Uncategorized

Ini Dia Perbedaan Sohc Dan Dohc, Lebih Unggul Mana?

Motor merupakan kebutuhan yang selalu di butuhkan setiap orang untuk mempermudah transportasi jarak jauh secara lebih cepat di bandingkan mobil. Dalam hal ini motor hadir dengan mesin yang berbeda-beda. Biasanya, dalam hal ini akan ada label yang bertuliskan DOHC dan SOHC. Label ini pasti ada karena memang merupakan tanda konfigurasi katup pada motor.

Nah, bagi mereka yang banyak menyentuh mesin baik di sekolah maupun di bengkel, maka tentu sudah familiar dengan nama tersebut. Akan tetapi, bagi Anda yang belum banyak mengenal tantang dunia permesinan tersebut, tentu saja cukup penasaran dengan apa yang di maksud dengan keduanya.

Baik DOHC maupun SOHC ini merupakan kedua hal yang berbeda. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengenal lebih jauh tentang keduanya, silahkan Anda ketahui terlebih dahulu perbedaan SOHC dan DOHC. Sedangkan untuk informasi lebih lanjut tentangnya, silahkan langsung Anda simak ulasannya berikut ini.

Apa Yang Di Maksud Dengan SOHC Dan DOHC?

Sebelum mengenal lebih jauh tentang perbedaannya, maka Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa yang di maksud baik SOHC maupun DOHC. Dalam hal ini, SOHC merupakan singkatan dengan kepanjangan Single overhead camshat. Sesuai dengan namanya yang menyandang predikat single, tentu saja SOHC ini tunggal. Sedangkan yang di maksud dengan SOHC merupakan konfigurasi yang ada di satu poros saja untuk menggerakkan seluruh katup.

Berbeda dari SOHC, DOHC tidak lain merupakan kepanjangan dari double, overhead camshat. Nah, jika SOHC konfigurasinya hanya ada di satu poros, maka untuk DOHC ini konfigurasinya ada di dua poros. Dua poros ini akan menggerakkan empat buah katup yang ada. Penggunaan konfigurasi ini pada dasarnya adalah di high performa engine. Oleh karena itulah di jumpai jumlah katup yang di tambah. Tujuannya agar penyaluran materi pembakaran bisa tetap ringan namun lebih cepat.

Letak perbedaan utama SOHC dan DOHC

Setelah mengetahui pengertian diatas, sebenarnya dari namanya aja sudah terlihat apa yang membedakan kedua jenis ini. Yang pertama adalah single dan yang kedua adalah double. Dengan kata lain perbedaannya adalah, SOHC memiliki satu poros dan untuk DOHC memiliki dua buah poros. Dalam hal ini masing-masing tentu saja dampaknya akan berbeda pada penggunaan mesin.

Nah, berbicara mengenai penggunaannya, SOHC yang memiliki hanya satu poros saja tentu tidak sekuat DOHC. Dalam hal ini DOHC menggunakan 4 katup sehingga performa yang di tawarkan jauh lebih tinggi. Banyak kelebihan yang di berikan tentunya. Tidak hanya masalah kecepatan dan keringanan proses pembakaran sebagaimana yang telah di sebutkan. Dalam hal ini pengeluaran gas sisa pembakaran pun juga semakin cepat dan mudah.

DOHC dalam hal ini menggunakan dua katupnya dalam proses hisap. Dengan begitu materi pembakaran pun akan lebih cepat mengisi ruang silinder. Hal ini akan membuat komparasi naik. Dengan begitu, tentu saja akan berpengaruh besar bagi daya mesinnya.

Perbedaan Keduanya Selain Performa

Beberapa aspek di atas tentu saja sudah menampilkan dengan jelas apa sebenarnya yang membedakan kedua jenis ini. Namun, di samping perbedaan SOHC dan DOHC di bidang performa yang berbeda, masih ada lagi perbedaan yang cukup menonjol yakni konstruksinya. Namun, perbedaan konstruksi ini juga dipengaruhi oleh jumlah katup antara kedua jenis yang berbeda pula.

Dalam hal ini SOHC yang tidak mengandalkan begitu banyak katup membuat proses kerjanya lebih ringan karena penekanan tidak terlalu berat. Namun, untuk DOHC tetap memiliki kelebihan lain di mana keluar masuknya udara menjadi lebih lancar dengan lebih banyaknya katup yang di pasang.

Lalu, Mana Yang Lebih Unggul?

Kalau berbicara mana yang unggul antara DOHC dan SOHC, maka jawabannya tetap tergantung pada kebutuhan. Namun tidak dapat di pungkiri juga jika kelebihan DOHC pun lebih banyak dan lebih menarik. Oleh karena itu, jika Anda memang membutuhkan yang memiliki performa tinggi, lebih baik memilih DOHC saja. Meski demikian, jika Anda terlanjur memiliki yang SOHC, jangan khawatir karena SOHC pun juga masih sangat recommended.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan SOHC dan DOHC yang perlu Anda ketahui. Dalam hal ini untuk menentukan mana yang akan menjadi pilihan Anda adalah Anda sendiri. Oleh karena itu, sebelum menentukan mana yang lebih tepat, silahkan Anda cermati terlebih dahulu keduanya. Terimakasih dan semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply