Babies /Kids, Beauty & Health

Ini Dia Makanan Agar Anak Cerdas

Masa pertumbuhan merupakan masa yang dialami oleh setiap manusia. Dari masa pertumbuhan tersebut, masa pertumbuhan dari bayi sampai remaja merupakan masa pertumbuhan yang sangat penting, karena di masa pertumbuhan itulah kecerdasan otak anak pun ikut berkembang. Ada sejumlah faktor yang berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Mulai dari faktor keterunan, lingkungan dan makanan. Untuk itu, bila kamu ingin buah hatimu tumbuh menjadi anak yang cerdas, maka kamu harus memberikannya asupan makanan terbaik untuk menutrisi otaknya. Berikut ini sejumlah makanan terbaik yang dapat merangsang perkembangan dan kecerdasan otak anak.

Makan yang Dapat Mendukung Kecerdasan Otak Anak

Produk susu

Susu sangat baik untuk pertumbuhan anak, baik itu susu asi atau pun susu formula. Susu sendiri memang merupakan minuman sehat yang kaya akan sumber nutrisi seperti kalsium, protein, kalium, vitamin B dan D. Semua kandungan tersebut berperan penting untuk perumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan tentunya enzim. Saat bayi hingga anak-anak merupakan saat-saat di mana mereka benar-benar membutuhkan manfaat dari susu.

Tak hanya dikonsumsi dalam bentuk susu, kamu juga dapat memberikan buah hati kesayangan sejumlah produk susu, seperti yogurt atau keju.

Buah Beri

Buah-buah yang tergolong jenis berry seperti raspberry, blueberry dan stobery merupakan buah-buahan yang mengandung nutrisi penting bagi perkembangan otak. Beberapa di antaranya bahkan dapat memperbaiki daya ingat otak, sehingga mampu meningkatkan kemampuan daya ingat si kecil. Yang bermanfaat bagi pertumbuhan tak hanya daging buahnya saja, tapi juga biji buah berry pun sangat baik untuk pertumbuhan karena mengandung asam lemak omega 3 yan selama ini dikenal sebagai salah satu nutrusi yang memiliki peran dalam kecerdasan anak.

Telur

Telur adalah sumber protein yang paling mudah didapatkan dan juga diolah. Tak hanya soal harganya yang murah, telur pun bisa divariasikan menjadi sejumlah olahan yang sangat menggugah selera. Bagian telur yang paling banyak berperan dalam proses pertumbuhan adalah kuning telur karena kuning tersebut mengandung kolin yang bisa membantu dalam perkembangan otak, utamanya untuk perkembangan fungsi daya ingat. Zat ini dapat meningkatkan sel induk memori di dalam otak dan juga membuat buah hatimu tidak mudah lelah. Namun kamu perlu tahu jika konsumsi telur ini tidak boleh berlebihan. Cukup berikan satu butir saja kepada si kecil tiap harinya. Sebab kuning telur mengandung kolesterol yang tentunya tidak baik untuk si kecil jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kacang

Bila si kecil suka ngemil, maka berikanlah cemilan yang sehat seperti misalnya kacang-kacangan. Kacang adalah salah satu dari makanan yang kaya akan vitamin E dan anti oksidan yang berperan sebagai pelindung sel-sel otak dari radikal beas. Tak hanya baik untuk kemampuan berpikir si kecil, kacang pun dapat menjadi sumber energi yang baik. Sebab, kacan gmengandung vitamin E dan thiamin yang mampu mengubah glukosa menjadi energy bagi tubuh. Bahkan, sebuah penelitian menyebuthkan bahwa kacang merah mengandung banyak sekali asam lemak omega 3, khususnya ALA yang sangat penting bagi pertumbuhan dan juga perkembangan fungsi otak.

Gandum Utuh dan Berat Merah

Biji-bijian yang mengandung karbohidrat komplek seperti halnya beras merah, gandum dan oatmeal, sudah terbukti mengandung glukosa dan juga vitamin B yang sangat baik untuk kecerdasan otak. Sebab, bahan-bahan tersebut berfungsi untuk memelihara sistem saraf. Kandungan vitamin B yang terkandung dalam bahan-bahan tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh sistem saraf. Lancarnya darah tentu akan berguna untuk memberikan pasokan secara aktif seluruh bagian tubuh, termasuk otak. Tak hanya itu, gandum pun sangat kaya akan vitamin E, zinc dan potassium. Kandungan tersebut mendukung tubuh dan otak bekerja secara seimban dan optimal. Tidak lupa, kandungan seratnya pun sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan anak, utamanya kesehatan organ-organ pencernaan.

Ikan

Kamu pasti sudah tidak bisa mengelak jika ikan merupakan makanan yang sangat baik untuk perkembangan dan juga kecerdasan anak, utamanya ikan Salmon. Hal ini tidak heran, banyak sekali dari produsen yang mengeluarkan produk suplemen untuk merangsang kecerdasan anak dengan menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah minyak ikan.

Bahkan sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa anak dengan konsumsi ikan yang baik akan memiliki daya ingat dan juga kemampuan nalar lebih tajam dibandingkan anak yang tidak mengkonsumsi ikan. Tak hanya tinggi akan protein, salmon pun mengandung DHA dan EPA, keduanya merupakan sumber utama asam lemak omega 3.

Sayuran berwarna

Wortel, tomat dan bayam adalah makanan yang sangat kaya akan nutrisi, dan salah satunya adalah mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Makin cerah warna suatu sayuran, maka makin tinggi pula kandungan antioksidannya. Nutrisi dan antioksidan yang terkandung dalam sayuran berwarna mampu mendorong sel-sel otak untuk terus berkembang menjadi lebih kuat dan sehat, hingga akhirnya dapat menunjang kecerdasan otak anak. Namun sayangnya, sebagian besar anak tidak menyukai sayuran. Jika masalah ini terjadi kepada anakmu, maka kamu bisa menyamarkan sayuran dengan sejumlah variasi yang disukai anak.

Itulah sejumlah makanan yang sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak. Semoga informasi di atas menambah pengetahuan kamu. Selamat mencoba. (elevenia)

Leave a Reply