Hobby

Inilah Hal Jitu untuk Tahu Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Mungkin di antara kamu masih ada yang kesulitan dalam membedakan antara Cucak Ijo jantan dan betina, terlebih saat masih bakalan. Burung Cucak Ijo sendiri belakangan memang sangat digemari oleh para pecinta burung, baik itu untuk menjadi master, lomba atau hanya untuk menghiasi rumah. Tak hanya faktor harga yang terjangkau, mereka menyukai jenis burung ini karena Cucok ini sangat mudah untuk mengeluarkan kicauan yang merdu.

Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Banyak sekali dari orang yang mengecek atau pun meneliti jenis kelamin Cucak Ijo sebelum membeli. Ketelitian dalam membeli nantinya akan berpengaruh pada mental, jenis dan tipe suara serta kontes atau lomba yang akan diikuti. Meski akan sedikit sulit untuk membedakan jenis kelamin Cuco Ijo ini pada saat masih bakalan, namun jika kamu jeli pasti mudah membedakannya.

Jika niat kamu untuk membeli burung yang satu ini adalah diadu dan juga didengarkan suaranya, maka kamu harus lebih selektif dalam memilih burung Cucak Ijo yang benar.

Unggul Cucak Ijo Jantan atau Betina?

Bila dilihat dari suara, burung Cucak Ijo memang sama-sama indah, hanya saja suara Cucak Ijo jantan terbilang lebih indah. Sebab Cucak Ijo jantan suara kicauannya lebih merdu dan ngentrok. Sementara buruong Cucak Ijo betina tak bisa berkicau seperti yang diharapkan. Nah supaya lebih mudah, kamu akan diberikan sejumlah infromasi supaya bisa membedakan Cucak Ijo jantan dan betina:

Lingkar Mata

Burung Cucak Ijo yang sudah berusia tua atau dewasa umumnya akan tampak lebih jelas perbedaannya di bagian lingkar mata. Cucak Ijo jantan biasanya punya bulatan lingkaran mata yang berwarna kuning tegas. Sementara Cucak Ijo betina umumnya punya lingkar mata yang berwarna putih.

Pupil Mata

Bila kamu lihatnya secara lebih teliti, di bagian mata burung Cucak Ijo ini kamu akan melihat lingkaran gelap di bagian bola matanya. Dari lingkaran gelap tersebut kamu bisa melihat perbedaan antara burung Cucak Ijo betinda dan jantan. Apabila pupil yang dimiliki burung hitam kecoklatan, maka itu adalah Cucak Ijo Betina, namun jika pupilnya terlihat hitam jernih maka itu adalah Cucok Ijo jantan.

Paruh Bawah

Paruh bawah juga bisa menjadi penanda bahwa Cucak Ijo tersebut betina atau jantan. Cucok Ijo janten biasanya berwarna cokelat gelap. Sementara burung Cucak Ijo yang betina mempunyai paruh bawah berwarna putih bersih.

Tulang Supit / Tulang Urang

Biasanya tulang supit yang keras dan kaku dimiliki oleh Cucak Ijo jantan. Sementara jika tulang supit agak lentur dan jika diperhatikan agak tergeser ke kiri atau ke kanan, maka itu Cucak Ijo betina.

Leher

Saat burung Cucak Ijo telah menginjak usia 4 sampai 6 bulan, maka warna leher Cucak Ijo betina biasanya terlihat kuning. Namun seiring dengan berjalannya waktu, warna kuning tersebut akan berubah menjadi putih kehijauan. Sementara untuk Cucak Ijo jantan, warna lehernya terlihat kuning saat bakalan dan lama kelamaan berubah menjadi warna hitam.

Sisik Kaki

Jika memasuki usia remaja kakinya bersisik, maka itu adalah Cucak Ijo seperti ada trotol atau bintik hitam. Sementara untuk Cucak Ijo betina yang bersisik tak punya bintik hitam.

Tes DNA Akurat 99%

Ini merupakan cara yang paling cepat untuk membedakan Cucak Ijo betina dan jantan. Kamu bisa menggunakan darah atau pun bulu, bahkan keakuratannya bisa mencapai 99%. Untuk itu tidak akan ada lagi keraguan apabila tes DNA tersebut menunjukkan jika burung Cucak Ijo tersebut betina atau jantan.

Itulah sedikit perbedaan antara Cucak Ijo betina dan jantan yang harus kamu ketahui. Ciri-ciri di atas memang harus diperhatikan dengan cara seksama, sebab tidak mudah membedakannya. Untuk itu, kamu harus memeriksanya secara teliti, jangan sampai karena keadaan terburu-buru kamu salah memilih Cucak Ijo yang kamu inginkan.

Selain itu jika kamu sudah membelinya, jangan lupa untuk merawatknya dengan baik. Burung Cucak Ijo sendiri merupakan burung pemakain serangga dan buah. Untuk itu tidak ada alasan kamu menelantarkannya karena pada kenyatannya untuk memelihara burung yang satu ini sangatlah mudah. Dengan pemeliharaan yang baik, mungkin saja Cucak Ijo kesayangan kamu bisa memenangkan berbagai lomba karena suaranya yang merdu, jika sudah begitu harga dari burung Cucak Ijomu pun akan meningkat derastis.

Mungkin itu saja informasi yang bisa disampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu sehingga tidak salah dalam memilih. (elevenia)

Leave a Reply