Beauty & Health

Ini Dia Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih

Mimisan adalah keadaan di mana darah keluar dari hidung. Seseorang yang mengalami mimisan biasanya akan sangat khawatir karena kondisi ini memang cukup menakutkan. Penyebabnya sendiri ada banyak sekali. Bahkan bisa juga di akibatkan karena seseorang sedang banyak pikiran. Pada akhirnya, berbagai sebab tersebut bisa membuat pembuluh darah di sekitar hidung pun pecah dan akhirnya mimisan pun terjadi. Nah, untuk menghentikannya, tentu saja harus menutup pembuluh darah tersebut sehingga mau berhenti mengeluarkan darah.

Selanjutnya, dalam hal ini perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali ha yang bisa di lakukan untuk menghentikan mimisan. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun sirih. Orang-orang desa sejak dahulu sudah mempercayai daun sirih sebagai salah satu obat untuk menghentikan mimisan paling ampuh. Daun sirih pun salah satu tumbuhan yang sangat mudah di temui sehingga jika Anda langganan mimisan, bisa menyediakan stoknya dirumah. Sedangkan untuk cara mengobati mimisan menggunakan daun sirih, bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Bersihkan Area Hidung Terlebih dahulu

Dalam hal apapun, membersihkan area luka adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk menjadi perhatian utama. Dalam hal ini Anda bisa memulai pengobatan mimisan dengan daun sirih dari membersihkan sisa luka di hidung. Mungkin darah akan tetap keluar, namun itu tidak masalah asalkan tetap di bersihkan saja. Paling tidak jika sebelumnya beraktivitas di luar ruangan, berbagai kuman dan kotoran pun bisa hilang sehingga lebih steril.

Kompres Dengan Handuk Dan Es Batu

Selanjutnya, sudah memasuki cara yang kedua yakni dengan mengompres hidung. Mungkin Anda sering menemukan orang yang mimisan langsung di masuki daun sirih hidungnya. Namun, sebenarnya, akan lebih baik jika di kompres terlebih dahulu dengan handuk. Jangan lupa juga untuk menambahkan es batu dalam air kompresan. Jadi, singkatnya, di sini hidung akan di kompres dengan handuk dan es batu.

Tujuan dari pengompresan ini simpel saja, yakni untuk menghentikan pembuluh darah tetap mengeluarkan darah dari hidung Anda. Dengan demikian, pembuluh darah yang pecah akan berhenti dalam pendarahannya. Cara ini cukup ampuh dan bisa di terapkan sebelum Anda menggunakan daun sirih. Paling tidak dengan mengompres hidung menggunakan es batu bisa mengurangi pendarahan.

Pilih Daun Sirih Muda

Sebelum memulai pengobatannya, jangan lupa untuk memilih daun yang paling tepat terlebih dahulu. Dalam hal ini silahkan Anda memilih daun sirih yang masih muda sehingga khasiatnya pun bisa lebih tinggi. Perlu Anda ketahui pula bahwasanya daun sirih muda lah yang bisa membantu menghentikan mimisan. Namun sebelum memulai pengobatannya, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu. Jadi, silahkan cuci daun sirih sebelum di masukkan ke hidung.

Siapkan Daun dan Masukkan ke Hidung

Setelah di cuci hingga bersih, kini saatnya Anda gunakan daun sirih untuk di masukkan dalam hidung. Namun, sebelum itu, jangan asal karena ada teknik khusus yang harus di kuasai dalam hal ini. Nah, cara pertama adalah dengan menggulung daun sirih sehingga gulungan daun tersebut memiliki lubang. Setelah itu, Anda bisa memasukkannya dalam hidung dan membiarkan darah mengalir dalam daun. Namun, pastikan juga bahwasanya kepala Anda dalam posisi menengadah. Dalam hal ini, daun sirih memiliki manfaat penting untuk pengecilan pembuluh darah. Sedangkan dalam pengobatannya, Anda bisa membiarkan daun sirih di hidung Anda kurang lebih selama 5 menit.

Duduk Dengan Posisi Yang Benar

untuk menunjang pengobatan Anda menggunakan daun sirih, dalam hal ini jangan lupa untuk memperbaiki posisi duduk Anda. Dengan posisi duduk yang benar, maka peredaran darah pun bisa ikut memperbaiki proses dengan cara yang benar pula. Oleh karena itu, silahkan Anda perbaiki posisi duduk. Selain ikut membantu menghentikan mimisan, posisi ini juga akan membuat Anda nyaman dan tenang selama melakukan pengobatan.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengobati mimisan menggunakan daun sirih yang benar beserta berbagai prosesnya. Selanjutnya, sebenarnya penting juga Anda ketahui bagi Anda yang jauh dari rumah bahwa tanpa bahan apa pun mimisan ini bisa di obati, yakni dengan memencet hidung secara terus menerus. Jadi, paling tidak selama 5 menit Anda bisa membiarkan cuping hidung Anda tertutup dengan menekan daerah cupingnya. Hal ini bisa membantu menghentikan mimisan Anda dan bisa di terapkan ketika Anda dalam posisi yang cukup jauh dari rumah. (elevenia)

Leave a Reply