Mother & Baby

Inilah 7 Olahraga yang Aman Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Jangan Lupa Share ya

Ketika hamil, para ibu mungkin akan merasakan kesulitan untuk melakukan olahraga karena kondisi perutnya yang semakin besar. Akan tetapi, ada beberapa pilihan olahraga ibu hamil yang aman dan bisa membantu memperlancar proses persalinan normal nanti. Berikut ini merupakan beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil selama masa kehamilan. Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga ini juga baik untuk kehamilan dan dapat pula ibu lakukan di rumah.

Olahraga yang Aman Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Jongkok berdiri (squat)

Gerakan jongkok lalu berdiri yang diulang kembali adalah cara untuk melakukan squat. Olahraga yang satu ini dianggap sebagai salah satu olahraga yang paling aman untuk dilakukan oleh ibu hamil dan bisa juga dilakukan oleh ibu yang sedang hamil tua untuk menyiapkan tubuhnya dalam menghadapi persalinan.

Gerakan ini dapat membantu untuk menguatkan otot panggul agar menjadi lebih baik dan mendorong bayi agar turun ke posisi yang lebih rendah. Untuk memperlancar persalinan, sebaikanya kamu melakukan cara ini pada saat mendekati waktu persalinan.

Untuk melakukan cara ini, kamu harus berdiri dengan melebarkan kedua kaki, kemudian turun secara perlahan hingga posisimu menjadi jongkok dengan punggung yang tetap tegak seperti pada saat berdiri. Tetaplah berada dalam posisi ini selama 30 detik, kemudian berdirilah tanpa menggunakan bantuan tangan.

Ulangilah gerakan ini selama 10 hingga 20 menit setiap harinya untuk membantu mengurangi sakit punggung saat hamil.

Berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Olahraga yang sangat mudah dilakukan ini ternyata dapat mendorong kontraksi secara alami.

Ketika ibu sudah mulai merasakan kontraksi, ibu bisa berjalan kaki dengan posisi tubuh yang tegak untuk membuat bayi berada pada posisi yang ideal untuk lahir.

Mengangkat dan memiringkan panggul/pelvis

Olahraga yang satu ini merupakan gerakan olahraga ibu hamil yang sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Ibu hanya perlu menyiapkan matras yang nyaman untuk telentang, lalu tekuklah lutut dan telapak kaki yang menginjak lantai.

Kemudian angkatlah panggul ibu secara perlahan dan pastikan agar bahu dan kaki ibu tidak ikut terangkat. Selain membantu mengencangkan otot, ternyata olahraga yang satu ini juga bisa menjaga sendi panggul agar tetap longgar, sehingga bayi dapat berada pada posisi terbaik untuk dilahirkan. Kamu bisa melakukan olahraga ini selama 5 sampai 10 menit setiap harinya sambil mendengarkan musik favorit kamu.

Duduk

Pada saat perut ibu sudah terlalu besar dan mulai mengalami kontraksi, posisi duduk yang benar dapat membantu ibu untuk mengurangi rasa sakit yang ibu rasakan, menguatkan tubuh dan menstabilkan posisi panggul.

Hindarilah untuk duduk di tempat yang empuk seperti tempat tidur atau pun sofa yang akan membuat bokong ibu menjadi tenggelam. Pastikan ibu duduk dengan posisi yang telah dan posisi panggul yang terkunci ke depan.

Gantikan kursi dengan bola yoga agar posisi panggul tetap lurus. Ibu juga bisa mencoba posisi lainnya, seperti duduk bersila di lantai dengan merengangkan kaki hingga Rahim akan terdorong ke depan.

Posisi ini juga bisa membantu ibu untuk melahirkan dengan lebih mudah.

Mencondongkan badan

Olahraga ibu hamil yang paling mudah untuk dilakukan adalah mencondongkan tubuh. Ibu bisa berpegangan pada suatu objek seperti meja, tembok atau pun pada suami ibu. Selain bermanfaat bagi kesehatan, olahraga ini bisa ibu lakukan kapan dan dimana saja.

Posisi kupu-kupu

Posisi kupu-kupu ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat meregangkan otot di bawah panggul, punggung, paha serta panggul ibu hamil. Posisi kupu-kupu ini merupakan salah satu olahraga sederhana yang dapat membantu sendi pada panggul menjadi lebih fleksibel dan dapat membantu melancarkan proses persalinan.

Untuk mempraktikkannya, ibu hanya perlu berada dalam posisi duduk di dekat dinding untuk menyandarkan punggung. Kemudian, tekuklah lutut ibu ke arah samping sampai telapak kaki ibu saling bertemu. Lalu, tekanlah lutut ke bawah secara perlahan untuk meregangkan otot paha. Sebaiknya ibu melakukan olahraga ini setiap hari selama 5 hingga 10 menit untuk hasil yang lebih baik. Untuk melakukan peregangannya, kamu bisa meminta bantuan pada suamimu sementara kamu memegangi telapak kaki.

Naik tangga

Seseorang yang sedang hamil tua mungkinkan merasa kesulitan untuk naik turun tangga. Akan tetapi, sebenarnya olahraga ini merupakan olahraga yang sangat bermanfaat bagi kamu untuk melahirkan dengan selamat. Selain itu, naik turun tangga juga bisa membantu menjaga tekanan darah dan membuat posisi bayi lebih baik serta membantu memudahkan proses kontraksi ketika terjadi pembukaan.

Itulah beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil yang aman. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply