, pengobatan dan sumber nutrisi bagi tubuh kita.

Sebenarnya hampir semua buah-buahan mengandung multivitamin dan nutrisi, hanya saja yang membedakannya adalah kadar nutrisi yang terdapat pada buah tersebut, seperti misalnya buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk, dan lain sebagainya. Namun karena sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang baik, maka orang yang memakan buah kiwi atau buah jeruk akan sama-sama mendapatkan manfaat dari vitamin C tersebut.

Begitu juga dengan buah duku. Manfaat buah duku yang sebenarnya cukup banyak, karena berdasarkan beberapa literatur yang didapat, buah duku memiliki kandungan multivitamin dan karbohidrat yang baik untuk tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat buah duku yang dapat diambil ketika mengkonsumsinya:

Membantu Meningkatkan Sumber Energi


Ketika menjalankan aktivitas sehari-hari mungkin diantara anda pernah merasakan cepat lelah dan mengalami penurunan stamina. Didalam buah duku mengandung karbohidrat yang baik untuk sumber energi, namun kandungan karbohidrat ini tidak sebanyak kandungan karbohidrat yang terdapat pada nasi. Akan tetapi pada buah duku juga mengandung Vitamin C yang menjadi perpaduan yang baik dengan karbohidrat untuk mengembalikan sumber energi yang hilang.

Vitamin C pada buah duku sebanding dengan rasanya yang segar, Oleh karena itu. Cobalah mengkonsumsi beberapa buah duku ketika anda mengalami sedikit kelelahan beraktivitas. Rasanya yang segera dapat digunakan sebagai terapi mengembalikan stamina yang berkurang selain kandungan karbohidrat dan Vitamin C pada buah duku.

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Gigi


Apa hubungannya mengkonsumsi buah duku dengan kesehatan gigi? ternyata kandungan fosfor pada buah duku dapat membantu menguatkan gigi dan gusi agar tetap sehat, bebas resiko penyakit gusi akibat bakteri. Tetapi jangan berharap dengan mengkonsumsi buah duku penyakit gigi dan gusi anda akan segera sembuh, mengingat dalam 1 kg buah duku hanya mengandung fosfor 90mg saja. Namun tetap saja kandungan fosfor pada buah duku akan membantu mencegah kerusakan gigi dan gusi Anda.

Manfaat Buah Duku untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi?


Sebagian banyak dari beberapa referensi yang beredar menyebutkan bahwa buah duku dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Entah dari mana sumber aslinya, namun jika itu memang benar adanya maka mengkonsumsi buah duku bagi penderita hipertensi adalah tindakan yang tepat. Namun perlu diingat segala pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit terutama hipertensi lebih baik dikonsultasikan dengan dokter ahli terlebih dahulu.

Namun demikian sekiranya tidak salah mengkonsumsi buah-buahan karena buah adalah satu karunia Tuhan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dengan segala manfaat didalamnya, salah satunya melalui buah duku ini.

Manfaat Buah Duku dalam Membantu Menjaga Kesehatan Tulang


Didalam buah duku memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan mencegah tulang keropos. meskipun banyak buah lain selain buah duku yang memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang lebih tinggi, namun buah duku tetap menjadi buah favorit karena orang suka dengan rasanya yang manis dan menyegarkan.

Untuk manfaat buah duku bagi ibu hamil, kandungan kalsium pada buah duku sangat baik untuk membantu pembentukan tulang pada janin yang dikandung.

Manfaat Buah Duku sebagai Obat


Meskipun tidak banyak penelitian medis mengenai manfaat buah duku untuk pengobatan, namun sejak zaman dahulu nenek moyang kita menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengobatan, salah satunya dari manfaat buah duku untuk pengobatan.

Dalam memanfaatkan buah duku sebagai pengobatan, yang diambil bukan dari daging buahnya, melainkan dari kulitnya. Ternyata dengan pengolahan tertentu kulit buah duku dipercaya dapat mengobati beberapa gangguan kesehatan seperti berikut:

Manfaat Kulit Buah Duku untuk Mengusir Nyamuk


Kulit buah duku dipercaya dapat dijadikan obat pengusir nyamuk. Jika ingin mencobanya, Anda dapat menggunakan kulit buah duku yang sudah kering kemudian dibakar untuk mengusir nyamuk yang mengganggu. Namun hati-hati ketika membakar kulit buah duku. Sebisa mungkin jauhkan dari jangkauan anak-anak, karena setidaknya yang namanya “dibakar” biasanya akan menghasilkan gas karbondioksida hasil pembakaran yang tentunya akan membahayakan bagi kesehatan .

Manfaat Biji Buah Duku untuk Mengobati Cacingan


Ketika mengkonsumsi buah duku banyak dari kita yang menyisakan bijinya dan membuangnya karena rasanya yang pahit dan tidak enak kalau tergigit. Namun ternyata biji buah duku dipercaya dapat membantu mengobati cacingan secara alami.

Manfaat biji buah duku untuk mengobati cacingan dapat dijadikan obat alternatif selain obat yang didapatkan dari dokter atau apotek. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa biji buah duku yang sudah dicuci bersih sampai halus, kemudian tinggal dicampurkan saja dengan air yang mengandung sedikit gula agar tidak meninggalkan rasa pahit, atau bisa dicampur dengan susu.

Demikian penjelasan beberapa manfaat buah duku yang dapat diambil jika dikonsumsi secara rutin namun tidak berlebihan.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply