Religi

Inilah 7 Fadhilah Sholat Tahajud yang Akan Kamu Dapatkan

Jangan Lupa Share ya

Seorang muslim yang bertaqwa pastinya harus melakukan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu yang diperintahkan oleh Allah adalah menunaikan shalat. Shalat yang diwajibkan adalah shalat fadhu sebanyak 5 kali dalam sehari. Sementara itu masih banyak shalat Sunnah yang bisa dilaksanakan atau tidak karena bersifat Sunnah. Tapi jika dilakukan tentu saja akan mendapat pahala dari-Nya dan juga akan mendapatkan fadhilah bagi yang menjalankannya. Salah satu shalat Sunnah yang sangat dianjurkan adalah shalat tahajjud.

Shalat tahajud sendiri adalah shalat Sunnah yang dikerjakan di malam hari, yaitu di waktu seperti tiga malam sekitar pukul 03.00 dini hari. Seperti tiga malah sendiri merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Jika berdoa di waktu tersebut, kemungkinan besar doanya akan terkabut sebab para malaikat akan turun ke bumi. Shalat Sunnah tahajud dilakukan sedikitnya 2 rakaan dan paling banyak tidak ada batasannya. Setelah itu diakhiri oleh salat witir sebagai penutup.

Diriwayatkan Aisyah R.A, ia berkata :

“Nabi SAW mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,’Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,’Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

Mereka yang istiqomah dalam menjalankan shalat tahajud akan senantiasa lebih mudah mengontrol emosinya, sebab mereka memiliki ketenangan dan kedamaiana jiwa. Ada sejumlah manfaat shalat tahajud yang akan didapatkan mereka yang menjalankannya.

Penghapus Dosa dan Mencegah Perbuatan Dosa

Shalat tahajud adalah Ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bila kita menginginkan sesuatu, maka kita harus mendekatkan diri kepada-Nya, misalnya ingin diampuni dosa-dosa atau pun ingin dimudahkan dalam suatu hal. Shalat tahajud pun sangat baik bagi kamu yang ingin meminta ampun kepada-Nya dan bertaubat.

Waktu pelaksanaannya yang hanya di sepertiga malam membuat shalat tahajud hanya dilaksanakan oleh orang-orang dengan niat bulat dan tulus. Mereka biasanya melakukan shalat tahajud secara rutin dan istiqomah.

Jaminan Masuk Surga

Orang yang melaksanakan shalat tahajud dengan ikhlas, maka mereka akan dijamin masuk surga. Hal ini sendiri telah diriwayatkan di sebuah hadits, yaitu jaminan masuk surga untuk orang-orang yang melaksanakan shalat tahajud.

Jaminan masuk surga sendiri merupakan bayaran yang dianggap pantas untuk orang-orang yang melakukan shalat tahajud. Sebab saat orang lain terlelap dalam tidurnya, mereka mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat tahajud.

Mendapat Keringanan Ketika Dihisab di Akhirat

Seperti yang kamu tahu, saat kita di akhirat tidak akan ada yang bisa menolong kita, kecuali amal yang sudah kita lakukan di dunia. Saat hisab dilakukan, amal kitalah yang akan menentukan kita masuk surga atau pun neraka. Saat ditimbang, jika amal kita lebih berat maka kita akan masuk surga, tapi jika yang terjadi sebaiknya maka kita akan masuk neraka.

Seorang muslim yang istiqomah dalam melakukan shalat tahajud, maka akan mendapat keringanan saat dihisab di akhirat kelak. Doa-doa pengampunan yang sudah kita panjatkan saat sholat tahajud akan dikabulkan karena berdoa di waktu mustajab.

Tanda Takwanya Terlihat di Muka

Orang yang terbiasa melaksanakan shalat tahajud maka akan sangat terlihat di wajahnya yang bersinar. Hatinya pun akan selalu dituntun untuk melakukan kebaikan, karena shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Shalat tahajud pun dapat menjaga keimanan seseorang agar tetap ada di dalam hati sehingga selalu bersyukur dan ingat kepada Allah SWT.

Melancarkan Aliran Darah di Tubuh

Shalat tahajud dilaksanakan pada waktu yang sangat pagi yaitu jam 03.00 pagi. Di saat tersebut banyak orang yang masih terlelap di tidurnya. Namun orang muslim yang taqwa dan ingin lebih dekat kepada sang pencipta tentu akan melaksanakan shalat tahajud. Ternyata, shalat tahajud tidak hanya dapat lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta, namun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Saat udara masih bersih, oksigen masih belum banyak tercemar, maka dapat menyehatkan paru-paru, melancarkan peredaran darah dan juga menyehatkan tubuh.

Membesarkan Rongga Paru-Paru

Manfaat shalat tahajud lainnya untuk tubuh ada terdapat gerakan shalat tahajud. Gerakan shalat yang sering kita lakukan ternyata memiliki banyak sekali arti dan manfaatnya. Salah satu gerakan shalat yang bermanfaat bagi tubuh yaitu gerakan takbiratul ikhram yang kemudian kita bersidekap. Gerakan takbiratul ikhram ternyata dapat membuka rongga paru-paru menjadi lebih besar sehingga dapat melancarkan jalannya udara ke paru-paru. Hal ini akan berdampak baik bagi kesehatan paru-paru.

Pikiran Jauh Lebih Tenang dan Segar

Sejumlah aktivitas yang kita lakukan seharian tentu akan membuat badan butuh istirahat sejenak. Setelah kita bangun pagi di sepertiga malam, maka kita akan merasa pikiran lebih jernih dan juga segar kembali. Di waktu yang sangat bagus tersebut, kita bisa melepaskan beban kita sejenak dan menyerahkan seluruhnya pada Allah SWT, Sang Maha Pemberi Pertolongan dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.

Itulah sejumlah fadhilah yang bisa kamu dapatkan dari menjalankan shalat tahajjud. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply