Home /Food

Ini Dia Bahan Kue Nastar Dan Cara Membuatnya

Jangan Lupa Share ya

Nastar adalah salah satu kue yang banyak di sukai. Untuk camilan hari raya nastar pun juga sangat recommended. Oleh karena itu tidak heran jika banyak yang memproduksinya. Namun, banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat nastar yang rasanya lezat dan memiliki bentuk unik seperti itu. Padahal tentunya ada banyak yang ingin membuatnya sendiri. Ketika bisa membuat kue sendiri untuk keluarga tentu saja lebih nyaman dari pada beli karena selain hasil kerja keras sendiri, bahan-bahannya pun terjamin.

Sayang sekali, tidak jarang orang menganggap pembuatan nastar ini akan cukup rumit sehingga sudah menyerah sebelum mengolah. Padahal, cara membuatnya pun tergolong cukup simpel dan bisa di praktik kan oleh siapa pun. Nah, bagi Anda para pengagum nastar, tentu saja penasaran bukan dengan bahan-bahan kue nastar dan cara buatnya? Untuk itu, jangan khawatir karena informasinya bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Daftar Bahan Untuk Membuat Kue Nastar

Telur

Untuk membuat nastar, bahan pertama yang harus Anda siapkan adalah telur. Sebenarnya yang di butuhkan di sini adalah kuningnya sehingga Anda bisa memisahkannya terlebih dahulu. Telur yang di butuhkan ini jumlahnya ada 6 yakni 4 untuk kue dan 2 untuk bahan olesan.

Mentega Butter

Dalam kue tentu saja tidak heran jika membutuhkan mentega butter. Jika Anda bingung apa itu mentega butter, maka bisa memanfaatkan margarin.

Tepung Terigu

Bahan kue nastar selanjutnya, adalah tepung. Tentu saja tepung ini merupakan bahan utamanya sebagaimana kue-kue lainnya. Jenis tepung yang di gunakan di sini tidak lain adalah tepung terigu dalam jumlah setengah kilogram saja.

Gula

Untuk rasa manis yang akan menjadi rasa nastar nya nanti, maka tentu saja akan membutuhkan gula. Namun gula ini ada yang biasa dan ada yang halus. Yang biasa 300 gram untuk bahan selai, dan yang gula halus sebanyak 100 gram untuk bahan kue.

Vanili

Sebagai pengharumnya, jangan lupa juga untuk menyiapkan vanili pada adonan Anda.

Keju Guoda

Dalam hal ini Anda juga membutuhkan yang namanya keju guoda. Namun, keju ini bisa juga Anda gantikan dengan keju cheddar. Sedangkan jumlahnya sekitar 100 gr.

Kismis dan Nanas

Untuk membuat nastar, di sini Anda juga membutuhkan nanas dan kismis. Namun jangan menyiapkan terlalu banyak karena kebutuhannya pun memang sedikit. Yakni tidak lain adalah 50 gr kismis dan nanasnya 1 buah saja.

Kayu Manis

Yang terakhir, jangan lupa siapkan pula kayu manis. Sedangkan kebutuhannya adalah 1 potong kecil saja

Cara Pembuatan Nastar

Terkait dengan bahan-bahan kue nastar dan cara buatnya, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara membuat nastar ini. Ada 3 langkah yang harus Anda lakukan di sini. yakni membuat isian selai, bahan adonan dan pembuatan nastar nya. Dalam pembuatan isian selai, sangat mudah langkah-langkahnya karena Anda hanya tingal mengupas nanas dan memarutnya. Setelah itu, nanas di masak hingga kental dan matang. Jangan lupa juga untuk menambahkan gula pasir sebelumnya. Setelah itu selai didinginkan.

Selanjutnya untuk pembuatan bahan adonan, silahkan Anda siapkan loyang persegi panjang dan olesi dengan margarin. Kemudian di dalamnya silahkan Anda kocok kuning telur bersama gula halus dan mentega hingga mengembang. Setelah itu, parutan keju akan di masukkan dalam adonan sekaligus tepung terigu dan vanili. Nah, kini tinggal di aduk terus hingga bisa di bulat-bulat adonannya.

Saat ini sudah masuk pada intinya yakni pembuatan kue nastar. Dalam hal ini silahkan Anda bulatkan ke di tangan dengan ukuran bola golf namun sedikit lebih kecil lagi. Jangan lupa juga memasukkan selai buatan ke dalamnya. Kemudian kismis yang sudah di siapkan silahkan di potong menjadi 2 atau 4 bagian kecil dan di letakkan di atas kue. Sedangkan langkah terkahirnya tinggal mengolesi permukaan nastar dengan kuning telur. Jika sudah selesai membentuk, bisa langsung di susun di loyang dan di oven.

Itulah pembahasan seputar bahan-bahan kue nastar dan cara buatnya yang bisa Anda praktik kan di rumah, cara ini memang cukup rumit, namun jika Anda berhasil membuatnya tentu saja merupakan hal menarik yang akan memberi kepuasan tersendiri. Apalagi jika Anda dan keluarga merupakan pengagum nastar. Nah, untuk resep di atas, akan menghasilkan sekitar 40 butir nastar. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply