Home & Garden

Ini Dia Jenis-jenis Tanah yang Ada di Indonesia Beserta Ciri-Cirinya

Jangan Lupa Share ya

Bumi kita ini terdiri dari berbagai lapisan, lapisan yang paling dalam yaitu inti bumi, lalu mantel bumi (bagian yang paling tebal), dan kerak bumi. Bagian kerak bumi inilah yang sekarang kita pijak, atau kita biasanya menyebutnya tanah. Tanah sendiri, ternyata juga didefinisikan sebagai kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik.

Tanah memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena melalui tanah manusia makan, dengan air tanah manusia minum. Tanah merupakan pusat kehidupan untuk manusia selain air dan udara. Di tanah inilah berbagai macam tumbuhan dapat tumbuh dan dapat dinikmati oleh semua manusia. Karena kandungan air dan unsur haranya itulah yang menjadikan tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang.

Namun tentu saja bukan hanya tumbuhan, makhluk hidup lainnya juga ada yang hidup di dalam tanah, seperti cacing dan lainnya. Manusia bahkan juga iya, mereka memang tidak hidup di dalam tanah, tetapi mereka tentu saja hidup di atas tanah tertentu yang mereka bangun dalam bentuk rumah seperti sekarang ini. Apabila kita mau berpikir lebih jauh lagi, bahkan semua bangun rumah tersebut tidak ada yang terlepas sama sekali dari pengaruh tanah, mulai dari dinding, genteng, lantai, dan lainnya.

Nah, ternyata tanah ini memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut tentu saja akan berbeda di suatu daerah tertentu dengan daerah yang lainnya. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis tanah. Akan kami tunjukkan jenis-jnis tanah yang ada di Indonesia melalui paparan berikut.

Jenis-jenis Tanah yang Ada di Indonesia

Indonesia memang negara yang memiliki banyak sekali keberagaman. Mulai dari keragaman suku, bahasa, budaya, adat istiadat, keanekaragaman hayati, bahkan juga jenis tanahnya. Ada banyak sekali jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia. Kira-kira jenis tanah apa saja yang ada di Indonesia? Agar lebih jelasnya, coba simak pembahas kami terkait jenis-jenis tanah beserta ciri-cirinya yang ada di Indonesia berikut ini.

  1. Tanah liat

Tanah liat merupakan tanah yang hanya bisa ditemukan di lapisan bumi dalam ke dalaman tertentu. Tanah ini terbentuk akibat pelapukan batuan silika yang diakibatkan oleh asam karbonat. Warnanya sedikit berbeda dengan tanah biasa, karena tanah liat biasanya akan terlihat kehitaman atau abu-abu gelap. Tanah liat ini biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan gerabah, karena akan membuat gerabah memiliki ketahanan yang cukup bagus. Hal itu karena tanah liat ini memiliki kandungan alumunium dan silikat, sehingga memiliki ketahanan apabila digunakan untuk pembuatan gerabah.

  1. Tanah humus

Jenis tanah yang kedua, yaitu tanah humus. Tanah humus merupakan tanah yang terbentuk akibat pelapukan atau pembusukan tumbuhan. Tanah humus ini akan banyak kamu temukan di daerah hutan. Karena merupakan hasil pelapukan dari tanaman, maka biasanya akan berwarna hitam. Nah, selain itu tanah humus ini memiliki kandungan unsur hara yang banyak, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan pohon atau tumbuhan. Itulah kenapa di daerah hutan biasanya memiliki tanah yang bagus ketimbang di daerah selainnya.

  1. Tanah kapur

Tanah kapur merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan kapur. Warnanya terang, sama seperti warna batuan kapur yang mungkin pernah kamu lihat. Tanah kapur hanya dapat ditanami pohon-pohon tertentu saja. Meskipun begitu tentu saja banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh tanah kapur ini. Tuhan tentu saja tidak pernah menciptakan sesuatu yang sia-sia.

  1. Tanah pasir

Nah, jenis tanah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Kamu dapat menjumpainya ketika kamu pergi ke pantai? Nah guys, tidak ada yang tidak pernah pergi ke pantai kan? Ketika di pantai kamu akan melihat tanah pasir ini. Selain di pantai di daerah-daerah dekat sungai besar kita terkadang akan menjumpai beberapa tambang pasir. Biasanya tanah pasir ini digunakan untuk keperluan pembangunan.

  1. Tanah aluvial

Tanah aluvial merupakan tanah yang terbentuk akibat endapat lumpur yang terbawa oleh aliran sungai. Dapat kamu temukan tanah alubial ini di daerah hilir sungai. Ciri-ciri dari tanah ini, yaitu memiliki warna yang sedikit kecoklatan dan teksturnya lembut. Tanah jenis ini sangat baik untuk aktivitas pertanian, karena mudah dicangkul dan memiliki banyak kandungan unsur hara.

Itulah jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia beserta ciri-cirinya. Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, tentu saja masih banyak jenis tanah lain yang ada di Indonesia. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply