Babies /Kids

Inilah Makanan yang Boleh Dimakan Anak Usia Satu Tahun

Jangan Lupa Share ya

Makanan yang dikonsumsi oleh anak yang baru berusia satu tahun memiliki peran yang sangat penting dalam fase tumbuh kembangnya. Pada tahun pertama, si kecil akan memiliki kecepatan pertumbuhan yang sangat mengagumkan. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus mengimbanginya dengan memberikannya makanan yang tepat.

Ketika si kecil menginjak usia satu tahun, maka sudah saatnya untuk diberikan makan tiga kali sehari dan bisa juga diselingi dengan memberikannya camilan di antara waktu-waktu tersebut.

Kamu bisa mulai mengenalkan si kecil dengan makanan padat sebagaimana yang dikonsumsi oleh orang dewasa. Akan tetapi, makanan padat tersebut harus kamu berikan dalam bentuk yang mudah untuk dikunyah, ditelan, dan dicerna oleh sistem pencernaan anak. Oleh karenanya, potong-potonglah makanan tersebut dalam ukuran kecil bahkan jika perlu kamu juga bisa mencincangnya.

Berikanlah si kecil makanan yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuhnya. Kamu bisa memberinya susu sapi dan madu jika usianya sudah menginjak satu tahun. Selain itu, kamu juga sudah bisa memperkenalkan jenis makanan yang lainnya seperti olahan kacang, telur, biji-bijian, dan juga ikan. Jika dalam keluargamu terdapat riwayat alergi, maka kamu harus memilah-milah jenis makanan yang akan kamu berikan pada si kecil. Berikut ini beberapa makanan yang boleh dimakan oleh anak yang baru berusia satu tahun.

Inilah Makanan yang Boleh Dimakan Anak Usia Satu Tahun

Nasi coklat

Jika dibandingkan dengan nasi putih, maka nasi coklat memiliki lebih banyak kandungan vitamin B, mineral dan protein. Nasi coklat ini juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat diserap tubuh lebih lama. Hal ini akan menjadikan kadar glukosa dalam darah sebagai sumber energi siap pakai yang lebih stabil.

Ubi

Ubi merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C dan fitokimia yang sangat banyak. Fitokimia merupakan senyawa yang salah satunya berfungsi sebagai benteng bagi tubuh terhadap serangan dari berbagai macam penyakit.

Daging ayam

Kebaikan dari daging ayam adalah jumlah lemak yang sedikit jika dibandingkan dengan daging merah. Akan tetapi, jumlah lemak pada kulit ayam sangatlah banyak jika dibandingkan dengan berbagai jenis daging yang lainnya.

Daging merah

Di dalam daging merah terkandung zat besi yang berperan penting dalam pertumbuhan anak yang baru berusia satu tahun. Terlebih lagi, zat yang satu ini tersedia dalam keadaan yang sangat siap untuk diserap oleh tubuh.

Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti protein rendah lemak, selenium, kalsium serta magnesium. Ikan sangat baik dalam memerangi radikal bebas dan dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh

Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayur yang mengandung betakaroten dalam jumlah yang besar. Betakaroten yang terdapat dalam wortel tersebut akan dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung salah satu pigmen antioksidan yang mampu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu sumber utama dari vitamin C. Vitamin ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses penyerapan zat besi oleh tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memberi si kecil jeruk setelah makan.

Sayuran berwarna terang

Fitokimia yang terkandung dalam sayuran yang berwarna terang dapat membantu mencegah kemunculan berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung coroner.

Cegah Anak Menjadi Pemilih Makanan

Sebenarnya dalam memberikan anak yang baru berusia satu tahun makanan, bisa dibilang gampang dan juga susah. Bisa jadi sangat gampang karena saat ini sudah ada banyak sekali jenis makanan yang bisa kita berikan pada anak. Akan tetapi, akan menjadi susah jika anak susah makan dan cenderung memilih-milih makanan.

Namun, anak yang terlalu suka makan terutama makanan manis juga dapat menjadi masalah karena memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mengalami obesitas. Untuk menyiasatinya, ini lah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk lakukan.

Orang tua adalah contoh

Anak akan mencontoh pola makan orang tua. Oleh karena itu, pola makan orang tua juga harus teratur. Sebaiknya anak diberi makan pada waktu yang sama dengan waktu makan keluarga. Selain itu, pastikan menu makan yang dikonsumsi anak sama dengan menu yang dikonsumsi oleh orang tuanya.

Jangan selalu menuruti anak

Biasanya akan akan meminta makanan meski pun sebenarnya mereka tidak lapar. Oleh karena itu, alihkan perhatian mereka dengan hal lain agar anak tidak terus-menerus makan. Sebagai alternatif, berikan pilihan makanan lain yang menarik agar anak tidak menjadi pemilih.

Variasikan bentuk makanan

Makanan yang dibuat secara variatif akan membuat anak-anak lebih tertarik untuk mencicipi makanan tersebut. Makanan yang dibuat secara bervariasi akan membuat anak tidak mudah merasa bosan.

Buat anak terlibat

Untuk meningkatkan minat akan terhadap makanan, maka kamu bisa mengajaknya untuk ikut menyiapkan makanan bersama.

Itulah beberapa makanan yang boleh dikonsumsi oleh anak yang baru berusia satu tahun. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply