Gadget /Komputer

Ini Dia Perbedaan Skylake dan Kaby Lake

Beberapa tahun ke belakang ini intel telah merilis beberapa prosesor dari keluar Skylake dan Kabylake. Kedua intel tersebut memiliki beberapa kesamaan, seperti menggunakan fabrikasi 14 nm dan soket LGA1151 yang digunakan oleh keduanya.

Kabylake diproseksikan sebagai prosesor generasi penerus dari Skylake atau Core i 6th Generation. Meskipun begitu, tentu saja tetap ada perbedaan mendasar dari kedua jenis prosesor tersebut. Untuk mengetahui perbedaan tersebut Anda harus menyimak beberapa ulasan berikut.

Skylake

Intel skylake merupakan prosesor yang biasa disebut juga dengan Core i 6th Generation. Proses ini dapat digunakan untuk PC yang sudah berumur bertahun-tahun, misalkan PC yang berbasis Ivy Bridge, Sandy Bridge, dan Nehalem. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu terkait prosesor Skylake ini. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait prosesor Skylake…

  1. Menggunakan soket baru LGA1151

Nama resmi dari keluarga Skylake ialah Core i 6th Generation, yang menggunakan soket baru, yaitu LGA1151. Soket yang dipakai pada skylake tidak dapat dipakai oleh prosesor Skylake generasi sebelumnya, karena tentu saja mereka soket antara Core i 6th berbeda dengan generasi sebelumnya dari Core i, misalkan yang menggunakan soket LGA1150, LGA1155, dan LGA1156. Anda juga tidak akan bisa menggunakan prosesor haswell, ivy bridge, Nehalem, Broadwell, Sandy Bridge pada skylake.

  1. Seri K tidak dipaketkan dengan HSF

Prosesor seri K termasuk keluarga dari Skylake. Ada yang berbeda dari paket penjualan prosesor seri K ini, karena paket penjualannya tidak menyertakan HFS standar pada pakert tersebut. Jadi apabila membeli Skylake seri K Anda harus menyediakan sendiri sistem pendingin untuk menjalankan personal computer (PC) jenis itu.

  1. Skylake tipe K butuh pendingin yang mumpuni

Skylake tipe K ini berpotensi menghasilkan panas yang lebih tinggi dari prosesor core i jenis sebelumnya, yaitu diklaim bahwa Skylake tipe K memiliki TDP 91 Watt, sehingga sebaiknya pendingin yang digunakan untuk PC yang menggunakan prosesor jenis ini menyediakan pendingin yang dapat menahan panas hingga 130 watt. Jadi Anda tidak bisa sembarangan memilih pendingin untuk PC dengan prosesor jenis ini, karena ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, misalkan Anda dapat melihat performa pendingin tersebut dari rating atau review-review dari pendingin yang akan Anda gunakan untuk Skylake tipe K ini.

  1. Pendingin LGA115X Kompatibel

Soket LGA1151 ternyata masih menggunakan mounting yang sama dengan LGA115X, terkait pendingin, Anda dapat menggunakan pendingin dari LA115X untuk PC dengan soket LGA1151. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari pendingin yang cocok untuk PC jenis tersebut. Meskipun paket penjualannya tidak menyertakan pendingin, Anda dapat menggunakan pendingin dari LA115X misalkan.

Kabylake

Kabylake merupakan prosesor generasi ke-7 yang dirilis oleh intel. Prosesor ini diperkirakan akan menjadi penerus dari prosesor sebelumnya, yaitu Skylake Core i 6th generasi. Intel kabylake ini secara arsitektur menjadi prosesor ke-3 yang menggunakan fabrikasi 14 nm, sebelumnya sudah ada Skylake dan Broadwell.

Dari soketnya tidak ada perubahan dari Core i 6th Generasi, yaitu menggunakan LGA1151. Jika prosesor Skylake didukung oleh chipshet intel 100: H110, H170, B150, dan Z170, prosesor Kabylake didukung oleh chipshet intel 200 series. Sebenarnya tidak banyak perbedaan Skylake dan Kabylake, agar Anda dapat membedakan antara keduanya, Anda dapat melihat dari spesifikasi yang dimiliki oleh prosesor Kabylake ini. Berikut beberapa spesifikasi dari Kabylake…

Spesifikasi Kabylake:

  • Soket menggunakan LGA1151, 14 nm manufacturing process
  • Support for intel optane technologhy
  • Support for Thunderbolt 3
  • Up to four cores as the default mainstream configuration
  • 64 to 128 MB L4 eDRAM cache on certain SKUs.
  • Support for both DDR3L SDRAM and DDR4 SDRAM in mainstream variants, using custom UniDIMM SO-DIMM form factor.
  • Full fixed function HEVC Main10/10bit decoding acceleration & VP9 10bit decoding acceleration.
  • Support for 16 PCI Express 3.0 lanes from CPU, 24 PCI Express 3.0 lanes from PCH (LGA 1151)
  • Thermal design power (TDP) up to 95 W (LGA 1151).
  • Introduce 256 byte block cache line for L1 cache (twice of bandwidth from Haswell and Skylake), L2 cache is still remain 256 byte cache line (512 byte in prefetch mode).
  • 200 Series chipset (Union Point)

Nah, itulah beberapa perbedaan Skylake dan Kabylake. Keduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekian pembahasan terkait perbedaan Skylake dan Kabylake kali ini, semoga artikel kami ini dapat bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply