Elektronik

Inilah 8 perbedaan SLR dan DSLR yang perlu diketahui

Pada dasarnya istilah SLR (single lens reflex) dan DSLR (Digital Lens Reflex) lebih cenderung kepada desain kamera yang mengunakan sistem cermin di dalam kamera. Cermin ini memantulkan sebagian cahaya ke prisma sehingga fotografer bisa melihat komposisi foto dengan mengintip di jendela bidik dengan akurat dan sangat sesuai dengan apa yang dilihat oleh lensa kamera.

Pada dasarnya, perbedaan SLR dan DSLR terletak pada penyimpanannya. Perbedaan utama dari DSLR yaitu menggunakan sensor gambar digital, sehingga hasil output gambar digital langsung disimpan ke memory card, sedangkan SLR penyimpanannya masih mengunakan film.

Semakin banyak produk kamera yang hadir

Dewasa ini, hobi fotografi semakin menjamur, khususnya bagi kalangan muda. Sehingga mendorong berbagai perusahaan elektronika untuk berlomba-lomba menciptakan produk kamera dengan fitur yang lebih lengkap. kamera-kamera memang sudah hadir dengan berbagai jenis seperti Sony, canon, Sahitel, Olympus, Minolta, Panasonic, Samsung, Nikon, Fujifilm, Pentax, hingga Kodak. Nama-nama tersebut merupakan pemain-pemain ulung yang memproduksi berbagai produk kamera canggih yang ada di seluruh dunia.

SLR Dan DSLR belum bisa dibedakan oleh orang-orang awam

Kamera yang dimiliki produk dari berbagai produsen tersebut mempunyai fitur yang sangat banyak. Sebagai pemula dalam dunia fotografi, sudah bisa dipastikan kita akan kikuk menghadapi semua fitur-fitur yang ada tersebut. Akan tetapi, teknologi kamera berdasarkan teknik pengambilan gambarnya hanya dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kamera SLR dan kamera DSLR.

Bagi mereka yang masih awam, perbedaan SLR dan DSLR sering kali tidak begitu dimengerti, bahkan sebagian dari mereka menganggap sama. Nah, bagi Anda yang juga mempunyai anggapan yang sama, cobalah untuk menyimak pembahasan tentang apa saja perbedaan SLR dan DSLR dibawah ini.

Perbedaan SLR dan DSLR

Perbedaan SLR dan DSLR sedikitnya terletak pada  8 hal, mulai dari teknik pengambilan gambarnya, penyimpanan gambar, pencetakan gambar, kelengkapan fitur dan jumlah tombol, dan harga keduanya. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Perbedaan Kepanjangan

Perbedaan SLR dan DSLR yang pertama bisa di lihat dari kepanjangannya. Kepanjangan dari SLR yaitu Single Lens Refle. Sedangkan  kepanjangan dari DSLR yaitu Digital Single Lens Reflex.

  1. Cara Kerja Pengambilan Gambar

Kamera SLR menunjukkan bahwa kamera SLR mempunyai teknik pengambilan gambar yang menggunakan sistem jajaran lensa yang berjalur tunggal. Jajaran lensa ini berfungsi untuk melewatkan berkas cahaya ke dua arah, yaitu Focal Plane dan ke Viewfinder. Dengan menggunakan sistem kerja ini, fotografer bisa melihat objek yang dipotret melalui kamera yang sama dengan hasil fotonya. kamera DSLR memiliki teknik pengambilan gambar menggunakan pentaprisma dan mechanical mirror yang merupakan system untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju keoptical viewfinder pada kamera.

  1. Perbedaan Media Penyimpanan

Kedua jenis kamera ini mempunyai sistem dan cara kerja yang jauh berbeda, sehingga media penyimpanan kamera SLR dan DSLR juga berbeda. Umumnya, kamera SLR menggunakan film 35 MM, sedangkan, kamera DSLR menggunakan memori slot dengan kapasitas penyimpanan tertentu.

  1. Perbedaan Pencetakan Gambar

Perbedaan penyimpanan antara SLR dan DSLR menyebabkan teknik pencetakan gambar dari keduanya juga berbeda. Kertika  dicetak, gambar yang dihasilkan dari SLR hanya bisa dicetak di laboratorium cuci cetak foto negatif, sedangkan gambar dari DSLR hanya bisa dicetak menggunakan teknik printing digital.

  1. Perbedaan Jumlah Tombol dan Fitur

Perbedaan kamera SLR dan DSLR bisa di lihat dari fisiknya. Kamera SLR mempunyai sedikit tombol. karena fitur-fitur yang disediakannya memang terbatas. Sedangkan DSLR hadir dengan jumlah tombol yang sangat banyak sesuai dengan fitur-fitur pengambilan gambar yang dimilikinya, seperti tombol ISO, Preset Scenes, White Balance, Resolusi, dan fitur-fitur lainnya.

  1. Perbedaan Harga

Perbedaan SLR dan DSLR lebih jelas akan terlihat dari harganya. DSLR harganya relative lebih tinggi karena fiturnya yang lebih lengkap, jika dibandingkan dengan harga kamera SLR pada umumnya.

  1. Desain

Dilihat dari desainnya, kamera SLR lebih simple dibandingkan dengan DSLR. Hal ini dikarenakan kamera DSLR tersedia banyak tombol dengan berbagai fitur.

  1. Beratnya

Jika dilihat dari desain dan fitur-fiturnya, sudah otomatis DSLR lebih berat jika dibandingkan dengan SLR.

Nah, itulah ulasan mengenai 8 perbedaan SLR dan DSLR yang harus Anda ketahui. Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Diharapkan setelah membaca artikel ini Anda sudah tidak bingung lagi dalam menentukan jenis kamera mana yang harus Anda pilih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply