Uncategorized

Ini Dia Perbedaan Analisa Dan Analisis

Dalam dunia akademik, tentu saja tidak jarang Anda mendengar nama analisa dan analisis di sebutkan. Keduanya merupakan kata yang merujuk pada arti yang berhubungan dengan sebuah penelitian. Bukan hanya dalam dunia akademik, kadang di dunia kedokteran pun ini kerap di sebutkan. Bagi orang yang cukup awam, mungkin akan menganggap keduanya memiliki arti yang sama.

Sekilas kedua kata ini mungkin memang terdengar sama dan maknanya pun demikian. Namun ternyata jika di telusuri secara lebih dalam, ada perbedaan analisa dan analisis dari beberapa aspek. Ini pun sering sekali menjadi salah satu materi yang diujikan di beberapa jenjang pendidikan karena memang cukup jarang di ketahui.

Nah, jika Anda sering menemukan dua kata yang cukup identik tersebut, tentu saja harus mulai mengenalnya lebih lanjut. Apalagi jika saat ini Anda sedang dalam ranah akademisi, mempelajarinya tentu akan sangat berharga. Sedangkan untuk informasi mengenai keduanya, Anda tidak perlu khawatir karena ulasannya bisa Anda temukan di bawah ini.

Pengertian Kata Analisa dan Analisis

Sebelum membahas lebih lanjut dalam hal perbedaan antara kata analisa dan analisis, tentu saja sangat penting untuk mengenal apa pengertian keduanya. Dalam hal ini kedua kata tersebut menunjuk pada makna pengamatan atau sebuah penelitian. Namun secara lebih lanjut, pengamatan yang di lakukan merupakan pengamatan secara detail. Sehingga akan di hasilkan hasil pengamatan yang bisa dijadikan sumber rujukan dalam suatu hal.

Dari segi arti tersebut, analisa dan analisis tidak memiliki perbedaan karena sama-sama merujuk pada pengamatan secara detail. Sedangkan contoh penggunaannya adalah pada saat seorang detektif melakukan pengamatan pada sebuah kasus tertentu. Seorang dokter melakukan penelitian terhadap sebuah penyakit, atau seorang mahasiswa yang sedang menganalisis sesuatu untuk di jadikan sebagai bahan laporannya.

Mana yang Benar, Analisa attau Analisis?

Sekalipun memiliki makna atau definisi yang sama, namun tidak dapat di pungkiri jika kedua kata ini memiliki perbedaan. Setelah menyadari adanya perbedaan analisa dan analisis, tidak jarang orang menanyakan mana yang benar antara keduanya.

Nah, jika ada pertanyaan demikian, maka jawabannya adalah keduanya benar jika di gunakan dengan benar. Baik analisa maupun analisis memiliki penggunaan yang berbeda. Namun, jika di kaitkan dengan benar atau salah, keduanya pun benar tergantung bagaimana diaplikasikan. Jadi, untuk bisa mengetahui bagaimana aplikasinya yang benar sehingga bisa menggunakan dengan benar pula, Anda harus mempelajari lebih lanjut tentang penggunaannya.

Perbedaan Penggunaan Kata Analisa dan Analisis

Sebagaimana yang telah di jelaskan sebelumnya, antara analisa dan analisis ini keduanya memiliki makna yang sama dan tidak ada yang salah dari kedua kata tersebut. Namun, hanya penggunaannya saja yang harus di sesuaikan sehingga bisa menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat sasaran. Dan inilah titik perbedaan yang harus Anda pelajari.

Dalam hal ini kata analisa adalah kata yang merujuk pada makna ketika sedang bekerja. Atau bisa juga Anda menyebutnya sebagai kata kerja. Oleh karena itu ketika Anda sedang ingin mengungkap kata ini dalam bentuk pekerjaan atau verbal, yang di gunakan adalah kata analisa. Lain lagi dengan kata yang satunya. Kalau analisis merupakan kata benda atau biasa di sebut dengan noun dalam bahasa Inggris. Dalam hal ini, jika Anda menyebutkan hasil analisa maka yang di gunakan tentu saja adalah kata analisis.

Contoh Penggunaan Antara Kata Analisa dan Analisis

Untuk mempermudah pemahaman Anda terhadap perbedaan analisa dan analisis, maka akan sangat baik jika di sertakan contoh di dalamnya. Dalam hal ini contoh dari penggunaan kata analisa seperti kata “saya sedang menganalisa kasus ini”. penjabarannya adalah menganalisa berarti penggunaan kata analisa atau analisis dalam konteks kata kerja sehingga harus menggunakan kata analisa.

Sedangkan untuk contoh penerapan kata analisisnya adalah sebagaimana dalam kalimat “analisis ini di peroleh dari detektif A”. Penjelasan lebih lanjutnya adalah, kata analisa atau analisis dalam kalimat ini merujuk pada makna arti kata benda yang mana tidak menunjukkan arti pekerjaan sama sekali. Oleh karena itu, dalam menyebutkannya yang digunakan adalah kata analisis.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan analisa dan analisis yang sangat penting untuk Anda ketahui. Nah, setelah Anda mengenal apa perbedaannya, kini Anda bisa menerapkannya dengan benar. Selain itu, materi ini bisa juga Anda rujuk sebagai referensi ketika Anda mendapatkan tugas untuk membedakan keduanya. (elevenia)

Leave a Reply