Sports /Hobi /Otomotif

Ini Dia Perbedaan NMax ABS dan Non ABS yang Mesti Kamu Ketahui

Jangan Lupa Share ya

NMax adalah salah satu versi motor matic keluaran yamaha. Baru-baru ini Yamaha meluncurkan Yamaha Nmax 155 versi non ABS. Sejak peluncurannya, produk motor satu ini mendapat respon yang luar biasa. Penjualannya sangat bagus mulai dari Offline order hingga jalur Online order. Bahkan penjualannya mencapai 1000 unit yang habis hanya dalam kurun waktu 12 jam saja. Pencapaian tersebut lebih besar jika dibandingkan Nmax versi terdahulunya atau versi ABS. Hal itu mungkin karena NMax ABS lebih mahal, namun spesifikasi dan fiturnya lebih lengkap.

NMax merupakan salah satu keluaran yang menjadi kekuatan penjualan dan branded Yamaha di Indonesa. Dibandingkan dengan produk kompetitor (Honda PCX 150) yang dibanderol lebih mahal, NMax mampu lebih laris manis dan melenggang mulus. Hal itu terjadi mungkin karena Yamaha NMax sudah diproduksi di Indonesia. Sedangkan Honda PCX diproduksi di Vietnam.

Seperti yang diinformasikan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengenai perbedaan Nmax ABS dan non ABS, bahwa perbedaan dari NMax ABS dan non ABS hanya terletak pada sistem ABSnya saja. Dimana sistem ABS memiliki perangkat operasionalnya dan media ABS-nya seperti ECU ABS, speedometer, NMax tanpa piranti ABS (pasti), logo ABS yang hanya terdapat pada NMax ABS. Untuk non ABS tidak memiliki perangkat yang cicakkreatip sebutkan diatas, part diatas cuma ada pada versi ABS saja.

Perbedaan lain juga ada pada berat motor, dimana Nmax non ABS lebih ringan 1 kg. Untuk urusan performa, dikatakan sama..enaggaka ada rombakan, tenaga masih sama dengan versi ABS, yakni tenaga maksimal 11,1 kW/8000 rpm dan torsi maksimal 14,4 Nm/6000 rpm.

Nmax non ABS ini dihargai Rp. 23.5 jta OTR Jakarta, warnanya juga lengkap layaknya versi ABS, ada 4 warna diantaranya Supreme Gunmetal (abu-abu), Zenith Black (hitam), Premier White (putih), Climax Red (merah).

PERBEDAAN NMAX ABS DAN NON ABS

Pada dasarnya, NMax ABS dan Non ABS tidak terlalu banyak memiliki perbedaan. Kedua versi tersebut memiliki desain body dan mesin yang sama persis.

Perbedaan yang terlihat nyata dapat kita lihat dari namanya. Yaitu, intinya NMax versi non ABS sudah jelas tidak terdapat hidrolik ABS, indikator ABS pada panel meternya dan ECU. Perbedaan lainnya adalah dilihat dari Sticker yang digunakan dan juga bobot dari Non ABS lebih ringan daripada yang ABS.

Ada 4 perbedaan antara Nmax ABS dan Nmax non ABS. Diantaranya:

  • Sistem ABS,

Nmax non ABS jelas tidak memiliki fitur pengereman canggih ini seperti di NMax ABS.

  • Indikator ABS,

Karena tidak ada fitur ABS, maka indikator ABS pada spedometer Nmax non ABS pun dihilangkan.

  • ECU,

Settingan ECU Nmax dan NMax non ABS mengalami perubahan pastinya dengan dilepasnya fitur ABS.

  • Bobot,

Tanpa ada perangkat ABS, berat NMax non ABS menjadi lebih ringan 1 kg dari NMax ABS. Berat Nmax non ABS 119kg.

Spesifikasi NMAX Non ABS

MESIN

  • Tipe Mesin : 4 Langkah, SOHC, berpendingin cairan
  • Kapasitas mesin : 155cc
  • Jumlah/Posisi silinder : Single cylinder
  • Diameter x langkah : 58 x 58.7 mm
  • Perbandingan kompresi : 10.5 : 1
  • Daya maksimum : 11.1 kW/8000 rpm
  • Tenaga maksimum : 14.4 Nm/6000 rpm
  • Sistem bahan bakar : FI (Fuel Injection)
  • Sistem starter : Starter elektrik
  • Sistem pelumasan : Basah
  • Kapasitas oli mesin : Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
  • Tipe kopling : Kering, Centrifugal Automatic
  • Tipe transmisi : V-Belt Automatic

DIMENSI

  • P x L x T : 1.955mm x 740mm x 1.115mm
  • Jarak sumbu roda : 1.350mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135mm
  • Tinggi tempat duduk : 765mm
  • Berat isi : 127 kg
  • Kapasitas tangki bensin : 6.6 liter

RANGKA

  • Tipe Rangka : Underbone
  • Suspensi depan : Teleskopik
  • Suspensi belakang : Unit swing
  • Ban depan : 110/70 – 13 M/C 48P
  • Ban belakang : 130/70 – 13 M/C 63P
  • Rem depan : Single disc brake (Tanpa piranti ABS)
  • Rem belakang : Single disc brake (Tanpa piranti ABS)

KELISTRIKAN

  • Sistem pengapian : TCI
  • Battery : YT27V
  • Tipe busi : NGK/CPR8EA-9

Spesifikasi NMax ABS

MESIN

  • Tipe Mesin : Liquid Cooled 4- Stroke, SOHC
  • Jumlah/Posisi Silinder : Single Cylinder
  • Kapasitas Mesin : 155cc
  • Diameter X Langkah : 58,0 mm x 58,7 mm
  • Perbandingan Kompresi : 10,5 : 1
  • Daya Maks : 11,1 kw / 8000 rpm
  • Torsi Maks : 14,4 Nm / 6000 rpm
  • Sistem Starter : Electric starter
  • Sistem Pelumasan : Basah
  • Kapasitas Oil Mesin : Total – 1,00 L ; berkala 0,90 L
  • Sistem Bahan Bakar : FI (Fuel Injection)
  • Tipe Kopling : Kering, Centrifugal Automatic
  • Tipe Transmisi : V-belt Automatic

DIMENSI

  • P x L x T : 1,955 mm x 740 mm x 1,115 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1,350 mm
  • Jarak Terendah Ke Tanah : 135 mm
  • Tinggi Tempat Duduk : 765 mm
  • Berat Isi : 127 kg
  • Kapasitas tangki bensin : 6,6 L

RANGKA

  • Tipe rangka : Underbone
  • Suspensi Depan : Teleskopik
  • Suspensi Belakang : Unit Swing
  • Ban Depan : 110/70 – 13 M/C 48P
  • Ban Belakang : 130/70 – 13 M/C 63P
  • Rem Depan : Single Disc Brake
  • Rem Belakang : Single Disc Brake

KELISTRIAKAN

  • Sistem pengapian : TCI
  • Battery : YTZ7V
  • Tipe Busi : NGK/CPR8EA-9

Nah itulah perbedaan dari NMax ABS dan non ABS. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya! (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply