Gadget /Komputer

Inilah Cara Mendapatkan Uang dari YouTube yang Harus Kamu Tahu

YouTube merupakan platform membagikan video terbesar saat ini. Tidak heran jika banyak orang memanfaatkan YouTube untuk memperoleh pundi-pundi uang. Yang mereka lakukan tentu saja mengupload video menarik ke YouTube agar banyak orang menyukainya. Tapi sayangnya tidak segampang itu. Banyak hal yang harus diperhatikan agar bisa menghasilkan uang dari YouTube. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini:

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Membuat YouTube Channel

Langkah yang satu ini tentu merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Buatlah akun YouTube. Kamu bisa menggunakan akun Google kamu sehingga tidak harus mengisi form dari awal. Kemudian, buatlah channel YouTubemu. Pikirkan dengan baik nama yang menarik untuk channelmu. Selain itu, pikirkan juga konsep yang akan dibuat. Bagaimana tema dan kharakter channelmu dibandingkan dengan channel sejenis lainnya.

Monetisasi YouTube Channel

Untuk monetisasi akun YouTube Channel sangatlah mudah, kamu tinggal sign in kea kun YouTubemu. Selanjutnya arahkan kursor ke menu “account information” yang terdapat di pojok kanan atas, kemudian klik “Creator Studio”. Untuk selanjutnya kamu bakal disuguhkan dengan tampilan baru. Di dalam tampilan tersebut terdapat pilihan “Channel”, dan kemudian klik di “Status and features”. Langkah terakhir adalah memilih “Enable Monetisation” dan selanjutnya klik setuju agreement yang ada.

Menyambungkan Channel YouTube ke AdSens

Usai mengaktifkan monetasi pada YouTube channel kamu, selanjutnya kamu harus melakukan associate dan approved AdSens accound kamu ke YouTube account kamu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan fitur YouTube Anaytic yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat track penghasilanmu. Di fitur ini, nantinya bisa berbayar dengan hanya melengkapi atau pun mengikuti YouTube payment Threshold yang ada.

Optimalkan Fungsi Monetisasi pada YouTube Channel

Untuk lebih mengoptimalkan YouTube channel kamu, sejumlah kriteria berikut ini harus kamu penuhi:

  • Video yang kamu upload harus user-friendly.
  • Konten dalam videomu merupakan karya kamu sendiri sehingga bisa dipromote.
  • Upload video original. Jangan mengupload video hasil plagiasi dari sumber lain. Hal ini karena, video plagiasi tidak akan menghasilkan apa-apa.
  • Video harus memperhatikan Terms of Service and Community Guidelines yang sudah ditetapkan oleh pihak YouTube.
  • Sekalinya kamu mengaktifkan fungsi monetasinya, maka beberapa iklan akan muncul secara otomatis di video kamu selanjutnya.

Melakukan Conversion Rate ke Product Page

Bila kamu bertanggung jawab untuk suatu perusahaan atau pun bisnis tertentu dalam mengelola YouTube Channel, maka kamu bisa menjadikan saluran YouTube tersebut sebagai suatu kesempatan baik untuk meningkatkan conversion rate kamu. Caranya adalah dengan membuat konten yang menarik tentang produk yang ingin kamu tampilkan. Kemudian, kamu bisa menyematkan link product page kamu di kolom deskripsi YouTube videonya. Cara ini sering dilakukan para vlogger guna menjual produk secara halus.

Menjual Video di Website Penjualan Video

Kamu bisa menjual video buatanmu di website komersial yang memberikan sarana untuk kamu para video-maker menjual hasil karyanya. Jadi, nanti kamu bisa mengupload tayangan teaser untuk video yang dibuat di YouTube, kemudian mengarahkan penonton kamu untuk membayar bila ingin menonton versi lengkapnya.

Mengarahkan Traffice Untuk Afiliasi Link

Affiliate marketing merupakan peluang yang sangat terbuka untuk menghasilkan uang secara online. Namun masalahnya banyak sekali pemasar affiliate ini yang tak mengemukakan secara rinci bagaimana usaha yang harus dilakukan untuk menghasilkan pendapatan cukup besar. Bisa dibilang YouTube Channel lebih menguntungkan dibanding nge-blog yang mengarahkan pengunjung ke affiliate link. Untuk itu, jangan tanggung-tanggung dalam membangun channel YouTube karena bisa kamu jadikan sebagai katalis yang bisa membimbing penonton ke affiliate link tadi. Terlebih sekarang ini niche visual cukup berkembang pesat, di mana orang-orang terlalu malas membaca teks panjang. Kesempatan ini tentu lebih terbuka lebar.

Menarik Sponsorship

Bila kamu merupakan penikmat konten para YouTubers terkenal, tentu kamu tahu bahwa hampir semua konten video di YouTube mereka selalu ada unsur sponsorship atau advertisement. Hal tersebut merupakan dua aspek penting yang bisa meningkatkan pundi-pundi rupiah dari YouTube.

Melakukan Live Speaking untuk Meningkatkan Customer Engangement

Bila kamu nantinya sudah memiliki fanbase atau fans yang cukup banyak, tidak ada salahnya mengadakan meet and greet. Kamu mungkin dapat membuat jadwal rutin supaya komunitas kamu bisa bertumbuh. Kegiatan ini pun dilakukan demi meningkatkan engangement kamu dengan para subcribers atau para penonton setia kamu. Nantinya, kamu bisa menjual produk atau pun mempromosikan konten lain pada saat acara berlangsung dan juga bisa memanfaatkannya untuk lebih mengenal siapa niche marketmu.

Berpikir Out of The Box

Kamu perlu berpikir di luar kebiasaan bila ingin menghasilkan video yang menarik untuk ditonton. Lalu bagikan kembali video yang menarik hingga akhirnya menjadi video yang viral. Inilah mengapa dibutuhkan kreatifitas tinggi untuk menghasilkan video yang original dan menarik sehingga membuat orang betah menonton video kamu dari awal hingga akhir. Mungkin jika dipikir-pikir akan terasa sulit, tapi saat kamu menjalaninya secara perlahan-lahan, dijamin kamu bisa melewatinya.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang di YouTube. Beberapa cara di atas tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hal ini karena untuk menghasilkan pundi-pundi uang di YouTube kamu butuh yang namanya proses. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply