Beauty & Health

Inilah Bahaya Sering Buang Air Besar Setelah Makan yang Harus Kamu Waspadai

Apakah kamu pernah merasa ingin buang air besar tepat setelah makan? Apakah hal tersebut sering terjadi pada kamu? Apabila kamu menjawab “Ya” pada kedua pertanyaan tersebut, maka kamu tidak perlu khawatir karena kamu tidak sendirian. Sebagian besar orang pernah mengalami hal tersebut bahkan hampir setiap harinya. Akan tetapi, jangan menarik napas lega terlebih dahulu karena kejadian tersebut bisa saja merupakan salah satu gejala kondisi kesehatan yang membahayakan. Gejala kesehatan yang terkesan normal ini dialami oleh banyak orang dan merupakan gejala yang harus kita waspadai serta jangan sekali-kali menyepelekannya.

Buang air besar secara rutin setiap hari adalah rutinitas yang sangat dianjurkan dengan tegas oleh dokter dan para ahli pencernaan. Justru, dengan menahan buang air besar dapat menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi kesehatan yang jauh lebih kompleks. Hal yang jarang diketahui oleh sebagian besar orang adalah ketika rasa ingin buang air besar muncul tepat setelah kita mengkonsumsi makanan yang disertai dengan kejadian lain yang tidak seharusnya kita alami, kebanyakan orang menganggap gejala tersebut normal dan tidak memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Suatu kesalahan sederhana yang akan menghantarkan si penderita ke jalan yang penuh kesakitan dengan proses pengobatan dan penyembuhan yang lama dan sangat panjang, sehingga penting bagi kamu untuk tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Inilah Bahaya Sering Buang Air Besar Setelah Makan yang Harus Kamu Waspadai

Bahaya-bahaya yang harus kamu antisipasi dari perasaan ingin buang air besar sesaat setelah makan adalah sebagai berikut,

Radang Usus

Rutinitas BAB setelah makan yang didampingi dengan sakit perut, nafsu makan yang berkurang dan penurunan berat badan yang drastis serta keberadaan darah pada hasil ekskresi, baik sebagian gejala atau seluruhnya, dapat menandakan keberadaan radang pada usus. Radang pada usus dapat menjadi bibit dari berbagai masalah kesehatan lain dan apabila tidak diobati berpotensi menjadi sumber sel – sel kanker yang menyebabkan penderita radang usus juga menjadi penderita kanker usus. Pengobatan masalah kesehatan yang satu ini dapat dengan obat tradisional radang usus atau obat-obat khusus yang dikonsumsi dengan resep dokter.

Diare Akut

Jika gejala ingin buang air besar setelah makan yang kamu alami disertai pula dengan diare, maka sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter. Rasa mual, muntah, feses yang berlendir, demam dan sakit kepala yang juga disertai dengan gejala sering merasakan dorongan BAB setelah makan dapat berarti menderita diare akut. Ada hal yang membedakan antara diare akut dan diare kronik yang wajib kamu ketahui sebelum mendiagnosa kesehatan kamu pribadi secara lebih lanjut. Diare akut berhubungan dengan kekebalan tubuh seseorang dan makanan serta obat apa sajakah yang masuk ke dalam tubuhnya. Segera periksakan diri kamu ke dokter apabila kondisi kamu berlangsung lebih dari sekali dua kali atau bahkan memburuk.

Kanker Usus Besar

Kanker usus besar atau kolon adalah salah satu penyakit yang memakan banyak jiwa dan menghancurkan hati banyak manusia. Kesulitan untuk mendeteksi kanker usus besar pada stadium dini sangat mempengaruhi dan mendorong jumlah penderita penyakit mematikan ini. Kesulitan tersebut disebabkan karena adanya gejala yang mirip dengan kejadian normal sehari-hari seperti BAB setelah makan, diare, pendarahan saat BAB, dan konstipasi.

Penyebab

Untuk dapat mengetahui metode pengobatan serta obat-obat apa yang diperlukan dalam menyembuhkan suatu penyakit atau kelainan kesehatan, langkah pertama yang harus dijalankan adalah mencari tahu penyebab dari kondisi kesehatan tersebut sehingga berikut ini adalah beberapa penyebab rutinitas BAB setelah makan yang perlu diwaspadai.

Infeksi Virus atau Bakteri

Penyebab infeksi usus yang utama adalah serangan virus atau bakteri jahat yang masuk dalam tubuh meskipun faktor kebersihan dan makanan serta minuman yang dikonsumsi juga merupakan penyebab utama terkena infeksi usus. Infeksi virus atau bakteri yang terjadi pada usus dapat memperburuk kondisi kesehatan atau bahkan penyakit kesehatan lain jika tidak diobati atau ditindaklanjuti secara cepat dan tepat.

Kelainan Kesehatan Khusus

Iritable Bowel Syndrome adalah kelainan pada usus yang menyebabkan ketidakmampuan usus untuk berkontraksi dan berelaksasi secara normal sehingga pada saat-saat tertentu, umumnya setelah makan, muncul dorongan untuk BAB. Kelainan kesehatan yang khusus merupakan kelainan yang tidak dapat kita sembuhkan secara total, namun kita masih bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi medikasi sesuai resep dokter secara berkala.

Kelainan lain yang dapat disebabkan karena peristiwa BAB setelah makan adalah refleks gastrokolik, yang merupakan bagian dari sistem pencernaan makanan. Refleks gastrokolik adalah aktivitas usus besar berelaksasi dan berkontraksi sebagai respon dari masuknya makanan ke lambung dalam sistem pencernaan manusia sehingga saat makanan tersebut sampai pada usus besar sesuai alur sistem pencernaan, terdapat tempat baginya untuk melewati proses pencernaan di organ tersebut.

Akibat

Peristiwa BAB setelah makan, didampingi dengan gejala-gejala atau kelainan lain, yang dibiarkan menjadi rutinitas dapat mengakibatkan:

  • Kecenderungan untuk menahan BAB setelah makan karena keterbatasan waktu yang disediakan, khususnya yang dimiliki pekerja;
  • Menderita konstipasi karena terlalu seringnya menahan BAB setelah makan sehingga menjadi kebiasaan;
  • Menderita dehidrasi apabila bukan BAB setelah makan yang dialami tapi diare setelah makan yang dialami oleh kamu;
  • Memburuknya kondisi psikologis atau mental atau menderita stress berlebihan.

Demikianlah pembahasan mengenai seringnya buang air besar setelah makan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply