Sports /Hobi /Otomotif

Inilah Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk!

Jangan Lupa Share ya

Salah satu kondisi tulang yang cenderung melengkung ke depan yang melebihi batas normal disebut dengan nama kifosis. Para penderita kifosis umumnya akan memiliki tubuh yang cenderung bungkuk karena keadaan tulangnya yang melengkung tersebut. Terdapat sekitar 20 hingga 40 persen orang tua mengalami hal ini. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa remaja juga bisa saja menderita kifosis. Pada umumnya, kifosis terjadi karena kebiasaan sikap tubuh yang buruk atau bahkan kelainan bawaan sejak lahir.

Sebuah penelitian yang telah diterbitkan pada tahun 2009 menyatakan bahwa latihan penyambungan tulang belakang yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu minggu selama satu tahun secara rutin dapat memperbaiki postur tubuh yang lebih baik. Berikut ini beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk.

Inilah Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk!

Wall slides

Cara pertama yang bisa kamu lakukan sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk adalah dengan melakukan peregangan pada dada. Untuk melakukannya, ikutilah langkah-langkah berikut ini,

  • Berdiri tegak dengan punggung yang menempel sejajar pada tembok, kemudian berikan jarak pada telapak kaki kamu dari tembok.
  • Regangkan tulang dada dengan menekan punggung pada dinding yang datar disertai dengan lutut yang ditekuk.
  • Letakkan telapak tangan luar pada tembok, kemudaian menggeserlah secara perlahan dari posisi kamu ke bagian kiri.
  • Pada saat kamu menggeser tubuh ke bagian kiri, kamu harus mampu merasakan peregangan yang sedang terjadi pada dada serta bahu kamu.
  • Tetaplah berada pada posisi tersebut selama beberapa saat.
  • Setelah menggeser ke bagian kiri, selanjutnya bergeserlah ke bagian kanan.
  • Untuk hasil yang lebih cepat, lakukanlah olahraga yang satu ini secara rutin.

Pose kobra

Sama seperti namanya, pose ini juga mengikuti pose ular kobra. Selain bertujuan untuk menguatkan tulang belakang, pose ini juga bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut kamu lho. Untuk mempraktikkannya, ikutilah langkah-langkah berikut ini,

  • Berbaringlah dalam keadaan menelengkup dengan perut sejajar lantai dan posisi kedua tangan berada di bawah bahu.
  • Pastikan jari-jari kamu mengarah ke depan dan posisi kaki rapat.
  • Pastikan sikut kamu tetap dekat dengan sisi tubuh, kemudian cobalah untuk menyentuh kedua tulang belikat.
  • Selanjutnya, stabilkan posisi punggung kamu dengan cara mengencangkan otot-otot pada perut.
  • Angkat dada kamu secara perlahan dan pastikan agar leher kamu memanjang ke atas seperti sedang menghadap langit.
  • Tetaplah pada posisi ini sampai kamu menarik napas yang ke 10, lalu kamu bisa menurunkan badan kamu kembali.
  • Untuk hasil yang lebih cepat, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin.

Doorway stretch

Gerakan untuk memperbaiki postur tubuh yang satu ini dilakukan dengan menggunakan pintu sebagai medianya. Pintu tersebut digunakan sebagai titik tumpu dalam menahan bobot tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah yang bisa kamu coba,

  • Berdirilah pada bagian tengah pintu yang terbuka, kemudian angkatlah kedua lengan kamu pada bagian kiri dan kanan kerangka pintu sambil menekuk sikut hingga 90 derajat.
  • Langkahkanlah satu kaki kamu ke bagian depan.
  • Peganglah kerangka pintu yang ada di depan kamu dengan erat sambil mendorong tubuh kamu ke depan hingga kamu merasakan adanya peregangan yang terjadi pada dada.
  • Tetaplah pada posisi ini selama sepuluh detik.
  • Ulangilah cara yang satu ini sebanyak yang kamu mampu untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Resistance band row

Ketika kamu pergi ke tempat gym, kamu bisa melakukan latihan yang satu ini dengan menggunakan mesin kabel yang elastis. Kamu juga bisa menggunakan media tali yang dibuat seperti cara kerja mesin kabel. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu tiru untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk,

  • Posisikan tubuh untuk berdiri di dekat resistance band.
  • Peganglah band tersebut dengan kedua tangan, kemudian tariklah band yang sedang kamu pegang tersebut.
  • Ketika menarik band tersebut, usahakan agar posisi kepala, punggung dan bahu kamu agar teta lurus.
  • Lakukanlah cara yang satu ini sebanyak mungkin agar hasil yang kamu dapatkan semakin lebih baik.

Prone Y

Prone Y merupakan cara untuk memperbaiki postur tubuh bungkuk yang hampir sama dengan pose kobra. Akan tetapi, disini kamu akan mengangkat tangan kamu ke atas dengan membentuk huruf Y. Untuk lebih jelasnya, berikut ini rincian cara untuk melakukan Prone Y.

  • Posisikan tubuh dengan membaringkannya di atas lantai atau pun matras sebagai alasnya.
  • Sejajarkanlah posisi kaki kamu dengan bahu.
  • Kemudian, angkatlah kedua lengan kamu hingga tubuh membentuk huruf Y.
  • Tetaplah pada posisi ini hingga kamu sudah tidak kuat menahannya.
  • Untuk hasil yang lebih cepat, sebaiknya lakukan olaharga yang satu ini secara rutin.

Itulah beberapa olahraga yang dapat membantu kamu untuk memperbaiki postur tubuh bungkuk. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply