Beauty & Health

Ini Dia Perbedaan Lemon Dan Jeruk Nipis Yang Kadang Bikin Bingung

jeruk lemon dan jeruk nipis

Jangan Lupa Share ya

perbedaan jeruk lemon dan jeruk nipis

Buah-buahan merupakan salah satu makanan dengan nutrisi yang tinggi di mana terdapat kandungan vitamin serta menjaga kesehatan tubuh bagi orang-orang yang rutin mengonsumsinya. Salah satu buah yang memiliki antioksidan tinggi ialah buah jeruk, sebab buah jeruk memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi antioksidan terbaik untuk tubuh dan mampu menangkal radikal bebas dengan baik.

Banyak sekali orang yang beranggapan jika jeruk lemon dan juga jeruk nipis merupakan satu jeruk yang sama. Akan tetapi rupanya kedua jeruk ini merupakan dua spesies yang berbeda yang artinya terdapat perbedaan dimulai dari warna rasa, bentuk, dan juga khasiatnya.

Nah, pastinya kamu pun penasaran dengan perbedaan jeruk nipis dan lemon. Untuk itu kamu bisa menyimak beberapa penjelasan di bawah ini:

Terdapat Perbedaan Dari Asal Usul Dan Juga Bentuknya


Untuk perbedaan yang pertama dari jeruk lemon dan jeruk nipis ialah asal-usulnya. Jeruk nipis yang mempunyai nama ilmiah citrus aurantifolia merupakan spesies jeruk yang asalnya dari daratan Asia tenggara, sedangkan jeruk lemon yang memiliki nama latin citrus limon ialah spesies jeruk yang asalnya dari daratan Asia timur.

Walaupun lemon dan juga jeruk nipis ini adalah jeruk yang berasal dari daerah berbeda akan tetapi kedua spesies ini sudah menyebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Bahkan telah banyak orang yang membudidayakan menjadi tanaman unggul terlebih lagi pada daerah yang memiliki iklim tropis.

Sedangkan pada perbedaan bentuk di antara keduanya memang sangat jauh berbeda. Jika buah lemon biasanya memiliki bentuk bulat lonjong sedangkan pada buah jeruk memiliki bentuk bulat padat. Bajkan dalam segi rasanya juga akan jauh berbeda, pada jeruk nipis rasanya cenderung asam dan sedikit pahit dan untuk jeruk lemon mempunyai rasa yang asam namun terdapat rasa manis walaupun sedikit.

Perbedaan Dari Segi Manfaat


Dikarenakan kedua jeruk ini mempunyai rasa yang berbeda maka manfaat di antara jeruk lemon dan jeruk nipis juga akan berbeda. Di tengah masyarakat penggunaan dari jeruk nipis biasanya akan dipakai menjadi bumbu masakan karena memang jeruk nipis ini mampu untuk menghilangkan bau amis pada menu makanan yang berbahan dasar ikan. Sedangkan pada jeruk lemon biasanya akan jauh lebih sering dipakai menjadi bahan baku cari pembuatan minuman sitrun.

Baca juga: Ketahui 10 Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Akan tetapi meskipun di antara keduanya mempunyai banyak perbedaan ada juga beberapa hal yang rupanya memberikan manfaat sama, yakni mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh karena memiliki kandungan vitamin c serta terdapat kandungan antioksidan yang sangat bagus untuk tubuh.

Perbedaan Dari Segi Kandungan Serta Khasiat Yang Diberikan

Ini Dia Perbedaan Lemon Dan Jeruk Nipis Yang Kadang Bikin Bingung


Perbedaan lemon dan jeruk nipis memang ada pada kandungan kimianya. Untuk buah lemon sendiri biasanya memiliki kandungan senyawa kimia yang berupa limonene, kandungan pektin, kandungan beta pinene felandren, kandungan asam sitrat, kandungan bioflavonoid genariol asetat, kandungan dari beberapa vitamin vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Bahkan jeruk lemon juga memiliki kandungan zat besi, kalsium, protein dan juga lemak.

Sedangkan untuk kandungan senyawa kimia yang dimiliki jeruk lemon di antaranya ialah kandungan asam askorbat, kandungan asam sitrun, kandungan lisin, kandungan lemon kampfer, kandungan glikosida, kandungan akyilaldehid, memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin B1, kemudian adanya kandungan zat besi, belerang, mineral dan juga kalsium.

Dikarenakan mempunyai kandungan kimia serta nutrisi yang cukup berbeda maka pengobatan dari jeruk nipis dan jeruk lemon tentu berbeda pula. Seperti yang kamu ketahui dari ke-2 jenis jeruk tersebut memang sangat akrab dipakai menjadi bahan obat herbal. Untuk jeruk lemon sendiri memang dipakai menjadi bahan obat anti kanker, obat penurun kolesterol, mencegah adanya pengerasan dari pembuluh darah, mengobati hipertensi dan juga batu empedu.

Sedangkan untuk jeruk nipis sendiri biasanya digunakan menjadi obat pereda amandel, mengobati ambeien, mengobati rasa nyeri saat haid, mengatasi datang bulan yang sering terlambat, dan juga mengobati perut yang mules.

Nah, dari beberapa perbedaan lemon dan jeruk nipis di atas semoga saja bisa membantu kamu untuk mengetahui jenis jeruk apa yang dibutuhkan. Bahkan kamu bisa dengan mudah mendapatkan kedua jenis jeruk ini. Dan semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi untuk kamu saat mengalami masalah seperti halnya yang telah disebutkan di atas.

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply