Beauty & Health

Inilah Cara Agar Mata Minus Kembali Normal

Jangan Lupa Share ya

Kemampuan melihat jauh tapi bisa melihat dengan jelas dari dekat atau mata minus merupakan masalah yang dialami oleh banyak orang, terutama di zaman teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini. Mata minus (Miopia) ini terjadi akibat dari kornea dan lensa terlalu cembung atau mungkin bola mata yang terlalu panjang. Hal tersebut menyebabkan titik fokus sinar yang berhasil dibiaskan akan terletak di depan retina.

Umunya, peningkatan rabuh jauh ini akan jauh lebih stabil saat penderita memasuki usia 20 tahun, atau dengan kata lain minus tersebut tidak akan bertambah, atau jika bertambah pun tidak akan terlalu tinggi. Sebenarnya, miopia ini dapat disembuhkan dengan cara sebagai berikut:

Cara Agar Mata Minus Kembali Normal

Hindari Penggunaan Mata yang Berlebihan

Mata lelah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan miopia. Untuk itu, saat mata kamu sudah merasa lelah, jangan memaksakannya. Biarkan mata istirahat sejenak dari segala aktivitas yang tengah dilakukan. Tidak perlu terlalu lama, kamu hanya perlu menutup matamu setiap 2 atau 3 jam sekali. Setelah itu biarkan mata kamu relaks sejenak. Dengan begitu, mata dapat istirahat sejenak.

Kurangi Waktu Pemakaian Kacamata

Kacamata memang baik untuk membantu kamu lebih jelas dalam melihat. Sebab, penderita miopia umumnya akan kesulitan dalam beraktivitas tanpa kacamata, terutama mereka yang telah memiliki minus cukup tinggi. Namun tahukah kamu jika mata pun perlu beristirahat dari penggunaan kacamata? Untuk itu, saat kamu tidak sibuk atau pun tidak dalam aktivitas yang membutuhkan kacamata, lebih baik lepas kacamata kamu sejenak. Cara ini pun dapat mengistirahatkan mata.

Pijat Mata Kamu

Kamu bisa melakukan pijatan secara perlahan pada mata kamu. Lakukan gerakan melingkah disekitar area mata, secara perlahan dan lembut. Gunakan jari tengah dan jari telunjuk saat menekan mata kamu.

Latih Mata Kamu untuk Menatap Kejauhan

Cara ampuh lainnya untuk membuat mata minus kembali normal adalah dengan melatih mata untuk menatap kejauhan. Hal ini bisa kamu lakukan dari atas gedung, atau pun dari tempat di mana kamu dapat melihat alam tanpa halangan sehingga pemandangan di depan matamu sangat luas.

Minum Jus Wortel

Tidak cukup melatih dan mengistirahatkan mata, kamu juga butuh suplai dari dalam tubuh. Untuk itu, jus wortel hadir memberikan solusi terbaik. Seperti diketahui, wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Di mana vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan mata. Konsumsi jus wortel tiap hari. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak zaitun.

Jangan Sampai Mata Lelah

Pekerjaan di kantor menuntutmu untuk terus melek di depan komputer, sementara mata kamu sudah lelah dan meminta istirahat? Maka jangan memaksakan diri. Tidak ada salahnya istirahatkan mata kamu beberapa saat dari semua aktivitas yang kamu lakukan. Cukup dengan pejamkan mata sejenak. Cara ini tidak jauh dari cara yang pertama. Jika mata kamu benar-benar lelah, cucilah dengan air hangat secara perlahan.

Hindari Menatap Layar Sebelum Tidur

Baik itu layar laptop, PC, televisi, atau bahkan smartphone, harus kamu hindari sebelum tidur. Hal tersebut dapat mengakibatkan mata sulit beristirahat dan tentu saja pada saat kamu akan tidur, merupakan waktunya mata dan tubuhmu beristirahat. Untuk itu usahakan menghindari kontak mata dengan layar dari perangkat elektronik setidaknya 2 jam sebelum kamu pergi tidur. Selain menjaga kesehatan mata, cara ini pun mampu membuat kamu lebih pulas sehingga tidur kamu lebih berkualitas.

Lakukan latihan Indian Trataka.

Latihan yang satu ini bisa membantu mata dan juga pikiran tetap fokus. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal duduk di ruang terbuka, lalu tataplah objek kecil, misalnya saja lilin. Setelah itu fokuskan mata kamu pada objek tersebut. Perhatikan lilin tersebut secara seksama. Usahakan untuk tidak berkedip. Kamu harus merekam setiap detail dari lilin tersebut pada memori otak kamu. Setelah itu, tutup mata kamu dan kemudian cobalah untuk membayangkan setiap detail dari bentuk lilin tersebut yang tadi sudah kamu liat.

Latihan di atas bisa kamu lakukan selama 10 menit. Tujuan dari latihan itu sendiri adalah untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang sesuatu sebelum mata merasa lelah. Cobalah untuk melakukan latihan tersebut dengan rutin, dan lihat perkembangan positif pada mata kamu.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan supaya mata minus kembali normal. Lakukan semua cara tersebut secara perlahan-lahan dan pastikan untuk melakukannya secara konsisten, karena cara alami seperti di atas tidak akan berhasil dalam waktu singkat. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply