Beauty & Health

Inilah Alasan Mengapa Kebiasaan Merokok Dapat Menyebabkan Kanker Paru Paru

Jangan Lupa Share ya

Sejak dulu peringatan mengenai bahayanya merokok sudah tersebar dan banyak pula korban yang meninggal karena merokok. Namun tidak sedikit prang yang tetap suka merokok dan tidak memperdulikan kesehatannya. Semua pasti tahu bahwa kebiasaan merokok sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, jika sejak muda seseorang sudah terbiasa merokok maka jangan harap hidupnya akan sehat dan tidak diserang berbagai penyakit.

Salah satu penyakit yang paling sering menyerang perokok adalah penyakit kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker kerongkongan, kanker payudara, sakit ginjal, kanker serviks, kanker mulut, dan masih banyak lagi. Itu hanyalah salah satu jenis penyakit yang baru kami sebutkan. Masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang pasti membuat kesehatan seorang perokok lama kelamaan akan terganggu.

Kanker Paru-Paru Akibat Rokok                                      

Dari sekian banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh rokok kanker paru-paru adalah salah satunya. Kanker paru-paru sendiri adalah penyakit yang paling sering dialami oleh perokok berat! Banyak juga peneliti yang menemukan beberapa penyebab yang memicu mengapa banyak perokok yang lebih sering terserang kanker paru-paru dibandingkan dengan yang lain. ingin tahu apa alasan nya? berikut kami ulas lebih jelas dan lengkap.

  1. Kebiasan merokok

Tak dapat dipungkiri, merokok secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang adalah pemicu utama seseorang terserang penyakit kanker paru-paru. Sel yang ada paru-paru akan rusak akibat rokok, sel yang semulanya rusak akan semakin memburuk kondisinya dan semakin lama akan menjadi kanker. Paling sering kanker paru-paru dikaitkan dengan berapa jumlah rokok yang di hisap setiap harinya, sejak kapan merokok, dan seberapa besar seseorang tersebut kecanduan rokok.

  1. Lingkungan asap tembakau

Alasan selanjutnya adalah hidup di lingkungan yang sering berkontaminasi dengan asap tembakau. Hal ini sangat beresiko paru-paru terserang kanker. Dan bahayanya meskipun tidak merokok tetapi hidup di lingkungan yang dekat dengan asap tembakau rokok juga dapat terserang kanker paru-paru. Oleh sebab itu jangan sering-sering menghirup asap tembakau agar tidak sampai terserang gejala kanker paru-paru tersebut.

  1. Faktor genetik

Ini adalah alasan selanjutnya! Bisa jadi keluarga Anda terdahulu ada yang suka dengan rokok sehingga terserang kanker paru-paru. Jika tidak diobati penyakit ini juga bisa mempengaruhi keturunannya walaupun kisaran nya hanya 10 sampai 15 % saja. Oleh karenanya jika Anda memiliki riwayat keluarga yang terserang kanker paru-paru gara-gara rokok, aturlah pola hidup Anda agar tidak sampai terserang juga.

Penyebab lain yang akurat dapat membuat seseorang terserang kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok yang akut dan sulit untuk disembuhkan. Kanker paru-paru akibat merokok sangat sering ditemukan dan kebanyakan sel-sel yang ada pada paru-paru sudah tidak terkendali dan sangat serius. Selain itu jika seseorang sudah terserang kanker paru-paru penyembuhan nya sangat sulit bahkan mampu membuat system kekebalan tubuh menjadi menurun. Para penderita kanker paru-paru juga banyak yang ditemui sudah stadium lanjut dengan ditandai batuk berdarah, nyeri pada dada dan sesak nafas, dan lain sebagainya.

Cara merokok Yang Menyebabkan Terjadinya Kanker Paru-Paru

Alasan mengapa kebiasaan merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru selanjutnya adalah cara yang dilakukan untuk merokok tersebut. Ternyata ada cara tersendiri yang mampu menyebabkan seseorang terserang kanker paru-paru karena rokok. Cara yang dimaksud adalah dengan mengonsumsi rokok secara rutin tanpa batas dan memilih rokok yang tinggi tar.

Sebenarnya semua jenis rokok sama saja, tidak ada yang rendah tar maupun tinggi tar. Karena itu hanyalah cara yang dilakukan oleh pabrik agar rokok yang diproduksi laku di pasaran. Tidak hanya kanker paru-paru, mulai dari tulang hingga kandung kemih juga akan bermasalah akibat merokok. Oleh karena itu jangan sampai Anda terlalu kecanduan rokok sebelum penyesalan itu datang menghampiri.

Untuk mengantisipasinya Anda harus bisa merubah pola hidup dari sekarang. Jika Anda memang pecandu rokok yang tergolong berat, mulailah untuk mengurangi secara perlahan dan rutin. Jika perlu lakukan terapi khusus agar tidak sampai kecanduan rokok lagi. Semakin banyak Anda mengonsumsi rokok di setiap harinya maka resiko terserang kanker paru-paru akan semakin besar. sebaliknya jika Anda mulai mengurangi dan memutuskan untuk berhenti merokok, maka berkurang juga resiko terserang kanker paru-parunya.

Demikian tadi informasi yang dapat kami sampaikan seputar alasan mengapa kebiasaan merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru. Semoga dapat menjadi pelajaran yang berharga khususnya untuk Anda pecandu rokok. Semoga membantu! (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply