Beauty & Health

Inilah Makanan Ampuh yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol adalah salah satu penyakit yang tibul akibat seseorang tidak menjaga pola makan dan pola hidupnya. Jika kolesterol ini dibiarkan, maka penyakit ini akan menjadi penyebab timbulnya penyakit lain yang lebih parah.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga kadar kolsterol yang ada di dalam tubuh dan tidak akan mengganggu kesehatan kita. Anggapan yang beredar di masyarakat yang menyebutkan bahwa penyakit ini hanya bisa diderita oleh orang yang sudah tua adalah salah. Faktanya, banyak orang yang masih berusia muda yang juga terkena penyakit ini.

Saat ini, sudah banyak wanita muda yang terkena kolesterol. Mereka biasanya akan merasakan pegal yang teramat sangat pada beberapa bagian tubuhnya dan umunya mereka tidak menyadari bahwa mereka terkena kolesterol. Tetapi, setelah mereka melakukan pengecekan lebih mendalam, ternyata kadar kolesterol dalam tubuh mereka sangatlah tinggi. Hal ini akan sangat membahayakan kesehatan apabila terus dibiarkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan pernurun kolesterol. Berikut adalah makanan penurun kolesterol yang sebaiknya Anda ketahui :

Makanan Ampuh yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat
Bayam
Bayam merupakan salah satu satu sayuran yang mengandung lutein yang dipercaya dengan sangat baik bagi kesehatan mata. Selain itu, bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung serta bisa jug melindungi jantung agar terhindar dari lemak yang ada di pembuluh darah. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi yang ada di dalam tubuh kita. Kamu bisa memakan bayam secara rutin agar kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh kamu dapat menurun.

Buncis
Sayuran yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi lainnya adalah buncis. Sayuran ini mengandung lemak dalam kadar yang rendah atau juga mengandung lemak jenuh ganda. Selain itu buncis juga adalah makanan yang berfungsi sebagai sumber karbohidrat, hal inilah yang dibutuhkan oleh para penderita penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi jus buncis sebanyak satu gelas dalam sehari, kamu bisa mengendalikan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kamu.

Kedelai
Untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, kamu juga bisa mengonsumsi kedelai. Kedelai merupakan salah satu jenis makanan yang terkandung dalam susu kedelai, tahu, atau tempe yang biasanya dijadikan sebagai salah satu makanan penurun kadar kolesterol dan hal itu pun sudah terbukti ampuh. Hal ini disebabkan karena kedelai mengandung banyak osiflavin yang berfungsi untuk bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi yang ada di dalam tubuh.

Beras Merah
Kandungan magnesium, selium, vitamin B dan fitonutrien dalam beras merah dapat membantu menurukan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Beras merah bisa kamu konsumsi untuk menurunkan lemak yang ada di dalam darah. Kandugan serat beras merah yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Gandum
Makanan yang terbukti dapat menurunkan kolesterol adalah gandum. Gandum adalah sebuah sereal yang memiliki nilai gizi yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol trigiserida dalam darah dan bisa mengatur kadar gula yang ada dalam darah. Gandum merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin agar kada kolesterol yang ada dalam tubuhmu dapat segera berkuarang.

Biji Bunga Matahari
Kandungan sterol yang ada pada kuaci sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kamu.

Selain sayuran, kamu juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dan betakaroten. Berikut adalah buah-buahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Alpukat
Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung lemak tidak jenuh tunggal. Jenis lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol atau HDL serta dapat menurunkan kadar koesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Buah alpukat juga memiliki kandungan beta sterol yang merupakan salah satu jenis nabati yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang telah diserap oleh tubuh.

Anggur
Buah anggur dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah serta bisa juga menangkal adanya kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Buah ini memiliki kandungan serat yang sangat banyak serta mempunyai zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Tomat
Tomat merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung likopen yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, tomat juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit maag kronis dan akan membuatnya lebih baik.

Mangga
Buah mangga merupakan buah yang mengadung banyak serat prebiotic sehingaa buah ini mempu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Selain serat ini, buah mangga uga mengandung vitamin C yang dapat mecegah kolesterol untuk teroksiasi sehingga penumpukan plak dalam pembuluh darah dapat dihindari.

Demikian pembahasan mengenai makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara ampuh. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply