Home & Garden

Inilah Cara Berkembang Biak Jamur yang Perlu Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Apabila mendengar kata “jamur”, Anda pasti sudah tidak asing lagi. Jamur merupakan salah satu tumbuhan yang tidak memiliki klorofil atau zat hijau daun, sehingga hal tersebut membuat jamur tidak dapat memproduksi makanan sendiri. Proses fotosintesis atau pembuatan makanan hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan yang memiliki klorofil. Karena tidak memproduksi makanan sendiri, maka terkadang jamur hidup dengan bergantung kepada tumbuhan lain atau juga melakukan simbiosis mutualisme dengan tumbuhan lain.

Berbagai Macam Habitat Jamur

Habibat jamur, sangat beragam, mungkin Anda pernah menjumpai jamur yang hidup di darat, di air, atau terkadang juga menempel pada tubuh manusia. Jamur yang menempel pada tubuh manusia ini biasanya disebut dengan jamur kulit atau panu. Panu dapat menyebar atau menular melalui kain, sentuhan, bahkan udara. Tidak hanya memiliki sifat merugikan manusia, namun ada jamur yang menguntungkan untuk manusia juga, seperti jamur tiram dan jamur kuping. Kedua jenis jamur ini dapat dikonsumsi, dan rasanya pun juga sangat lezat.

Jamur biasanya akan berkembang biak dengan sangat cepat, dari jumlah yang hanya sekian, dalam jangka waktu yang sebentar saja terkadang jamur tahu-tahu sudah sangat banyak. Tahu nggak sih kalian bagaimana cara jamur berkembang biak? Apabila belum tahu artikel kami kali ini akan membahas mengenai cara berkembang biak jamur.

Cara Berkembang Biak Jamur yang Perlu Diketahui

Apabila berada di tempat yang tepat, jamur akan berkembang biak dengan sangat cepat. Anda mungkin secara sengaja atau tidak pernah beberapa kali menjumpai jamur yang tumbuh liar di batang pohon yang mati atau di mana saja. Perkembang biakan nya tergolong sangat cepat. Jamur akan cepat besar dan jumlahnya akan semakin banyak juga. Nah, Anda pasti penasaran bagaimana perkembang biakan jamur kan? Ternyata cara jamur berkembang biak dengan 2 cara, yaitu secara aseksual dan seksual.

Secara aseksual dengan cara pembentukan spora dan pembelahan sel (fragmentasi). Spora ini dibentuk di bagian atas miselium, hal itu bertujuan agar memungkinkan spora akan dengan mudah menyebar, baik menyebar melalui udara atau dengan perantara makhluk hidup yang lain. Namun ada juga jenis jamur yang dapat menyebarkan sendiri spora yang dibentuknya, seperti Gaestrum triple. Gaestrum tripel ini dapat menyebarkan sporanya sendiri, bahkan meski hanya karena sentuhan air hujan sekalipun.

Perkembangbiakan pada Jamur

Spora jamur sendiri dibedakan menjadi 2, yaitu spora seksual dan spora aseksual. Spora seksual jamur ini membelah diri secara meiosis dan spora aseksual ini membelah diri secara mitosis. Beberapa contoh spora yang membelah dri secara secara aseksual, yaitu endospora, konidia, dan zoospora.

Sedangkan perkembang biakan jamur secara seksual, yaitu dengan cara peleburan dua sel ini jamur melaui kontak konjugasi dan gametangium. Kontak gametangium inilah yang nantinya akan menyebabkan penyatuan sel antar 2 individu (singami). Penyatuan sel antar 2 individu ini seniri terjadi dalam 3 tahap, yaitu plasmogami, kariogami, dan meiosis. Tahap pertama plasmogami, dalam tahap ini biasanya akan terjadi penyatuan antara 2 protoplas, sehingga akan membentuk sel yang memiliki 2 inti yang selama proses pembelahan sel tidak akan menyatukan diri. Secara bersamaan sel tersebut akan melakukan pembelahan inti sel secara bersamaan.

Pahami Tahap Kariogami pada Pertumbuhan Jamur

Tahap yang kedua kariogami, pada tahap ini akan terjadi peleburan sel haploid. Nah setelah itu baru akan terjadi meiosis. Yang maksud dengan meiosis yaitu proses pembelahan sel dan pengurangan jumlah kromosom, sehingga akan menjadi sel haploid lagi. Spora seksual memiliki beberapa tipe spora, seperti zigospora, oospora, basidiospora, dan askospora. Basidiospora merupakan spora yang dihasilkan oleh jamur basidiomycota. Sedangkan ascospora dihasilkan dari perkawinan jamur ascomycota. Terdapat 8 spora yang dimiliki oleh askospora dan 4 spora untuk basidiospora.

Nah, itulah cara berkembang biak jamur yang perlu diketahui. Jadi inilah alasan kenapa perkembang biakan jamur sangat mudah dan cepat. Jamur memang berkembang biak dengan 2 cara, yaitu seksual dan aseksual. Alam memang selalu mengejutkan. Bahkan tumbuhan yang hanya membentuk spora atau melakukan pembelahan diri sekalipun dapat bertahan hidup dan tetap eksis sampai sekarang. Tentu hal itu terjadi karena simbiosi antara alam dan segala makhluk yang hidup di dunia ini.

Jadi jangan merusak alam, karena Tuhan selalu menciptakan sesuatu dengan tujuan tertentu. Tidak ada sesuatu pun yang sia-sia, bahkan air yang mengalir sekalipun. Air yang sedang mengalir di dalam sungai itu bukan pasti memiliki tugasnya sendiri, itu bukan air yang akan terbuang mubadzir. [elevenia]

Jangan Lupa Share ya

Comments 1

  1. Semixus

    Makasih sudah berbagi pengetahuan mengenai hal ini. Mungkin juga bisa diuji apakah jamur dapat dikembang biakan apa tidak dengan melakukan budidaya.

    Reply

Leave a Reply