Gadget /Komputer

Ini Dia 7 Perbedaan Vektor dan Bitmap

Jangan Lupa Share ya

Untuk Anda yang sudah bergelut lama dengan dunia desain-mendesain Anda pasti sudah tahu mengenai vektor dan bitmap. Kedua hal tersebut sangat berkaitan sekali dengan dunia desain. Vektor dan bitmap sangat diperlukan untuk membuat gambar yang akan Anda desain bagus dan memiliki kualitas yang bagus. Namun, untuk Anda yang masih mulai belajar mungkin masih kebingungan mengenai vektor dan bitmap.

Vektor adalah file grafis yang ditentukan oleh ekspresi matematika komputer, yaitu bentuk (shape), garis (line), dan titik (point). Biasanya vektor disebut juga dengan istilah point, artinya adalah setiap titik yang saling berhubungan dan akan membentuk suatu bentuk tertentu. Vektor ini dapat dipindahkan, ditambahkan, atau dihapuskan untuk membentuk suatu bentuk sesuai keinginan.

Sedangkan bitmap adalah citra grafis yang terdiri dari susunan titik-titik yang tersimpan dalam memori komputer kita.

Nilai pada setiap titik-titiknya terdiri dari satu bit data untuk gambar hitam putih, namun, lebih untuk gambar yang memiliki warna. Terdapat beberapa perbedaan antara vektor dan bitmap, untuk Anda yang belum mengetahuinya kami akan memberikan beberapa pemaparan terkait perbedaan antara vektor dan bitmap.

Perbedaan Vektor dan Bitmap

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait perbedaan antara vektor dan bitmap, karena kedua hal ini memang sangat pnting dalam dunia design grafis. Berikut beberapa perbedaan antara vektor dan bitmap yang harus Anda ketahui.

  1. Susunan gambar

Salah satu perbedaan antara vektor dan bitmap adalah pada susunan gambarnya. Susunan gambar antara keduanya tersusun dari sesuatu hal yang berbeda. Gambar vektor tersusun dari bentuk, garis, dan titik. Sedangkan gambar bitmap tersusun dari titik bewarna atau yang biasanya disebut pixel.

  1. Resolusi gambar

Vektor dan bitmap juga memiliki perbedaan pada resolusi gambar yang dimiliki keduanya. Pada gambar vektor, resolusi gambar yang dimilikinya fleksibel, maka apabila gambar diperbesar sekian kali dari ukuran aslinya, gambar yang dihasilkan tidak akan pecah. Sedangkan pada gambar bitmap, resolusi gambar yang dimilikinya bersifat tetap, maka apabila gambar tersebut diperbesar beberapa kali dari ukuran aslinya, gambar yang dihasilkannya akan pecah. Jadi antara gambar vektor dan bitmap, mereka berbeda pada resolusi gambarnya.

  1. Pixel

Dari segi pixelnya, vektor dan bitmap juga berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat, gambar vektor tidak dipengaruhi oleh ukuran pixelnya, sedangkan gambar pada bitmap dipengaruhi oleh ukuran pixel. Bagaimanapun ukuran pixel ini sangat penting karena akan berpengaruh pada kualitas gambar yang akan dihasilkan.

  1. Format File

Format file dalam penyimpanan antara vektor dan bitmap ini juga berbeda, hal ini tentu saja sangat penting untuk Anda ketahui, pasalnya format file jenis apa yang kita inginkan nanti. Anda tentu akan kecewa apabila tidak mendapatkan sesuai dengan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Pada gambar vektor memiliki format file diantaranya, yaitu Adop Ilustrator (Al), Corel Draw (CDR), dan lainnya. Sedangkan format file yang dimiliki oleh gambar bitmap, yaitu PNG, JPG, JPEG, TIFF, GIF, dan masih banyak lagi

  1. Software Penghasilnya

Ada hubungan antara software penghasil dengan vektor atau bitmap. Software penghasil antara keduanya tentu saja berbeda. Apabila pada gambar vektor sofware penghasilnya, seperti Corel Draw, adopt ilustrator, dan lainnya. sedangkan pada gambar bitmap software penghasilnya biasanya, yaitu paint, photoshop, photoscape, picsart, paint tool sai, manga studio, dan masih banyak lagi.

  1. Ukuran gambar

Ukuran gambar yang tersimpan antara vektor dan bitmap juga akan berbeda. Apabila dibandingkan bitmap akan memiliki ukuran gambar yang lebih besar ketimbang vektor. Vektor ini cenderung akan memiliki ukuran atau size yang lebih kecil, sedangkan bitmap cenderung memiliki ukuran atau size yang lebih besar.

  1. Kegunaan

Dari segi kegunaannya, vektor dan bitmap juga memiliki perbedaan. Apabila pada gambar vektor biasanya akan digunakan untuk gambar yang memiliki bentuk yang sederhana dan memiliki varian warna lebih sedikit (seperti desain brosur, banner, logo, pamflet, kartun, dan lainnya). Sedangkan pada gambar bitmap biasanya digunakan untuk gambar yang memiliki bentuk yang lebih rumit dan memiliki varian warna yang lebih banyak (seperti desain foto, fotografi, dan lainnya).

Itulah beberapa perbedaan antara vektor dan bitmap yang harus Anda ketahui. Perbedaan-perbedaan tersebut tentu saja akan berpengaruh pada gambar yang akan dihasilkan nantinya. Jadi mengetahui perbedaan antara kedua hal ini tentu saja sangat penting bagi Anda yang ingin mendalami desain grafis. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply