Uncategorized

Inilah Contoh Simpati dalam Kehidupan Sehari-hari

Jangan Lupa Share ya

Kita mungkin sering mendengar istilah simpati ini, jadi menurut kamu apa sih definisi simpati itu? Apabila kita mengacu kepada definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simpati dapat diartikan sebagai rasa kasih atau rasa suka terhadap seseorang atau sesuatu. Dalam kehidupan sosial, rasa simpati itu akan sangat penting, karena simpati akan menentukan proses interaksi yang terjadi di dalam suatu masyarakat.

Apa sih Simpati itu?

Simpati dapat diartikan juga sebagai sikap peduli terhadap orang lain dalam keadaan atau dalam kejadian tertentu. Sadar atau tidak kamu pasti pernah merasa simpati terhadap orang lain. Itu artinya bahwa kamu masih peduli kepada seseorang tersebut. Simpati selalu berhubungan dengan perasaan seseorang. Seseorang yang sedang bersimpati terhadap seseorang karena kejadian tertentu tentu saja ada sesuatu yang terjadi di dalam perasaannya.

Nah guys, bisa tidak kamu sebutkan apa saja contoh simpati dalam kehidupan sehari-hari? Jika belum bisa, kami akan menunjukkan beberapa contoh simpati dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kamu tahu.

Contoh Simpati dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah mengetahui definisi dari simpati, kamu tentu saja harus tahu contoh simpati dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan kamu mungkin pernah melakukannya, namun mungkin kamu tidak tahu bahwa apa yang kamu lakukan tersebut merupakan bentuk dari simpati. Supaya lebih jelas, inilah contoh simpati dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Memberikan ucapan kegembiraan, seperti selamat atau sejenisnya kepada orang yang sedang menerima kebahagiaan. Biasanya ucapan tersebut diberikan untuk orang yang sedang ulang tahun, menikah, juara kelas, juara dalam suatu lomba, atau bisa juga diucapkan untuk seseorang yang telah menyelesaikan pendidikannya.
  2. Memberikan ucapan rasa sedih atau bela sungkawa kepada teman, saudara, atau tetangga yang sedang ditimpa musibah. Misalkan saja seseorang tersebut terkena sakit, pencurian, perampokan, atau mungkin salah satu dari keluarganya meninggal dunia, maka kita dapat memberikan ungkapan rasa sedih untuk mengekspresikan perasaan sedih kita juga.
  3. Memberikan bantuan terhadap korban bencana juga merupakan contoh simpati. Apabila terjadi bencana di suatu daerah tertentu kita dapat menunjukkan rasa simpati kita itu dengan memberikan sedikit bantuan kepada mereka. Bantuan tersebut pastinya akan sangat bermanfaat untuk mereka, karena bencana biasanya akan menyebabkan seseorang kehilangan harta benda, bahkan nyawa juga. Untuk mengurangi beban mereka kita dapat ikut andil berupa pemberian bantuan kepada mereka.
  4. Menolong orang yang kesusahan juga termasuk dalam contoh simpati. Misalkan saja, tetangga atau saudara sedang memiliki hajatan, mereka pasti tidak akan dapat menyelesaikan pekerjaannya sendiri tanpa bantuan orang lain, sehingga kamu tentu saja harus membantunya.
  5. Contoh simpati dalam kehidupan sehari-hari lainnya, yaitu membantu memecahkan masalah. Misalkan saudara, teman, tetangga, atau orang yang kamu kenal sedang memiliki masalah tertentu, kamu dapat menunjukkan rasa simpati kamu dengan membantunya berpikir untuk memecahkan masalah yang sedang ia hadapai. Cukup sederhana, namun tidak banyak dilakukan orang.
  6. Menghibur teman yang sedang tertimpa musibah atau masalah, apabila kita tidak bisa membantunya memberi materi atau sejenisnya kita dapat menunjukkan rasa simpati kita kepada orang lain dengan menghiburnya ketika ia sedang memiliki masalah. Kita harus membuat dia happy dan memberikannya semangat. Tidak hanya tentang materi saja, simpati juga dapat kita tunjukkan dalam wujud yang lain, misalkan seperti hiburan atau semangat itu tadi.
  7. Apabila kita mampu untuk membantu seseorang yang kesulitan ekonomi dalam bentuk materi, kita juga dapat melakukannya. Kita dapat memberikan beberapa bantuan materi kepadanya. Namun, ingat sekali lagi, bahwa simpati bukan hanya tentang materi, tetapi lebih jauh dari itu. Materi hanya sebagai salah satu bentuk untuk mengekspresikan rasa simpati kita terhadap seseorang atau sesuatu.
  8. Rasa simpati tidak hanya dengan sesama manusia saja, namun juga dengan hewan, tumbuhan atau dengan alam. Kita harus menunjukan rasa simpati kita kepada alam, yaitu dengan mencintai lingkungan dan alam. Bahkan, saking cintanya dengan alam, ada yang mengibaratkan alam seperti ibu, ia harus dijaga dan tidak boleh disakiti.

Apabila kita melihat fenomena eksploitasi alam yang banyak terjadi beberapa tahun ini, kita akan seperti melihat tidak ada rasa simpati manusia terhadap alamnya. Alam diperas dan dieksploitasi semau-maunya, tidak mempedulikan dampak-dampak yang mungkin akan terjadi akibat eksploitasi alam yang berlebihan tersebut.

Inilah contoh simpati dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kamu tahu guys. Nah sekarang sudah tidak penasaran lagi kan? Kamu pasti pernah melakukan beberapa hal tersebut kan?

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply