Uncategorized

Inilah 7 Makanan Khas Sunda yang Enak dan Terkenal

Jangan Lupa Share ya

Setiap wilayah di Indonesia pasti memiliki makanan khasnya sendiri, tidak terkecuali Jawa Barat yang terkenal akan masakan Sundanya. Makanan Sunda terkenal dengan rasanya yang manis, asam dan pedas. Banyak sekali jenis makanan Sunda yang bisa kamu cicipi. Jika kamu ingin mencoba makanan khas Sunda namun masih bingung makanan mana yang cocok dengan lidah kamu, sejumlah makanan di bawah ini tentu tidak boleh terlewatkan, apa saja itu? Mari simak ulasannya di bawah ini:

Makanan Khas Sunda yang Enak dan Terkenal

Nasi Liwet

Nasi liwet tentu sudah tidak asing di telinga kamu bukan? Biasanya nasi liwet disajikan jika ada acara-acara khusus atau saat merayakan sesuatu. Tidak jarang nasi liwet disajikan di atas daun pisang dan dimakan secara bersama-sama. Sebenarnya, nasi liwet sendiri memiliki dua versi yaitu nasi liwet yang asalnya dari Solo dan nasi liwet yang asalnya dari Sunda. Dua nasi liwet ini tentu berbeda. Hal yang membedakannya adalah bahan dan proses memasaknya. Pada nasi liwet solo biasanya menggunakan santan, sedangkan pada nasi liwet Sunda tidak menggunakan santan sama sekali selama proses pembuatannya. Namun nasi liwet Sunda ini tetap gurih karena menggunakan banyak rempang, seperti bawang putih, bawang merah, kemangi, serai, jambal roti sampai daun salam. Biasanya nasi liwet ini ditemani dengan sayur asam, ikan bahar, tempe, tahu hingga ikan asin.

Empal Gepuk

Empal gepuk tentu berbeda dengan empal gentong. Meski penamaannya memang hampir sama. Empal gepuk terdiri dari potongan daging sapi yang diolah dengan rempah-rempah dan punya cita rasa yang manis. Proses pemasakannya pun cukup rumit karena proses ungkep yang cukup lama hingga bumbu dapat meresap secara sempurna ke dalam daging. Setelah diungkep daging tersebut digoreng sampai kering hingga akhirnya siap disantap dengan nasi putih hangat. Dikarenakan prosesnya yang cukup lama membuat daging empal gepuk sangat empuk.

Laksa Bogor

Makanan berikutnya yang harus kamu cicipi adalah laksa bogor. Laksa sendiri memang cukup terkenal di Asia Tenggara. Sebab laksa tak hanya dapat ditemukan di Indonesia tapi juga negara lainnya seperti Singapura. Namun laksa Bogor tentu berbeda dari laksa Singapura. Ciri khas dari laksa Bogor yaitu disajikan dengan oncom. Sejumlah rempah pun olah hingga menghasilkan cita rasa laksa yang menggugah selera. Sementara itu untuk isiannya sendiri, laksa Bogor terdiri dari suwiran ayam, toge, bihun, daun kemangi, dan telur ayam.

Docang

Docang merupakan makanan khas Sunda yang terdiri dari ketupat dan saus kacang. Jika dilihat sekilas docang ini tidak jauh beda dengan ketoprak atau kupat tahu. Namun ada hal yang membedakannya, yaitu tekstur dari saus kacangnya. Docang sendiri memiliki tekstur bumbu kacang yang agak kasar. Kadang saus kacang docang dicampur dengan cabai agar cita rasa sedikit pedas.

Mie Kocok

Mie kocok merupakan sajian tepat saat kamu ingin makanan yang segar dengan kuah melimpah. Makanan khas Sunda ini terdiri dari mie kuning, baksi, kikil, toge dan daun bawang, yang kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi. Nama mie kocok sendiri berasal dari proses pembuatannya, karena mie harus dikocok dulu sebelum akhirnya di sajikan. Tidak jarang juga sajian ini dilengkapi dengan kecap dan sambal untuk menambah citarasanya. Makanan ini akan makin sedap jika disantap di kala hujan.

Lotek

Lotek merupakan makanan khas Sunda yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mungkin saat kamu melihatnya sepintas, lotek ini tidak jauh beda dari gado-gado. Hanya saja, ada hal yang membedakan keduanya yaitu sambal kacangnya yang dicampurkan dengan bumbu lain seperti bawang putih, terasi dan gula merah sehingga rasa lotek lebih manis. Sambal kacangnya ini kemudian disiram ke sayur mayur yang sudah direbus sebelumnya seperti toge, labu, nangka muda dan kangkung. Biasanya lotek ini akan disantap bersama nasi atau pun lontong. Dijamin rasanya juara.

Bakakak Ayam

Bakakak Ayam merupakan kuline khas Sunda yang wajib kamu coba. Sajian ayam khas Sunda ini sebenarnya tak jauh beda dari ayam bakar. Hanya saja bumbu bakakak ayam ini berbeda. Bakakak ayam biasanya disajikan dengan sambel hijau atau pun merah. Selain itu, saat kamu memesan satu porsi bakakak ayam, maka kamu bisa menyantapnya dengan beberapa temanmu karena bakakak ayam merupakan ayam utuh yang dipanggang. Bakakak ayam biasanya disajikan di hari-hari besar seperti pernikahan, sunatan dan lain sebagainya.

Itulah sejumlah makanan khas Sunda yang wajib kamu coba. Dijamin, makanan-makanan di atas tidak akan mengecewakan lidah kamu. Terlebih makananĀ  tersebut pun tidak sulit kamu dapatkan saat kamu berkunjung ke daerah Sunda. Untuk itu, jangan sampai kamu melewatkan makanan-makanan di atas. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply