Home /Food

Ini Dia Perbedaan Mentega dan Margarin yang Jarang Diketahui

Ini Dia Perbedaan Mentega dan Margarin yang Jarang Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Ini Dia Perbedaan Mentega dan Margarin yang Jarang Diketahui

Memasak nyatanya bukan sekedar mengolah bahan makanan. Ternyata dalam memasak pun dibutuhkan yang namanya pengetahuan. Nah, pengetahuan ini tak sekedar cara memproses maupun mengolah masakan yang benar. Namun juga soal berbagai bahan yang akan di olah, kita pun harus mengetahui nya.

Salah satu pengetahuan soal bahan makanan yang penting diketahui adalah mentega dan margarin. Beberapa di antara kita mungkin masih menyamakan antara mentega dan margarin. Kerena selain bentuk dan warna nya yang hampir serupa, rasa hingga teksturnya pun sama. Padahal keduanya adalah bahan yang berbeda.

Tak jarang, banyak di antara kita yang tidak tahu perbedaan mentega dan margarin. Aroma yang dimiliki keduanya pun sama. Lalu bagaimana cara membedakannya? Apabila ditelisik dan diamati secara detail dalam keduanya terdapat beberapa perbedaan. Sebelum lebih jauh membahas perbedaannya, simak sedikit ulasan tentang mentega dan margarin berikut.

Pengertian Mentega

Mentega atau nama lainnya butter atau wisjman ini merupakan bahan makanan olahan yang diproses murni dari susu. Bahan utama pembuatannya adalah lemak hewani yang berasal dari susu. Dalam satu sendok makannya saja, mentega mengandung setidaknya 100 kalori. Mentega umumnya banyak digunakan sebagai bahan pembuatan saus, kue, serta pan frying.

Mentega banyak dipakai karena dapat menciptakan aroma dan rasa yag lebih khas dibanding margarin. Bahkan rasanya pun lebih pekat dan kaya. Mentega memiliki kepadatan yang cukup ketika disimpan di ruangan yang bersuhu rendah, seperti kulkas. Berbeda jika berada pada suhu ruangan, teksturnya menjadi lebih lembut. Dan apabila pada suhu lebih 30 derajat celcius akan meleleh.

Pengertian Margarin

Yang berikutnya adalah margarin. Meski tidak di pungkiri keduanya hampir serupa, margarin merupakan bahan olahan dari lemak nabati. Bahan utama pembuatannya adalah minyak sayur, air, garam, dan emulsifier. Namun beberapa jenis margarin juga ditambah susu sebagai bahan pembuat tambahannya.

Di pasaran kita akan menjumpai margarin yang dijual dalam bentuk batangan ataupun kemasan dalam wadah. Berbeda dengan mentega, margarin sangat tergantung dengan kandungan lemak, minyak sayur dan juga air. Maka dari itu semakin kadar airnya tinggi, maka akan semakin rendah pula kadar lemaknya.

Keunggulan lain dari margarin dibanding mentega adalah kandungan lemak tidak jenuh nya karena murni terbuat dari minyak sayur. Untuk kandungan kalorinya sama dengan mentega yaitu sebesar 100 kalori per satu sendok makan.

Ini Dia Perbedaan Mentega dan Margarin yang Jarang Diketahui

Baca Juga: PERBEDAAN MINYAK DAN LEMAK YANG HARUS KAMU TAHU

Perbedaan Mentega dan Margarin

Setelah mengetahui pengertian masing-masing mentaega dan juga margarin, berikut adalah perbedaan mentega dan margarin. Secara umum, perbedaan keduanya adalah terletak dari asal bahan pembuatannya. Tapi jangan salah, juga masih ada perbedaan lain antara keduanya, penjelasannya adalah sebagaimana berikut:

Bahan pembuatan mentega dan margarin berbeda

Pada mentega, bahan pembuatannya adalah lemak hewani yang berasal dari pengolahan susu dan minyak ikan. Sedangkan untuk margarin adalah berasal dari lemak nabati yang diproses dari minyak sayur atau kelapa sawit dan minyak jagung.

Perbedaan Kandungan mentega dan margarin

Keduanya dibuat dan diproses dengan bahan berbeda sehingga kandungan yang ada di dalamnya pun berbeda. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh yang beresiko kolestrol. Sedangkan margarin, mengandung lemak tak jenuh karena berasal dari nabati. Kendati demikian, keduanya sama-sama mengandung 100 kalori per satu sendok makan.

Kandungan utama dalam margarin yaitu omega 3 dan omega 6 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, margarin lebih dianjurkan ketimbang mentega yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Secara penggunaan nya pun keduanya berbeda, terutama karena asal bahan pembuatannya.

Mentega dan margarin memiliki penggunaan yang berbeda

Mentega yang memiliki kadar lemak tinggi banyak digunakan untuk membuat kue, cake dan berbagai jenis olahan roti lainnya. Margarin yang asalnya dari minyak sayur cenderung lebih cocok digunakan untuk menumis ataupun menggoreng makanan.

Dalam hal penyimpanannya pun mentega dan margarin ada caranya sendiri. Kebanyakan mentega tidak tahan akan suhu panas, sehingga akan mudah meleleh. Namun, berbeda dengan margarin meski disimpan lama di udara terbuka atau pada suhu ruangan tidak akan mudah meleleh. Mentega yang dibiarkan di ruangan terbuka pun akan lebih cepat mengalami degradasi mutu. Umumnya warna akan berubah, lembek dan aromanya pun menjadi tengik.

Itulah perbedaan mentega dan margarin telah yang perlu Anda ketahui, sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Jihan Ariya

Halo Guys Salam Kenal, Semoga Sehat dan Sukses Selalu .. Aamiin 🙂 Follow me @Linkedin dan Sekarang lagi berkecimpung dengan blog pribadi reomit.com
Jihan Ariya

Latest posts by Jihan Ariya (see all)

Leave a Reply