Hobby

Inilah Alat Musik Tradisional Indonesia yang Membanggakan

Jangan Lupa Share ya

Cinta terhadap alat-alat musik tradisional Indonesia merupakan salah satu bukti bahwa kamu benar-benar mencintai Indonesia. Meskipun begitu masih banyak orang Indonesia yang justru lebih menyukai musik dan alat musik populer yang berasal dari luar negeri dibanding dengan alat alat musik Indonesia itu sendiri. Hal ini membuat tidak semua orang Indonesia mengenal dan mengetahui bahwa musik dan alat musik Indonesia tidak kalah indah dari musik-musik yang dibawa oleh bangsa asing. Bahkan, tidak sedikit musik dan alat musik tradisional Indonesia yang justru meraih kepopuleran di negeri orang. Tak cuma itu, banyak sekali orang asing yang ingin belajar memainkan alat musik tradisional Indonesia.

Untuk itu sebagai orang Indonesia, kita harus mengenal budaya bangsa kita. Salah satunya adalah dengan mengenal alat musik dan musik tradisonal Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, inilah beberapa alat musik trandisonal Indonesia.

Alat Musik Tradisional Indonesia yang Membanggakan

Gamelan

Gamelan merupakan seperangkat alat musik tradisional yang dimainkan oleh beberapa orang secara bersama-sama. Biasanya gamelan dimainkan sebagai pengiring lagu tradisional atau saat pagelaran budaya seperti wayang kulit. Gamelan sendiri sebenarnya ada di berbagai daerah di Indonesia, seperti Madura, Jawa dan Bali. Tidak heran jika gamelan dipengaruhi oleh berbagai jenis musik, termasuk jenis musik dari negara lain seperti, India, Cina dan Timur Tengah. Di luar negeri sendiri gamelan dipopulerkan oleh kedutaan Indonesia di tiap negara. Biasanya pagelaran gamelan diadakan saat acara budaya Indonesia. Hal ini membuat banyak orang asing yang tertarik untuk belajar gamelan. Bahkan beberapa di antaranya datang langsung ke Indonesia untuk belajar alat musik yang satu ini. Sungguh membanggakan bukan?

Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang sangat populer, baik itu di Indonesia maupun luar negeri. Angklung sendiri berasal dari tanah Sunda atau Jawa Barat. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyangkan hingga menghasilkan bunyi dari bambu yang saling berbenturan. Tiap Angklung memiliki nadanya tersendiri sehingga bila ingin memainkan suatu lagu dibutuhkan deretan angklung dengan nada yang berbeda-beda.

Kepopuleran angklung yang sampai ke luar negeri membuat banyak orang asing tertarik untuk belajar alat musik tradisional yang satu ini. Saking terkenalnya sampai UNESCO sendiri mengakui bahwa angklung merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia.

Saluang

Saluang merupakan alat musik tiup khas dari Minangkabau, Sumatera Barat. Alat musik tradisional yang satu ini terbuat dari bambu tipis yang termasuk ke dalam alat musik seruling. Bedanya, alat musik yang satu ini hanya memiliki empat lubang saja. Untuk memainkannya dibutuhkan teknik tertentu, yakni meniup dan menarik napas secara serentak alias bersamaan.

Teknik memainkannya yang cukup sulit membuat seluang hanya dapat dimainkan oleh para pemain seluang terlatih saja. Biasanya para pemain seluang yang sudah profesional dapat memainkan alat musik yang satu ini dari awal lagu hingga akhir lagu tanpa putus. Saluang dan juga budaya Miangkabau lainnya baru-baru ini diperkenalkan oleh KBRI di Minangkabau Week di Tokyo.

Tifa

Tifa merupakan alat musik tradisional yang datang dari daerah Maluku dan Papua. Biasanya alat musik tradisional yang satu ini dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul dengan teknik tertentu. Bentuk Tifa sendiri mirip sekali dengan kendang dan juga bedug. Tapi bedanya alat musik yang satu ini terbuat dari batang kayu yang diukir indah. Pada bagian tengahnya sengaja dihilangkan sehingga menjadi berlubah. Di salah satu sisinya pun diberikan penutup. Alat tutupnya berasal dari kulit rusa yang dikeringkan. Dipercaya alat tutup inilah yang dapat menghasilkan suara super mantap saat ditabuh.

Sasando

Sasando merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipetik. Bentuk dari sasando sendiri tidak jauh berbeda dengan alat musik petik lainnya. Hanya saja, sasando memiliki keunikan tersendiri berupa suara merdu saat dipetik. Yang unik lainnya dari alat musik ini adalah sasando terbuat dari bambu dan daun lontar, sedangkan dawai atau senarnya terbuat dari kawat halus. Untuk memainkan sasando sendiri terbilang tidak mudah, diperlukan keahlian khusus untuk memainkannya. Sasando harus dimainkan dengan dua tangan.

Serunai

Bila kamu pergi ke wilayah Nusa Tenggara Barat, maka kamu bisa menemukan alat musik tradisonal yang satu ini. Serunai sendiri merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup seperti halnya seruling. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan alat musik tiup pada umumnya. Bentuk serunai memanjang tapi ornamen dan warna yang terdapat pada alat musik ini sangat unik sehingga terlihat spesial. Pada bagian ujung kamu akan lihat bagian yang cukup runcing.

Memainkan serunai tidak jauh berbeda dengan memainkan seruling hanya saja serunai memiliki suara yang berbeda. Di daerah asalnya serunai dimainkan pada saat pagelajaran tradisional.

Itulah sejumlah alat musik tradisional yang membanggakan Indonesia. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply