Hobby

Ingin Buka Usaha Bengkel? Yuk Simak yang Harus Kamu Siapkan!

Jangan Lupa Share ya

Sebenarnya, mendirikan bengkel mobil merupakan usaha yang menguntungkan karena akan selalu dibutuhkan atau bukanlah usaha musiman. Kamu tak perlu promosi gencar agar memperoleh pelanggan. Selain itu, modal yang diperlukan pun tidak terlalu banyak. Namun yang pasti dibutuhkan keahlian menguasai seluk-beluk mesin dan kelistrikan mobil selalu di update agar tidak ketinggalan.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Hendak Terjun ke Bisnis Bengkel


Supaya bisnis bengkel mu menguntungkan, ada beberapa tips nih yang akan membantu:

Modal


Membuat usaha apapun pasti harus menyiapkan modal. Modal merupakan syarat pertama yang wajib ada. Sumber modal bisa dari tabungan pribadi atau pinjaman orang tua. Bisa juga dari pihak ketiga, seperti bank, koperasi, dan investor.

Yang jelas, kamu harus disiplin mengelola modal agar tidak tekor. Modal digunakan untuk membayar karyawan, membeli perkakas, sparepart mobil, membayar iuran listrik, air, dan sampah. Pisahkan modal dengan uang pribadi.

Teknisi Handal


Laskar otomotif ini adalah aset kamu yang paling berharga. Sebaiknya, ambillah tenaga teknisi dari orang-orang yang berpengalaman dan memiliki wawasan otomotif baik. Usahakan teknisi-teknisi kamu bisa menguasai beberapa jenis mobil. Contohnya, bisa memperbaiki mobil matik dan mobil manual atau non matik. Selain itu, harus menguasai kelistrikan mobil.

Perkakas Bengkel


Perkakas bengkel merupakan salah satu modal sangat penting yang harus kamu lengkapi. Perkakas yang komplit dan modern akan menjadikan nilai lebih bagi kamu. Perkakas ini, contohnya kunci pas berbagai ukuran, obeng, baut, kompresor, alat balancing, dan spooring.

Lahan


Membuka usaha bengkel mobil, perlu lahan yang cukup luas untuk menampung beberapa mobil. Usahakan lahan bengkel bisa menampung lima mobil sekaligus. Jika tidak memiliki tanah sendiri, kamu bisa menyewa tanah kosong.

Usahakan lahan atau lokasi bengkel kamu dekat dengan jalan besar sehingga akses menuju bengkel kamu mudah dijangkau mobil. Lokasi bengkel yang strategis atau di tepi jalan lebih menguntungkan. Usahakan bangunan bengkel kamu representatif, komposisi bangunan tertutup, dan space terbuka.

Layanan After Service


Agar pelanggan kamu betah dan menjadi loyal, sebaiknya kamu memberikan layanan pasca perbaikan, seperti garansi, antar jemput mobil, konsultasi mesin, dan pencucian gratis setelah diservis. Masih banyak lagi bentuk layanan lain yang membuat pelanggan kamu tidak pergi ke bengkel lain.

Sparepart


Selain menyediakan jasa perbaikan mobil, ada baiknya kamu membuka toko sparepart mobil. Bengkel yang ramai dicari adalah bengkel yang memiliki toko sparepart, tentunya onderdil dijamin keaslian dengan kualitas yang selalu dijaga.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply