Gadget /Komputer

Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Bahasa Pemrograman

Jangan Lupa Share ya

Tentunya bagi Anda yang sudah sering bergelut dengan komputer atau laptop akan sangat paham sekali jika banyak bahasa pemrograman bukan. Bahasa pemrograman memang bukan menjadi bahasa yang asing kita lihat namun sering kali kita pun tidak paham sebenarnya apa sih pengertian dari bahasa pemrograman.

Tak hanya tak paham dengan pengertian bahasa pemrograman saja, bahkan kita pun tidak tahu apa sebetulnya kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman yang sering kita lihat pada saat menggunakan komputer atau laptop. Apalagi dengan era digital pada saat ini, yang mana memaksa kita akan terus- menerus menggunakan komputer maupun laptop pada saat bekerja. Nah, perlu Anda tahu jika bahasa pemrograman itu sangat banyak sekali bahkan terkadang bahasanya pun bukan bahasa asing dari Negara lain tapi memang bahasa komputer yang tentunya membuat kita akan geleng- geleng kepala saking tidak pahamnya.

Untuk Anda yang ingin masuk kuliah ke dalam jurusan IT pastinya harus paham betul apa kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman bukan. Nah, berikut ini ada beberapa bahasa pemrograman beserta dengan kelebihan dan kekurangannya.

Bahasa pemrograman phyton

Bahasa pemrograman yang pertama kita bahas adalah phyton, dimana bahasa ini memang cukup mudah jika di bandingkan dengan yang lainnya. phyton ini di buat oleh seorang programer yang berasal dari Negara Belanda yang bernama Guido van rossum di tahun 1991. Bahasa phyton ini memang cukup mudah untuk di pahami.

Untuk Anda yang ingin bisa membuat sebuah game, maka bisa memakai phyton ini karena bisa mendukung segala platform. Kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman. Dan berikut ini adalah kekurangannya:

  • Pada compile data masih lambat jika di bandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.
  • Phyton hanya bisa di gunakan di beberapa aplikasi smartphone saja.
  • Kerap error ketika running.

Bahasa pemrograman java

Java memang bukan bahasa pemrograman yang asing lagi bukan, apalagi pada programmer yang ada di Indonesia karena bahasa inilah yang kerap di gunakan. Java ini di ciptakan oleh James gosling pada tahun 1995. Nah, nama java sendiri ini di ambil dari kata jawa karena James ini sangat menyukai kopi tubruk dari Jawa. Java memiliki tingkat kesulitan menengah dan java ialah turunan dari bahasa pemrograman C++.

Kelebihan dari java ini adalah bisa banyak di gunakan pada android dan IOS, game serta pengembangan dari software PC. Java ini menjadi nomor 1 yang selalu di minta beberapa perusahaan. Akan tetapi, java ini juga memiliki kekurangan yakni bisa memakan banyak jumlah memori pada laptop. Hal ini di sebabkan media koding dan compilernya memiliki ukuran yang besar. Bahasa yang di gunakan juga sangat sulit untuk di pahami pada seorang pemula.

Bahasa pemrograman C

Bahasa pemrograman C ini termasuk ke dalam tingkat rendah, sebab bahasa ini ialah salah satu generasi pertama pada saat munculnya bahasa pemrograman. Bahasa ini di buat oleh Brian W.Kerninghan, Dennis M.Ritchie yang ada di AT dan juga T laboratories. Bahasa C ini memang bahasa yang ada pada semua komputer dari komputer kecil sampai yang besar dan memilki sifat portable. Jadi, aplikasi yang di pakai oleh komputer tertentu bisa di pakai komputer lain dengan adanya beberapa modifikasi. Bahasan ini termasuk bahasa yang sudah terstruktur jadi akan jauh lebih mudah bagi program jika melacak sebuah kesalahan.

Namun, sayangnya bahasa C ini tidak bisa mendukung adanya program berorientasi objek sehingga harus menciptakan bahasa C yang lainnya. Bahkan Anda bisa kesulitan jika adanya error.

Bahasa pemrograman C++

Bahasa C++ ini merupakan turunan dari bahasa C sebelumnya. Bahasa C++ ini ialah bahasa yang memiliki orientasi pada objek. Bahasa ini di ciptakan oleh Bjarna stroustrup tahun 1983. Banyak sekali kelebihan dari bahasa ini, khususnya untuk program yang amat sangat kompleks seperti vodeo game PC, playstation dan lain sebagainya. Selain itu, C++ bisa di gunakan windows phone, blackberry, android dan ios.

Walaupun banyak kelebihan, nyatanya juga ada kekurangannya lho. Jadi bahasa C++ ini merupakan bahasa yang paling sulit di antara seluruh bahasa. Nah, demikianlah sekilas info mengenai kelebihan dan kekurangan bahasan pemrograman untuk Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat untuk Anda. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply