Gadget /Komputer

Inilah Cara Menghapus Dual Boot yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Jangan Lupa Share ya

Bagi sebagian orang yang sudah populer dengan dunia software dan juga computer, maka tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya dual boot. Anda yang menekuni dunia windows dan hal-hal yang berkaitan dengannya tentu harus mengenal makna dan fungsi dari istilah ini. Namun, ada kalanya seseorang membutuhkan cara untuk menghapus dual boot ini saat ia sudah tidak diperlukan lagi. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, berikut ini akan diulas tentang cara menghapus dual boot yang mudah dan praktis untuk dijadikan sebagai bahan rujukan.

Apa Itu Sistem Dual Boot?

Sistem Dual Boot merupakan sistem pada komputer yang memiliki dua jumlah sistem operasi yang dipasang pada bagian hardisk yang sama. Serta membenarkan salah satu jenis sistem operasi yang dimasukkan untuk mengawal jalannya komputer saat komputer tersebut dihidupkan. Sesudah itu, boot program akan menunjukkan menu dan kemudian mempersilahkan Anda memilih jenis sistem operasi manager yang bisa memuat keseluruhan sistem operasi yang terdapat pada komputer Anda.

Sejauh ini ada cukup banyak jenis boot program yang terkenal misalnya saja LILO, Sistem Comander, serta Partition Magic. Gabungan secara bersamaan dari sistem operasi yang dipakai pada sistem dual boot termasuk di di dalamnya adalah Linux dan juga Windows NT serta Windows 98 dengan cara memasangkan satu windows tersebut secara bersamaan dengan jenis bahasa yang berbeda. Misalnya saja jenis bahasa Spanyol. Sejak dua jenis sistem operasi diperbolehkan untuk dipasang dengan dua atau lebih kompiter, maka istilah dari multiboot menjadi tidak sering dipakai.

Alasan Menggunakan Dual Boot

Ada beberapa hal yang menjadi alasan penggunaan dual boot ini. Berikut ulasan ringkasnya.

  • Saat hendak mencoba jenis sistem operasi yang baru

Anda yang ingin mencoba jenis sistem operasi baru, maka cara yang terbaik adalah dengan menggunakan dual boot. Karena itulah sistem dual boot diaktifkan. Jika perisian yang baru dikeluarkan, Anda akan memiliki cara untuk bisa memiliki bug atau sejenis keserasian dengan kedua alat dan isinya. Dengan menggunakan dual boot, Anda selanjutnya akan memiliki cara untuk tahu mengenai adanya sistem operasi yang baru dan akan melakukan kerja sama dengan set up nya yang dulu tanpa harus melakukan konfigurasi dual boot nya. Ini tentu memberikan manfaat tersendiri kepada jaringan komputer Anda yang hendak mencari sistem operasi yang baru.

  • Untuk mencoba kecocokan

Selain memasang sistem operasi yang baru, dual boot biasanya juga digunakan untuk mencoba suatu kecocokan. Seseorang biasa mengetahui kecocokan program yang ditunjukkan oleh komputer dengan memakai dual boot. Misalnya Anda boleh melakukan proses run program dengan langkah pemasangan untuk memastikan bahwa ia memiliki keserasian dengan kedua sistem tersebut sebelum terlanjur menonaktifkan setup sebelumnya.

  • Menyambungkan Multi User

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, dual boot juga bermanfaat untuk para pengguna yang berbeda. Misalnya saja di rumah Anda bisa memastikan bekerja tidaknya file yang telah di download oleh anak-anak Anda. Atau misalnya Anda memiliki sistem Mac dan juga PC di rumah. Dengan menggunakan dual boot keduanya bisa berjalan bersamaan untuk pengguna yang berbeda.

Cara Menghapus Dual Boot Praktis dan Mudah

Nah, jika suatu saat Anda ingin menghapus sistem dual boot Anda karena alasan sudah tidak diperlukan lagi sistem operasinya, maka sebaiknya Anda memakai sistem yang tepat. Nah, cara yang tepat untuk menghapus dual boot tersebut adalah dengan masuk ke windows. Di sini Anda bisa memulai penghapusan dengan cara menghapus terlebih dahulu partisi linux melalui disk managemen. Tujuannya untuk menghilangkan default book linux.

  • Langkah pertama untuk menghapus dan menghilangkan dual boot adalah dengan log in terlebih dahulu ke sistem operasi windows.
  • Selanjutnya Anda harus masuk ke computer management.
  • Dan terakhir adalah disk managemen. Di sini Anda harus menghapus partisi linuxnya dengan memiliki klik kanan lalu delete volume.
  • Sesudah Anda berhasil menghapus partisinya, maka akan menjadi unallocated
  • Sesudah itu, usahakan untuk tidak langsung merestrart windows melainkan download terlebih dahulu aplikasi EasyBCD. Ini untuk mengembalikan bootnya kepada windows.
  • Baru sesudah dijalankan Anda bisa merestart windows.

Demikianlah uraian tentang cara menghapus sistem dual boot yang bisa Anda lakukan dengan simple dan mudah. Dengan memahami berbagai langkah di atas, Anda akan lebih mudah dan tidak perlu bingung lagi mengenai cara untuk menghapus sistem dual boot Anda. Semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply