Babies /Kids

Ini Dia Cara Menyimpan Susu Formula Bubuk Yang Benar

Jangan Lupa Share ya

Apakah Anda salah satu ibu yang memberikan susu formula untuk anak tercinta Anda? jika benar maka Anda harus mengetahui bagaimana cara menyimpan susu formula yang benar dan aman. Mungkin saja sebagian orang meremehkan cara untuk menyimpan susu formula anak-anak ini, namun perlu Anda ketahui bahwa penyimpanan susu formula yang salah dapat menyebabkan bubuk susu formula menjadi rusak dan nutrisi yang dikandung berkurang. Jadi bagaimana cara menyimpan susu formula bubuk yang benar?

Susu formula bubuk memang bisa kita temukan dengan mudah di swalayan, susu formula mengandung vitamin, mineral, vitamin D, vitamin A, DHA, dan masih banyak lagi kandungan di dalamnya. Beberapa kandungan tersebut bisa saja hilang jika cara penyimpanan susu formula tidak sesuai dengan aturan nya. Apakah Anda sampai sekarang menyimpan susu formula anak Anda dengan cara yang benar? Ingin tahu cara menyimpan susu formula bubuk yang benar? Mari kita simak berikut ini!

Cara tepat Menyimpan Susu Formula Bubuk Agar Tidak Rusak

  1. Cari tempat yang kedap udara

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah jika susu bubuk yang Anda bel tidak memiliki kemasan wadah yang awer maka carilah tempat yang kedap terhadap udara terlebih dahulu. jika Anda biarkan didalam kemasan yang sudah di buka bisa jadi susu formula tersebut akan mengalami penggumpalan dan membuat susu menjadi rusak.

  1. Terhindar dari sinar matahari secara langsung

Selanjutnya pastikan bahwa wadah yang Anda pilih untuk menyimpan susu bubuk tidak tembus terhadap cahaya. Tujuannya adalah agar vitamin dan juga mineral yang ada di dalam susu tidak sampai rusak atau hilang. Karena jika wadah yang Anda pakai tembus cahaya, sebaiknya lapisi dengan kertas bagus agar cahaya tidak sampai masuk kedalam wadah.

  1. Wadah penyimpanan yang bersih

Pastikan pula wadah yang Anda pilih sudah bersih, kering, dan tidak bau. Jangan sampai mendekatkan susu bubuk pada barang atau bahan makanan yang baunya menyengat. Alasannya karena susu bubuk mampu menyerap bau yang ada dari udara, jika bau yang ada pada udara tersebut sampai masuk kedalam bubuk kemungkinan besar rasa susu akan berubah dan rusak.

  1. Tempat penyimpanan harus sejuk

Setelah memasukan susu formula kedalam wadah, pastikan tempat penyimpanan yang Anda pilih sejuk dan nyaman. Karena jika tempat penyimpanan terlalu panas atau terlalu dingin keduanya akan menurunkan kadar nutrisi yang ada dalam susu. Jadi pastikan suhu yang ada untuk menyimpan susu tidak kurang  dari 24 derajat C sampai 35 derajat C.

  1. Lindungi susu dengan menyimpan di dalam lemari kaca

Jika ada Anda bisa memilih lemari atau rak yang ditutup dengan kaca untuk menyimpan susu formula tersebut. Jangan lupa hindarkan susu formula pada kompor, gas, oven, bawah sinar matahari, dan pipa pembuangan agar tidak terkontaminasi.

  1. Jangan di simpan di dala kulkas

Pastikan jangan menyimpan susu bubuk di dalam kulkas atau lemari es, freezer, ataupun tempat yang lembab karena hanya akan membuat susu formula menggumpal. Jangan lupa untuk menutup kembali susu formula setelah digunakan dan siapkan sendok khusus untuk mengambil susu.

Inilah Ciri Susu Formula Bubuk yang Rusak

Setelah Anda mengetahui cara menyimpan susu formula bubuk yang benar selanjutnya adalah dengan mengenal ciri susu formula bubuk yang rusak. Cara nya juga sangat mudah karena bisa dilihat dengan mudah pula. Yaitu jika susu formula ketika diperiksa baunya tidak seperti semula, warna nya sudah berubah seperti kekuningan, membentuk gumpalan kecil, dan ketika dirasakan rasanya berubah maka secara otomatis susu formula bubuk sudah rusak dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Susu formula yang sudah rusak tentu tidak bisa dikonsumsi oleh anak-anak karena akan membahayakan kesehatannya. Usahakan untuk tidak memakai kembali wadah susu formula yang telah rusak karena dikhawatirkan kuman yang ada pada susu formula rusak masih bersarang. Jadi jika ingin membeli lagi usahakan wadahnya juga ganti. Ingat pula bahwa sebelum menentukan untuk membeli lihat dulu tanggal kadaluwarsa nya agar tidak rugi.

Selanjutnya jika Anda memilih susu formula pastikan susu yang mengandung zat besi tinggi dan sesuai dengan kebutuhan anak Anda. jangan lupa untuk menentukan umur anak dengan susu yang diberikan agar tidak sampai salah. Anak sehat seorang ibu pasti ikut bahagia bukan? semoga dengan adanya informasi seputar cara menyimpan susu formula bubuk yang benar diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply