Beauty & Health

Inilah Daftar Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Jangan Lupa Share ya

Tahukah Anda, bahwa apa yang Anda makan tidak hanya berpengaruh terhadap energi tubuh. Tetapi, makanan yang dikonsumsi bisa berpengaruh terhadap daya konsentrasi otak. Nyatanya, makanan yang di konsumsi dapat berdampak pada aliran darah sekaligus oksigen yang menuju otak.  Sehingga makanan tersebut sangat mempengaruhi lama atau tidaknya Anda bisa tetap fokus dalam menjalankan aktivitas keseharian. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan konsentrasi. Apa saja makanan tersebut? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Pentingnya makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengapa demikian? karena tubuh membutuhkan banyak nutrisi agar tubuh mempunyai banyak energy. Karena pada dasarnya manusia selalu dibebani oleh banyaknya kegiatan. Coba saja bayangkan jika tubuh manusia tidak menerima asupan nutrisi, sudah bisa dipastikan tubuh menjadi lemas dan kurang tenaga. Seperti halnya ketika seseorang konsentrasinya menurun, maka makanan untuk meningkatkan konsentrasi sangat dibutuhkan.

Makanan yang bisa meningkatkan konsentrasi

Nah, bagi Anda yang mudah kehilangan fokus dalam beraktivitas, kurang konsentrasi saat pelajaran dan lain sebagainya. Sangat disarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai. Karena disini akan dibahas makanan untuk meningkatkan konsentrasi yang bisa ditemukan di lingkungan dengan mudah. Diantaranya:

  1. Cokelat hitam

Menurut salah satu penelitian, mengemukakan bahwa mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung 60% kakao dapat membantu otak untuk lebih waspada dan penuh perhatian. Selain itu, orang yang setiap harinya meminum dua cangkir cokelat selama sebulan, bisa mengalami perbaikan aliran darah yang menuju ke otak. Sehingga dalam tes memori, otak mempunyai kinerja yang lebih baik. bahkan, mengkonsumsi cokelat hitam kadar serotonin dan endorphin bisa meninglat yang berperan dalam meningkatkan tingkat konsentrasi otak.

  1. Pisang

Siswa yang sebelum ujian mengkonsusi buah pisang, mempuyai kinerja otak yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak mengkonsumsi pisang. Di dalam pisang mengandung potassium. Potassium ini merupakan mineral yang penting di dalam pisang. Mineral ini bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung Anda.

  1. Telur

Telur mengandung asupan omega-3 yang berguna untuk meningkatkan kinerja otak, termasuk dalam daya ingat, meningkatkan kefokusan, dan juga bisa menjaga suasana hati. Selain omega-3, telur juga mengandung kolin yang bisa membantu menjaga selaput otak agar tetap sehat.

  1. Ikan salmon

Di dalam Ikan salmon terdapat kandungan asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 ini bisa membantu sel-sel otak semakin berkembang. Selain itu, kandungan ini juga bisa memperlambat penurunan kognitif, dan juga dapat memperkuat sinapsis di otak Anda. ikan salmon juga mengandung protein yang bisa menjaga otak tetap fokus ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Teh hijau

Kandungan alami kafein yang terdapat pada teh hijau bisa membantu untuk meningkatkan konsentrasi. Tetapi kafein yang terdapat pada teh hijau lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Selain itu, teh  hijau juga mengandung asam amino theanine. asam theanine ini terbukti bisa meningkatkan fokus atau daya konsentrasi otak.

  1. Blueberry

Orang yang minum secara rutin jus blueberry selama dua bulan, kinerja mereka akan semakin meningkat pada saat tes belajar dan meningkatkan memori secara signifikan. Blueberry mengandung antioksidan yang bisa membantu meningkatkan memori dengan mengaktifkan enzim pelindung otak.

  1. Alpukat

aliran darah sangat berperan penting untuk organ tubuh, terutama bagi jantung dan otak. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi alpukat agar aliran darah ke otak semakin meningkat. Selain itu, Alpukat juga mengandung 11 sampai 17 gram serat per buah. Serat yang ada pada alpukat ini memberi rasa kenyang lebih lama.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung antioksidan dan karotenoid yang sangat tinggi dan berguna untuk meningkatkan kemampuan daya otak. Daun pada sayuran hijau dapat membantu meningkatkan memori, fokus, dan kesehatan fungsi otak secara menyeluruh karena mengandung banyak vitamin B. selain itu, sayuran hijau juga mengandung asam folat yang baik yang berfungsi untuk meningkatkan mental Anda.

  1. Ikan

Omega-3 pada lemak atau minyak ikan dalam ikan, dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Hal ini dikarenakan jika kurang mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3, bisa memperburuk otak mengolah memori, mental, dan emosi. Ikan yang mengandung banyak omega-3 yaitu salmon, trout, mackerel, herring, dan sarden.

Demikian ulasan tentang daftar makanan untuk meningkatkan konsentrasi. Bagaimana, daftar-daftar makanan tersebut sangat mudah didapatkan, kan? Karena hidup sehat memang mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply