Hobby

Inilah Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

Jangan Lupa Share ya

Apa kamu ingin tahu bagaimana cara mudah untuk membuat tempat pensil dari kain flanel? siapapun pasti akan tahu jika tempat pensil merupakan barang yang mutlak untuk semua peralatan tulis kamu. Jika tidak ada benda yang satu ini, maka siap-siap saja kamu kerepotan atau bahkan kehilangan alat tulismu. Untuk itulah tidak jarang orang akan membawa tempat pensil kemana pun mereka pergi, khususnya saat akan bepergian dalam kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran atau pun pekerjaan.

Apakah kamu sedang menginginkan sebuah tempat pensil, namun masih belum menemukan tempat pensil yang pas dengan tasmu atau mungkin belum ada yang sesuai dengan seleramu? Maka kamu tidak usah khawatir karena sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Di internet sendiri sudah banyak sekali tutorial untuk membuat tempat pensil dari berbagai bahan yang mudah ditemukan di rumah, salah satunya adalah bahan kain flanel yang memang sangat mudah ditemukan atau pun dibeli. Tutorialnya sendiri sangatlah mudah sehingga bisa dipraktekan oleh semua orang, termasuk olehmu. Berikut ini adalah langkah yang harus kamu ikuti untuk membuat tempat pensil dengan kain flannel.

Langkah-langkah membuat tempat pensil dengan kain flanel

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • Segulung kain flanel dengan warna pilihanmu
  • Kancing berukuran besar
  • Gunting
  • Kain pita berukuran 30 cm
  • Benang dengan warna senada kain flannel yang kamu gunakan (atau warna pilihanmu)
  • Jarum

Langkah-langkah Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

Apabila semua bahan dan alat yang dibutuhkan sudah tersedia, kamu bisa langsung mempraktekan langkah-langkah untuk membuat tempat pensil dari kain flanel seperti di bawah ini:

Gunting Kain Flanel, dan Bagi Dalam Dua Ukuran

Langkah pertama adalah menggunting kain flanel yang sudah kamu siapkan menjadi dua ukuran yang berbeda. Ukuran yang pertama harus disesuaikan dengan ukuran peralatan alat tulismu yang paling panjang dengan melebihkan beberapa sentimeter. Selanjutnya potong ukuran yang lainnya dengan ukuran lebih panjang 10 – 15 sentimeter dari ukuran kain flanel yang pertama. Lebarnya sendiri kamu bisa mengguntinya dengan ukuran sekitar 10 – 12 centimeter.

Mulai Jahit Tiap Sisi Kain

Setelah kamu memotong kain flanel menjadi dua bagian yang berbeda, kini saatnya untuk menggabungkan dua kain flanel tersebut dengan cara menjahitnya. Satukan kedua kain flanel tersebut kemudian jahit pinggiran kain flanel tersebut secara keseluruhan. Kamu bisa menjahitnya dengan teknik jelujur supaya lebih mudah, namun tetap kuat. Ingat, pada bagian atas kain flanel yang lebih panjang tidak boleh dijahit karena bagian tersebut akan menjadi tempat kamu untuk mengeluarmasukkan peralatan tulismu nanti.

Pasangkan Kancing di Ukuran Kain yang Lebih Pendek

Jika kamu sudah berhasil menyatukan dua ukuran kain tersebut dengan jahitanmu, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasangkan penggait pada bagian tertentu. Penggait tersebut dimaksudkan agar jahitan yang pada kain flanel tersebut tidak lepas. Kamu bisa memasangkan kancing pada bagian kain yang lebih pendek. Kancing tersebut berfungsi sebagai tempat mengaitkan pengait yang nantinya akan dipasangkan di bagian lain. Pastikan posisi kancing tersebut masih terjangkau oleh kain flanel yang lebih panjang saat ditekuk. Kancing tersebut bisa kamu pasangkan dengan teknik jait yang asal, asalkan rapi dan juga kuat.

Jahitkan Pita di Kain yang Berukuran Lebih Panjang

Ini merupakan pengait yang akan dikaitkan pada kancing yang sudah terpasang. Pita yang satu ini kamu letakkan di kain flanel yang lebih panjang. Dengan begitu, tempat pensil kamu tidak akan terbuka dengan mudah. Untuk menjahit pita yang satu ini, kamu letakkan pada bagian atas belakang kain flanel yang lebih panjang. Jika malas kamu bisa langsung menempelkannya dengan lem.

Tempat Pensil Sederhana Kamupun Dapat Lansung Digunakan

Setelah langkah-langkah di atas kamu lakukan, maka kamu harusnya dapat langsung mengisinya dengan sejumlah peralatan yang kamu punya. Tempat pensil buatanmu sendiri tentu memberikan kebanggaan tersendiri. Tempat pensil tersebut pun bisa kamu bawa kemanapun. Dengan begitu semua peralatanmu tidak akan berserakan lagi sehingga kamu lebih mudah saat mencarinya.

Oh ya, kamu bisa menambahkan beberapa hiasan untuk menambah cantik tempat pensilmu, misalnya kamu bisa menambukan kain flanel lain yang sengaja dibentuk love untuk menghiasi tempat pensilmu. Dengan begitu, tempat pensilmu pun terlihat lebih cantik.

Bagaimana, bukankah sangat mudah cara membuatnya? Kamu pasti sudah tidak sabar lagi untuk mempraktikannya di rumah, bukan? Tunggu apa lagi! Ayo, berkreasi membuat tempat pensil dari kain flanel. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply