Mother & Baby

Inilah Cara Mengurangi Berat Badan saat Hamil

Jangan Lupa Share ya

Memiliki berat badan yang berlebih tentu bukanlah keinginan semua orang bukan, apalagi itu adalah wanita. Namun, tak bisa di pungkiri jika wanita akan mengalami perubahan bentuk tubuh pada saat hamil dan setelah melahirkan apalagi jika tak bisa merawat tubuh pastinya berat badan tidak bisa kembali seperti dulu lagi.

Apakah Anda pernah mendengar jika wanita hamil bisa melakukan diet? Sebenarnya melakukan aktivitas diet pada saat hamil itu sama sekali tidak di sarankan pada dunia medis, bahkan untuk wanita gemuk yang tengah hamil harus memakan banyak makanan agar berat badan naik untuk makanan si bayi di dalam perut ibu. Walaupun seperti itu, ternyata ada banyak yang bisa di lakukan untuk bisa menjaga berat badan pada saat hamil tanpa harus mengganggu asupan nutrisi yang di berika kepada jabang bayi. Bagaimana caranya? Simak penjelasan cara mengurangi berat badan saat hamil berikut ini:

Pilihlah jenis makanan yang sehat

Anda perlu memerhatikan makanan jika Anda adalah seorang wanita ayang tengah hamil. Pada saat hamil memang membuat makanan apa saja ingin kita lahap bukan? Namun tunggu dulu, jangan sampai makanan yang Anda lahap ini bisa membuat berat badan Anda naik secara drastic padahal Anda sudah mendapatkan berat badan yang bertambah pada saat hamil. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang sehat seperti yang mengandung cukup protein, kalsium, serat dan juga karbohidrat dan juga penuhi setengah porsi makanan dengan sayuran atau buah.

Pilih menu sarapan yang tepat

Bagi wanita yang tengah hamil dan ingin menurunkan berat badannya maka akan lebih baik jika sarapan mengkonsumsi makanan yang tidak berat seperti telur, buah dan juga sayuran. Kemudian untuk malam hari pilihlah makanan yang sehat seperti sayuran dan juga susu. Ibu hamil sangat di sarankan untuk sarapan makanan yang mengandung serat, karbohidrat dan juga protein agar kuat melakukan aktivitas sepanjang hari. Anda bisa mengkonsumsi roti gandung yang memiliki kandungan karbohidrat yang jauh lebih tinggi dari pada biji- bijian. Bagaimanapun makanan yang banyak mengandung serat itu akan lebih membantu mengontrol berat badan dan bisa membantu masalah pencernaan.

Hindari makanan berlemak

Kemudian hindari makanan yang mengandung makanan yang banyak dengan minyak karena di dalam minyak terdapat lemak dan karbohidrat yang cukup tinggi dan cara menurunkan berat badan saat hamil ini sering kali di pakai oleh banyak ibu hamil. Makanan yang seperti ini dapat mengakibatkan saluran cerna yang sangat berat dan meningkatkan risiko kegemukan. Apalagi wanita hamil memang tidak boleh mengkonsumsi makanan yang berlemak apalagi jika makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang nantinya tidak hanya membahayakan ibu namun juga bayi yang ada di dalam kandungan.

Kurangi makanan berkalori

Kalori memang sangat di butuhkan oleh tubuh. Namun, jika Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki jumlah kalori yang tinggi dapat menimbulkan berat badan terus bertambah. Oleh karena itu, akan lebih baik jika penderita obesitas lebih mengurangi makan dengan jumlah kalori yang sedikit. Nah, untuk itulah Anda bisa mengkonsumsi beberapa sayuran dan buah seperti jeruk dan buah- buah segar lainnya untuk menambah nutrisi dalam tubuh dan bayi Anda.

Mengonsumsi makanan ringan yang sehat

Wanita hamil memang sangat suka sekali ngemil bukan, apalagi jika saat sedang santai sambil bermain ponsel dan menonton tv maka ngemil menjadi salah satu kesukaan ibu hamil. Nah, untuk wanita hamil yang ingin menurunkan berat badan bisa memakan makanan ringan. Namun, pastikan jika makanan ringan yang di makan memiliki kandungan banyak nutrisi dan untuk makanan penutupnya adalah makanan yang mengandung gula dan lemak susu.

Melakukan olahraga secara rutin

Cara yang selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Kata siapa wanita hamil tidak bisa melakukan olahraga?. Padahal nyatanya dengan melakukan olahraga akan bisa membantu wanita hamil lebih mudah melahirkan nantinya. Akan tetapi, perlu di ketahui jika wanita hamil hanya boleh melakukan olahraga ringan dan jangan memilih olahraga yang bisa membuat perut nyeri. Olahraga yang bisa di lakukan oleh wanita hamil adalah berjalan santai, berenang, senam ibu hamil dan juga bersepeda santai.

Nah, demikianlah sekilas info mengenai cara menurunkan berat badan saat hamil untuk Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply