Gadget /Komputer

Inilah Bahasa Programing yang Sering Kali Digunakan

Jangan Lupa Share ya

Bahasa pemrograman merupakan software bahasa komputer yang digunakan dengan cara membuat atau merancang program. Proses merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode bahasa pemrograman itu sendiri.

Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan perintah yang telah dibuat oleh program. Kumpulan perintah tersebut harus dimengerti oleh komputer, berstruktur tertentu (syntax), dan bermakna.

Bahasa pemrograman adalah notasi untuk memberikan instruksi secara tepat pada program komputer. Berbeda dengan bahasa, misalkan Bahasa Indonesia dan Inggris yang merupakan bahasa alami (natural language), semantik, dan sintaksis.

Sementara bahasa pemrograman komputer ditentukan secara terstruktur dan jelas, sehingga disebut sebagai bahasa formal (formal language). Adapun macam-macam bahasa pemrograman adalah sebagai berikut.

Java


Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan bebas platform. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh SUN Micro Sistem. SUN Microsystem mengembangkan Java dengan sejumlah keunggulan, sehingga memungkinkan Java sebagai bahasa pengembangan enterprise.

Program Java dibedakan menjadi dua jenis, yaitu applet dan aplikasi. Applet merupakan program yang dibuat dengan Java, dapat diletakkan pada Web Server dan diakses melalui Web Browser. Dalam hal ini digunakan browser yang memiliki kemampuan Java. Sementara aplikasi merupakan program yang dibuat dengan Java bersifat umum. Aplikasi dapat dijalankan secara langsung, tidak perlu menggunakan browser.

a. Kompiler Java

Nama compiler Java adalah javac. Program ini berperan  dalam mengkompilasi berkas sumber kode java ke dalam bentuk yang bisa dimengerti oleh interpreter Java. Kompilasi tersebut akan berupa berkas bytecode. Dalam hal ini akhiran yang digunakan berupa *.class.

b. Interpreter Java

Interpreter Java berperan dalam mengeksekusi/menjalankan berkas bytecode(*.class). Program ini lah yang digunakan untuk menjalankan program Java, khususnya untuk program yang tergolong aplikasi.

c. Debugger Java

Debugger jdb berfungsi, seperti interpreter tapi dilengkapi dengan kemampuan khusus. Kemampuan yang dimaksud, seperti menghentikan eksekusi program pada posisi yang dikehendaki oleh pemrogram. Selain itu, juga menampilkan nilai variabel-variabel tertentu. Program ini berguna untuk melacak kesalahan program.

d. Penampil Applet

Penampil applet appletviewer, berfungsi untuk menampilkan applet. Program ini biasa dipakai untuk menguji applet.

e. Pembangkit Dokumentasi

Pembangkit dokumentasi (javadoc) berfungsi untuk mengonversi berkas sumber kode java  ke dalam berkas HTML (HyperText Markup Language).

f. Pembangkit Header C

Perangkat lunak java berfungsi untuk menghasilkan header C dan berkas kode sumber C berdasarkan berkas bytecode Java.

g. IDE Java

Editor teks memiliki kelemahan, yaitu tidak punya kemampuan untuk menjalankan program yang telah dibuat. Oleh karena itu muncul  IDE (Integrated Development Environment). Dengan menggunakan IDE dapat langsung menjalankan program java tanpa perlu mengkompilasi/mengeksekusi lewat command-line. IDE yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini, yaitu menggunakan Netbeans 6.5

Delphi


Delphi merupakan suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman VB (Visual Basic). Akan tetapi, Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (disebut objek pascal). Tidak heran jika dalam penggunaannya lebih mudah.

Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak (software) milik Embarcado. Awalnya, divisi tersebut milik Borland, sehingga bahasa ini juga memiliki versi “Borland Delphi”.

Delphi juga menggunakan konsep dengan berorientasi objek (OPP). Maksudnya adalah pemrograman ini dilakukan dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia sesungguhnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendesain objek untuk bisa menyelesaikan masalah. OOP ini mempunyai beberapa unsur, yaitu encapsulation (pemodelan), inheritance (penurunan), dan polymorphism (polimorfisme).

Pada awalnya, bahasa pemrograman Delphi hanya bisa digunakan di Microsoft Windows. Akan tetapi, saat ini telah dikembangkan, sehingga bisa digunakan juga di Linux dan Microsoft.Net. Dengan membuat free pascal yang merupakan proyek OpenSource, bahasa pemrograman ini bisa membuat program di sistem operasi Windows CE dan Mac OS X.

Umumnya, bahasa pemrograman ini hanya digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop, enterprise berbasis database, dan program-program kecil. Namun karena pengembangan Delphi semakin pesat dan bersifat general prurpose, program bisa digunakan untuk berbagai jenis pengembangan software.

Pada 1995, Delphi juga disebut sebagai pelopor perkembangan RadTool (Rapid Application Development). Hal ini membuat banyak orang mulai mengenal dan menyukai bahasa pemrograman bersifat VCL (Visual Component Library) ini.

PHP


PHP adalah singkatan rekursif (akronim berulang) dari PHP Hypertext preprocessor PHP. PHP merupakan bahasa pemrograman web, bekerja di sisi server yang dapat melakukan konektifitas pada database. Hal tersebut bisa dilakukan hanya dengan menggunakan sintaks-sintaks HTML biasa.

PHP banyak digunakan untuk memprogram situs web dinamis, meskipun tidak tertutup kemungkinan bisa digunakan untuk pemakaian lain.

Contoh terkenal dari aplikasi PHP, yaitu PHPBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga bisa dilihat sebagai pilihan lain dari JSP (Java Sun Microsystem), CGI (Perl), ColdFusion Macromedia, dan ASP.NET/C#VB NET Microsoft. Contoh aplikasi lainnya yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun dengan menggunakan PHP, yaitu Jommla, Mamboo, Xaraya, Postnuke, dan lain-lain.

PHP memiliki banyak keunggulan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Adapun keunggulan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • PHP merupakan bahasa pemrograman script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  • Web Server yang mendukung bahasa pemrograman PHP bisa ditemukan dengan mudah, mulai dari apache, nginx, Lighttpd, IIS, sampai Xitami. Penggunaan Web Server tersebut dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sistem pengembangan PHP lebih mudah, karena banyaknya milis-milis dan developer siap membantu dalam pengembangan tersebut.
  • Dalam sisi pemahaman, PHP merupakan bahasa scripting yang paling mudah, karena mempunyai banyak referensi.
  • PHP merupakan bahasa OPen Source yang bisa digunakan di berbagai mesin (Unix, Linux, Windows, Macintosh dan dijalankan secara runtime melalui console. Selain itu, PHP juga bisa menjalankan perintah-perintah sistem.

Visual Basic


Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman ini dikembangkan sejak 1991 oleh Microsoft. Pengembang pendahulu Visual Basic, yaitu bahasa pemrograman Basic (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code yang dikembangkan pada era 1950-an.

Visual basic merupakan salah satu Development Tool, yaitu alat bantu untuk membuat berbagai program komputer, terutama yang menggunakan sistem operasi Windows.visual basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung OOP (Object Oriented Programming).

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply